home news guestbook contact
Senin, 27 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bangka Belitung-Ketapang, KMP Manumbing Raya Sandar Perdana di Pelabuhan Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 11 May 2011, 3:19 pm


*Layari Manggar (Bangka Belitung)-Ketapang (Kalbar)_

Ketapang (humas)--Rencana menghubungkan transportasi Kabupaten Ketapang dengan Kabupaten Belitung Timur tak hanya disikapi dengan pembangunan infrastruktur pelabuhan. Untuk pertama kalinya, KMP Manumbing Raya rute Manggar-Ketapang sandar perdana di pelabuhan Sukabangun Ketapang, pada pukul 18.00 WIB (10/5).
Menurut Drs Muhson, Kabid Perhubungan Laut dan ASDP , Dinas Perhubungan Kabupaten Ketapang Kalbar, keberadaan kapal tersebut untuk memudahkan hubungan laut antara masyarakat Kabupaten ketapang dengan Kabupaten Belitung Kepulauan Riau. Sehingga dengan adanya kapal itu, maka dua propinsi bisa membuka ekonomi, dan kekeluargaan. “Cuma kapasitas dermaga sampai saat ini masih tahap penyelesaian, maka sandar sementara di pelabuhan milik Pelindo, namun jika pelabuhan yang dibangun melalui APBN sudah tuntas di tembilok, maka pelabuhan akan dialihkan kesana,” kata Muhson.
Selain menghubungkan Manggar dan Ketapang, tak menutup kemungkinan rute kapal akan ditambah. Karena saat sekarang masih tahap penjajakan. Hal tersebut, juga sudah dibicarakan antara pihak Dinas Perhubungan propinsi, Dinas Perhubungan Kabupaten maupun ASDP. Dengan adanya penambahan kapal tersebut, Muhson menjelaskan maka akan mempermudah jalur pelayaran di Kabupaten Ketapang, khususnya dalam hal angkutan lebaran.
Sementara itu, Kapten Kapal KMP Manumbing Raya menyebutkan kapasitas dapat mengangkut 202 penumpang, dan 19 kendaraan jenis campuran. Panjang kapal diperkirakan lebih dari 50 meter. Dimana, kondisi masih baru, dan merupakan perjalanan perdana ke Kabupaten Ketapang. Perjalanan kapal dari Pelabuhan Manggar ke Ketapang, juga sebagai penjajakan alur.
Setelah sandar perdana, kemudian sejumlah pejabat Kabupaten Ketapang bersama pejabat Belitung Timur, maupun pejabat dinas Perhubungan propinsi kemudian melihat kondisi dalam kapal. Sejumlah fasilitas kapal terdiri dengan alat-alat navigasi yang canggih. Diterangkan Anang Wahyudi, hubungan Manggar-Ketapang menjelaskan panjang lebar kondisi kapal. Menurutnya motivasi pertama adalah untuk kepentingan masyarakat Ketapang, maupun Pontianak, untuk memperlancar arus penumpang. “Salah satunya untuk menghubungkan antar pulau, ini memang tugas kami,” katanya selaku penanggungjawab kedinasan sekaligus sebagai supervisor untuk lintas Manggar-Ketapang.***

ANDY CANDRA
STAF HUMAS SETDA KETAPANG

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007