home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Rosela Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Pengirim : andy candra
Tanggal : 5 May 2011, 9:33 am


ROSELA mempunyai banyak manfaat untuk pencegahan penyakit. Dari berbagai literature bunga rosella, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosela Merah atau Bunga Rosela untuk mencegah Penyakit Kanker dan Radang. Manfaat Rosela inilah yang diperkenalkan oleh TP-PKK Kabupaten Ketapang, pada pencanangan Hari Gotong Royong Masyarakat ke VII, di Tanjung Belandang, Kecamatan Muara Pawan belum lama ini.



Bunga Rosela yang diperkenalkan tersebut sudah dalam bentuk minuman yang dicampur dengan berbagai ramuan tradisional. Rasanya manis dan sedikit asam. Ketika cuaca yang terik, begitu meminum air Rosela, dahaga pun langsung sirna. “Manfaatnya bisa mengobati berbagai macam jenis penyakit,” kata Ny.Ayu, anggota TP-PKK Kabupaten Ketapang.

Minuman yang dihidangkan itu, diakuinya memang disediakan untuk menjamu para pejabat yang menghadiri pencanangan Hari Gotong Royong Masyarakat ke VIII. Selain manfaat yang terkandung dalam Rosela, cita rasa air Rosela itu sempat mendapat pujian dari Drs Cristiandy Sanjaya SE MM Wakil Gubernur Kalbar dan Boyman Harun SH, Wakil Bupati Ketapang.

Kepala Dinas Koperasi UKM, dan Perindag Kabupaten Ketapang, Drs H.Sahrani membenarkan Rosela sangat bermanfaat bagi kesehatan. Suburnya pertumbuhan Rosela di Kabupaten Ketapang menjadi salah satu potensi dan peluang yang dapat digarap. Saat ini, TP-PKK sudah menfaatkannya untuk air serbat Rosela. “Informasinya Rosela bisa menyembuhkan 40 macam jenis penyakit,” kata Drs H.Sahrani.

Dari berbagai literature, Rosella Merah mengandung gosipetin, antosianin, dan glukosid hibiscin.Pada pengobatan tradisional sering dipercaya untuk mengatasi atau mencegah penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menurunkan kekentalan darah, menurunkan tekanan darah, dan menstimulasi gerakan usus, penyakit jantung, hipertensi, sakit saraf, sakit pencernaan. Selain itu, dapat mencegah terbentuknya batu ginjal dan melancarkan buang air besar atau sebagai peluruh air seni.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007