home news guestbook contact
Minggu, 19 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Perbaikan Jalan Sungai Pelang-Sungai Melayu Dibeton

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 24 August 2011, 2:56 pm


Walaupun ruas jalan Sungai Pelang-Tumbang Titi berstatus jalan Propinsi Kalbar, namun Pemkab Ketapang tetap berusaha semaksimal mungkin melakukan pemeliharaan. Karena yang melintasi ruas jalan tersebut adalah masyarakat Kabupaten Ketapang. Karena itu, Pemkab Ketapang kerjasama (MoU) dengan Pemprop Kalbar dalam hal pemeliharaan ruas jalan Sungai Pelang-Tumbang Titi. “Karena statusnya jalan propinsi, maka kewenangan sepenuhnya ada pada Pemprop Kalbar, karena itu Pemkab Ketapang lakukan kerjasama untuk lakukan pemeliharaan agar bisa tetap berfungsi,” kata Ir.H.Darmansyah MM Kepala Dinas PU Ketapang.


Kondisi ruas Jalan Sungai Pelang-Tumbang Titi diterangkannya karena sejumlah kepala desa Kecamatan Pemahan mengeluhkan kondisi jalan ketika ekpose PT.LGI dan PT.AMS di pendopo Bupati Ketapang, Rabu (23/8). Apalagi kerusakan jalan yang sangat dirasakan masyarakat, pemicunya adalah akibat kelebihan muatan angkutan sawit. Pada ruas jalan ini Darmansyah menyebutkan semestinya maksimal angkutan yang lewat hanya 4 ton. Sedangkan secara teoritis hanya 3 ton, karena melewati ruas jalan gambut. Namun dilapangan, justru tak sedikit kendaraan yang membawa 7-8 ton, khususnya angkutan sawit.
Menurut Darmansyah, untuk ruas jalan Sungai Pelang-Tumbang Titi untuk tahun 2011 sekitar Rp 3 Milyar lebih perbaikan jalan Sungai Melayu Rayak. Selain itu diusahakan juga dana dari APBD-P tahun 2011 untuk dilakukan pemeliharaan seperti menimbun ruas jalan dan sebagainya. Sehingga ruas jalan Sungai Pelang-Tumbang Titi tetap bisa difungsikan.
Komitment pemerintah daerah untuk memperbaiki ruas jalan ini juga dilakukan dengan bantuan dana dari APBN 2011 sekitar Rp 20-an miliar yang digunakan untuk membeton mulai dari ujung aspal jalan Sungai Pelang dan seterusnya. Dimana panjang ruas jalan yang akan dibeton itu diperkirakan sekitar 19 KM. Selain itu, Pemkab Ketapang melalui Bupati Ketapang juga berusaha maksimal agar ruas jalan ini bisa dibangun berkelanjutan. Saat sekarang sedang diusahakan bantuan dana APBN untuk tahun 2012. Bantuan dana dari APBN 2012 juga sudah mendapat respon positip dari DPR-RI. Informasinya kucurannya dari APBN untuk tahun 2012 sekitar Rp 25 miliyar, mudah-mudahan bisa terealisasi, melihat struktur tanah, beban angkutan dan lain sebagainya, maka pilihan kita untuk menuntaskan Jalan Sungai Pelang-Tumbang Titi dilakukan dengan dibeton,” katanya. ***

(Andy Candra, Humas Setda Ketapang)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007