home news guestbook contact
Senin, 20 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pelatihan Wasit Sepakbola Pertama Kali di Tumbang Titi

Pengirim : andy candra
Tanggal : 16 June 2011, 11:59 am


Pelatihan wasit sepakbola untuk pertama kali dilakukan di Kecamatan Tumbang Titi tersebut dibuka oleh Maluru, Tumbang Titi didampingi Danramil Tumbang Titi dan Saiful Zalid, Kabid Pemuda dan Olahraga Disbudparpora Kabupaten Ketapang. Camat Tumbang Titi berharap adanya pelatihan sepakbola ini merupakan momentum yang tepat. Sebab, pelatihan seperti ini memang sangat langka, dan olahraga sepakbola di Kabupaten Ketapang memang sangat diminati.

Adanya pelatihan ini tentu saja menambah wawasan wasit sehingga dapat menghasilkan pertandingan yang berkualitas.
Menurut camat tujuan pelatihan wasit ini tentu saja untuk menambah wawasan wasit. Namun, ia menekankan agar menumbuhkan semangat sportifitas. Menurutnya tidak menutup kemungkinan, dalam suatu permainan terdapat kecurangan. Pada akhirnya sebuah kemenangan dihasilkan dengan kecurangan. “Saya harap dengan adanya pelatihan wasit ini, tentu saja kedepan wasit punya pemahaman yang cukup bermanfaat untuk memimpin pertandingan di lapangan,” ujar Camat Tumbang Titi.
Lebih lanjut, ia menyebutkan dengan pelatihan ini maka diharapkan dapat memimalisir terjadinya kecurangan saat pertandingan. Sebab, olahraga ini sebab cukup diminati masyarakat. Setiap tahun bisa dipastikan ada kegiatan pertandingan sepakbola, termasuk juga dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI (17 Agustus). Karena itu adanya narasumber pelatihan Wasit (Marianus Ogok dan Irwan,red), maka peserta bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya lebih banyak mengenai kasus-kasus dalam pertandingan kepada instruktur. Camat Tumbang Titi mengaku cukup mengenal sosok instruktir pelatihan wasit karena merupakan temannya ketika dibangku sekolah. “Kami berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang yang telah memfasilitasi pelatihan wasit bola kaki di Kecamatan Tumbang Titi, kami juga menngatakan kedepan siap untuk menerima dilakukan pelatihan wasit atau event lainnya di Tumbang Titi, tentunya cabang olahraganya yang divariasikan,” kata Manuru.
Sementara itu,Bernard Irawan, Kasi Olahraga Disbudparpora Ketapang menuturkan pelatihan wasit sepakbola ini dilakukan untuk pertama kalinya di tingkat kecamatan. Ketua panitia pelaksana pelatihan wasit sepakbola tersebut menyebutkan pelatihan ini dimaksudkan untuk menambah jumlah wasit bersertifikat di tingkat kecamatan. Harapannya dengan pelatihan ini, permainan wasit akan semakin baik dimasa akan datang. Dalam pelatihan wasit sepakbola itu, Marianus Ogok menyampaikan materi tentang peraturan permainan dan fsikologis permainan. Demikian juga dengan pemaparan mengenai peraturan umum pertandingan yang disampaikan oleh Irwan, kepala bidang pelatihan PSSI Kabupaten Ketapang. Selain materi pertandingan dan wasit, dalam pelatihan tersebut juga dilakukan praktek langsung di lapangan. ***


sumber: DINAS Budparpora Ketapang

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007