home news guestbook contact
Minggu, 19 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pendidikan Nasional Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa

Pengirim : humas (Ac)
Tanggal : 23 May 2011, 10:43 am


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam puncak Hari Pendidikan Nasional(Hardiknas) yang digabung dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2011 di Hall D Jakarta International Expo, PRJ Kemayoran, Jumat malam, 20 Mei 2011.

Dalam laporannya, Menteri Pendidikan Nasional(Mendiknas), M. Nuh mengatakan, “Ada 2 makna tersembunyi dari penggabungan acara ini, yaitu yang pertama, bahwa pendidikan dan kebangkitan nasional itu merupakan 2 unsur yang menyatu secara kimiawi bukan fisikawi, ibaratnya air, menyatunya oksigen dengan hydrogen (H2O), dari air itulah asal sumber segala kehidupan dan air itulah yang menjaga kelangsungan kehidupan, itulah makna pendidikan dan kebangkitan nasional dalam kehidupan kita sebagai bangsa. Makna yang kedua adalah, lanjut Mendiknas, “Acara ini merupakan bentuk sinergitas 2 kementerian yaitu Kementerian Pendidikan Nasional untuk Hardiknas dan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk harkitnas sebagai upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas. Dan kedua makna tersebut merupakan implementasi dari pesan yang disampaikan Presiden dalam berbagai kesempatan, yang intinya jika bangsa ini ingin maju, ingin bangkit, maka kualitas sumberdaya manusianya menjadi kata kunci.”

Puncak Peringatan yang dimulai pukul 19.00 WIB itu bertemakan “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Nasional” dengan sub tema Raih Prestasi dan Menjunjung Tinggi Budi Pekerti. Pendidikan berbasis karakter memang menjadi tema sentral dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional di tahun 2011 ini. Mendiknas menyampaikan, “Pendidikan karakter penting karena tidak hanya bertujuan membangun karakter berbasis kemuliaan diri,tapi juga bertujuan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa yang cinta kepada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).” Dan, Mendiknas menambahkan , ”Agar tema peringatan Hari Pendidikan Nasional 2011 menjadi kegiatan nyata, maka mulai tahun ajaran 2011/2012 pendidikan berbasis karakter akan dijadikan gerakan nasional. Gerakan nasional itu diberlakukan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai perguruan tinggi termasuk pendidikan non formal dan informal.”

Acara dihadiri kurang lebih ratusan orang yang terdiri dari pengajar, siswa, dan juga mahasiswa dari seluruh Indonesia dan diisi dengan berbagai hiburan seni yang telah dipersiapkan oleh panitia acara seperti paduan suara, seni tari, dan juga penampilan dari penyanyi muda Putri Ayu, Andien, serta pembacaan narasi oleh Dewi Yull.

Presiden, yang dalam acara ini juga memberikan sambutannya, hadir didampingi Ibu negara Ani Yudhoyono serta Wakil Presiden Boediono dan istrinya, Herawati Boediono. Sejumlah menteri juga turut mendampingi. antara lain Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhamad, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara EE Mangindaan, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam dan Gubernur DKI Fauzi Bowo. (ram)

SUMBER:
http://www.setkab.go.id/index.php?pg=detailartikel&p=1804


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007