home news guestbook contact
Kamis, 30 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Peringati Hari LH, Kantor LH dan KPA Khatulistiwa Tanam Pohon

Pengirim : andy candra
Tanggal : 12 June 2011, 3:40 pm


Peringati Hari Lingkungan Hidup, Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan hari lingkungan hidup di Kabupaten Ketapang. Kegiatan tersebut diantaranya: jalan santai bersih kota, penanaman pohon, penetapan Adiwiyata bagi sekolah-sekolah. Puncak kegiatan adalah pemilihan Duta Lingkungan Hidup yang dilakukan pada Hari Sabtu, tanggal 25 Juni 2011.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ketapang, Toni Jaya SH mengharapkan bagi yang terpilih menjadi puteri lingkungan hidup akan mewakili Ketapang di tingkat propinsi dan nasional. Demikian juga dengan sekolah yang memperoleh adiwiyata di sini (Ketapang, red) akan diusulkan di tingkat propinsi dan nasional. Mantan Camat Manismata ini menyampaikan Penghargaan kepada SMPN 3 Ketapang karena dua kali mendapat gelar Adiwiyata. “SMPN 3 Ketapang akan ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri,” kata Toni Jaya SH.
Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup. Kepala Kantor LH Ketapang , mengharapkan kondisi lingkungan di Ketapang harus lebih ditingkatkan. Sebagai langkah konkrit, pihaknya juga mengaku telah melakukan penanaman mangrove di beberapa kecamatan. seperti Kecamatan Kendawangan.
Untuk peringatan hari lingkungan hidup kali ini tema yang diangkat adalah ‘hutan sebagai penyangga keseimbangan’. Kondisi hutan di Ketapang sendiri kata dia, masih tak begitu mengkhawatirkan. Hanya saja perlu ada upaya berkesinambungan untuk melestarikan kawasan hutan.
Tema yang diangkat ini adalah tema dari kementerian lingkungan hidup dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup tanggal 5 Juni. Hutan sebagai penyangga keseimbangan adalah untuk kepentingan manusia sendiri.
Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Kabupaten Ketapang dilakukan Kantor Lingkungan Hidup (LH) bekerjasama dengan Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang. Tujuan kegiatan itu untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan terutama bagi generasi muda.
“Kita mendukung kegiatan yang dilakukan LH untuk mewujudkan Ketapang Kota Asri. Selama ini, KPA juga konsen terhadap hal-hal yang menyangkut lingkungan,” ungkap Raden Abdillah, Ketua Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang.
Raden mengaku langkah kongkret yang telah dilakukan KPA Khatulistiwa Ketapang antara operasi terhadap illegal loging, mengkampanyekan ‘bumi hijau’ untuk kota Ketapang. Ia berharap kedepannya Ketapang lebih teduh.
Disamping itu, Raden Abdilah berharap Ketapang bakal dapat menyabet gelar Adipura pada tahun 2011. Karena itu, KPAKhatulistiwa abersama Kantor Lingkungan Hidup berusaha semaksimal mungkin “Menhijaukan Kota Ketapang”. Karena itu, mereka melakukan penanaman pohon. KPAjuga meminta LH untuk pengadaan tong sampah. Menurut Raden Abdillah, selama ini masyarakat masih belum dapat membedakan antara sampah organik dan anorganik.Sampah organik adalah sampah yang dapat mengurai seperti daun atau kertas. Sedangkan yang anorganik seperti plastik yang tak dapat mengurai.**

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007