home news guestbook contact
Jumat, 18 Agustus 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  GALERI VIDEO  

Deskripsi Video :
PERINGATAN HUT ke-70 Republik Indonesia di Kabupaten Ketapang yang mengusung tema “Ayo Kerja” pada tanggal 17 Agustus 2015 berlangsung khidmat. Sebelum upacara pengibaran sang saka Merah putih dimulai, peserta upacara sempat disuguhkan dengan kolosal yang dipersembahkan SMAN 02 Ketapang.

Di lapangan hijau halaman Kantor Bupati Ketapang diperlihatkan bagaimana kegembiraan masyarakat seluruh Indonesia mendengar kabar kemerdekaan Republik Indonesia yang disampaikan oleh sang Proklamator, Soekarno-Hatta. Kegembiraan tersebut berlangsung tidak lama.Karena, kedatangan pasukan sekutu untuk melucuti pasukan Jepang, ternyata membonceng Tentara NICA yang berniat untuk menguasai Republik Indonesia.
Kemerdekaan yang sudah menjadi tekad bangsa, maka kedatangan agresi militer Sekutu dan Belanda tersebut dihadapi oleh Rakyat Indonesia. Dengan pimpinan Jenderal Besar Sudirman, rakyat Indonesia melancarkan perlawanan secara bergerilya. Perjuangan rakyat Indonesia akhirnya bisa memukul mundur pasukan sekutu, dan sekaligus juga diakuinya kemerdekaan Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar (KMB).
Kolosal yang ditampilkan para siswa SMAN 02 Ketapang bersama Kodim 1203 Ketapang tersebut mendapat aplaus dari peserta upacara. Setelah disuguhkan dengan kolosal yang mampu mengingatkan besarnya pengorbanan pahlawan bangsa, akhirnya upacara bendera pengibaran sang saka merah putih dilaksanakan.
Pengibaran sang saka merah putih berlangsung secara khidmat dengan inspektur upacara pengibaran, adalah Wakil Bupati Ketapang, H.Boyman Harun SH. Naskah proklamasi yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Ketapang, Budi Mateus S.Pd dan mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara.
Puncak peringatan upacara detik-detik Proklamasi yaitu pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang terdiri atas Kelompok 17, Kelompok 8, Penarik Tali Bendera, Pembentang Bendera, dan Pembawa Baki. Untuk pasukan 8 dketahui Danton pasukan adalah Diki Apriyanda dari SMA 1 Ketapang. Pembawa baki pagi Bernadeta dari SMA 2 Ketapang, pembawa baki sore Naomi Mayliawati Pohan dari SMAN 1 Ketapang, penarik bendera sukarman dari SMAN 2 Ketapang, pengulur bendera adalah Isisorus Holy Pangestu dari SMA Pl.St Yohanes, Pembuka bendera M.Ramadhan dari SMAN 3 Ketapang, pendamping kanan adalah supriyanto dari SMAN 3 Ketapang, pendamping kiri Fariz Irfandi dari SMAN 1 Ketapang.
Setelah pengibaran bendera dilakukan di halaman Kantor Bupati Ketapang, selanjutnya dilakukan ziarah ke makam pahlawan. Ziarah dilaksanakan dengan Inspektur upacara adalah Kasdim 1203 Ketapang. Sedangkan upacara penurunan bendera, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Kejaksaan Negeri Ketapang. Sedangkan kepala Pengadilan Negeri Ketapang bertindak sebagai inspektur upacara di LP Kelas IIB Ketapang, sekaligus penyerahan remisi. Dalam upacara renungan suci di TMP Tanjungpura, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakapolres Ketapang.
Persiapan untuk pelaksanaan upacara Hari Kemerdekaan RI dilakukan secara matang. Persiapan ini dimulai dengan seleksi Paskibraka. Mereka yang terpilih ini merupakan siswa-siswi berprestasi Ketapang yang terpilih dari seleksi sejak 7-9 April yang diikuti sebanyak 89 siswa dan dinyatakan lulus untuk Paskibraka Kabupaten Ketapang adalah sebanyak 27 orang, dan dua dinyatakan lulus untuk Paskibaraka tingkat Propinsi Kalbar yaitu Teofilus Surandi dari SMA Pl.St Yohanes, dan Maria Nemensiasabet dari SMAN 1 Ketapang. Paskibraka yang melakukan pengibaran dan penurunan di halaman Kantor Bupati Ketapang ini mulai pendidikan dan latihan serta karantina sejak 31 Juli 2015. Kemudian, Paskibraka dikukuhkan pada 14 Agustus 2015 di Gedung Pancasila.@


Bupati Ketapang berharap melalui kegiatan pengukuhan Paskibraka, kita dapat mengenang kembali tekad pemuda Indonesia tahun 1945. Sebagai bangsa dengan jumlah penduduk terbanyak,bangsa Indonesia mempunyai potensi yang sangat bvesar berkaitan dengan pengelolaan serta peningatan kualitas sumber daya manusia dalam rangka mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional.
Ia mencontohkan seperti adik-adik calon paskibraka tingkat Kabupaten Ketapang saat ini mempunya peranan yang cukup penting dalam rangka pembangunan kedepan yang menentukan kondisi dan nasib bangsa ini."Untuk itu pesan saya kepada adik-adik sekalian sebagai generasi penerus dan sebagai calon pemimpin bangsa pada dimasa yang akan datang agar mempersialtpkan diri untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa," tegas Bupati Ketapang melalui Asisten I Setda ketapang.
Sejalan dengan harapan tersebut, serta tuntutan persaingan dalam era globalisasi, ia mengingatkan para pemuda dituntut untuk selalu siap bersaing dengan meningkatkan kualitas diri melalui peningatan semangat belajar, kreatifitas, pola pikir, disiplin serta iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha esa. Partisipasi itu dilakukan melalui pandangan-pandangan yang visioner serta kedewasaam berpikir, agenda reformasi yang yang dijalankan saat ini akan terwujud sehingga akan terwujud pula masyarakat Kabupaten Ketapang yang madani di masa yang akan datang. Atas nama pemerintah daerah, ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu segala persiapan dan kesiapan pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia kabupaten Ketapang tahun 2015. Dengan memohon perlindungan dan Tuhan yang Maha Esa, ia mengharapkan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 70 dapat bermanfaat bagi kemaslahatan Bangsa dan Negara."Maju Terus Pemuda Indonesia”, ucapnya.@' border='1'>
 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007