home news guestbook contact
Sabtu, 23 Maret 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Amankan Idul Fitri, Polres Gelar Ketupat Kapuas 2011

Pengirim : andy candra
Tanggal : 18 August 2011, 3:34 pm


PENGAMANAN Idul Fitri 1432 H/2011, sedikitnya 414 personil Polres dan instansi terkait dikerahkan dalam operasi Ketupat Kapuas 2011. Rencana pengamanan Ramadhan dan lebaran 2011 dengan target diantaranya: rasa aman masyarakat, keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas darat, laut dan udara. Keamanan dan kelancaran sembako dan BBM, keamanan embarkasi dan debarkasi darat, laut, dan udara. Demikian juga mengantisipasi terorisme. Operasi Ketupat Kapuas ini akan dilakukan H-7 dan H+7 Idul Fitri 1432 H.


Target Operasi Ketupat Kapuas 2011 ini terungkap dalam rapat koordinasi lintas sektoral yang dilakukan di Mapolres Ketapang , tanggal 18 Agustus 2011.Rapat kordinasi yang dibuka oleh Kapolres Ketapang, AKBP I Wayan Sugiri S.Ik, SH. M.Si dihadiri instansi terkait di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara. Rapat tersebut dihadiri Bupati Ketapang Drs Henrikus M.Si yang diwakili Junaidi S.Sos. Kepala Kantor Satuan Pol PP.

Rapat lintas sektoral tersebut dihadiri juga Ir. Nurwanti MM, Kabag Perekonomian Setda Ketapang, dan Drs H. Syahrani, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Penanaman Modal, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang. Demikian juga instansi teknis lainnya baik dari TNI AD, TNI AL, Dinas Perhubungan, Bandara Rahadi Oesman, SAR, rumah sakit, Bandara, PLN/Telkom. Jasa Raharja, Pemadam Kebakaran, Organda dan lain-lain.

Kabag Ops Polres Ketapang, Kompol Marison Tober Sirait S.Ik dalam pemaparannya menegaskan perlunya diantisipasi dalam operasi Ketupat 2011. Kesiapan seluruh instansi dalam menunjang Kamtibmas. Operasi kemanusian itu tentunya didukung semua bidang terkait. Tujuan operasi ini untuk menjaga terpeliharanya keamanan dan ketertiban serta keselamatan seluruh masyarakat Ketapang dalam merayakan Idul Fitri 1432 H. Pembahasan yang dilakukan dalam rapat koordinasi lintas sektoral diantaranya: meliputi penyiapan sarana dan prasana jalan yang memadai terkait keselamatan para pengguna jalan saat mudik nanti, ketersediaan dan stabilitas harga sembako, antisipasi kebakaran dan lain-lain. Kabag Ops Polres berharap dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2010 berharapkan berlangsung dengan aman dan lancar.

Diterangkan indicator keberhasilan yang diharapkan dari target pengamanan yang diharapkan diantaranya: giat bulam buasa, sholat ied dan hari raya Idul Fitri 1432 H dapat berjalan dengan aman dan lancar. Kelancaran lalu lintas pada trouble spot (titik rawan macet lalin) lebih baik dari tahun sebelumnya. “Laka lantas serta korban meninggal dunia dan kerugian yang ditimbulkan dapat berkurang dari tahun sebelumnya,” kata Kabag Ops Polres Ketapang.

Demikian target pengamanan yang diharapkan agar jumlah pelanggaran lalu lintas sepeda motor, angkutan umum dan bus dapat ditekan. Dan, angka Kriminalitas dapat dikendalikan. Jumlah pos yang dibentuk diantaranya diwilayah Kabupaten Ketapang adalah Pos Rangga sentao, Pos Ale-ale, Pos Bandara, Pos Terminal, Pos Sukabangun, Pos Taman Kota. Sedangka n Pos di Kabupaten Kayong Utara diantaranya, Pos Sukadana, Pos Simpang Hilir dan Pos Teluk Batang.

Dalam kesempatan itu dijelaskan juga beberapa hal yang perlu ndiwaspadai dan menjadi perhatian bersama.Diantaranya: penertiban PKL. Penertiban pasar tumpah, pegamanan pasar murah, waktu solat terawih dan solat subuh, pengaman takbir keliling, tariff angkutan, bahaya kebakaran, komplek perumahan yang ditinggal pergi oleh penghuninya, kenaikan harga sembako.

Kewaspadaan juga perlu diperhatikan terhadap peningkatan kasus kejahatan, BBM langka dan perlu terus dipantau. Demikian juga dengan distribusi sandang pangan maupun stok bakan bakar apakah menculkupi ataui tidak. Operasi Ketupat Kapuas juga perlu mengantisipasi bencana alam, lonjakan arus mudik, kondisi jalan perlu juga diperhatikan dan lain-lain.***

(Andy Candra, Humas Setda Ketapang)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007