home news guestbook contact
Minggu, 18 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

TP-PKK Kab.Ketapang Gelar Pelatihan

Pengirim : andy candra
Tanggal : 29 April 2011, 5:34 pm


Merealisasikan salah satu program Pokja PKK dalam meningkatkan kualitas SDM kaum perempuan di Kabupaten Ketapang, maka TP-PKK Kabupaten Ketapang kembali menggelar pelatihan yang diikuti 23 organisasi wanita. Pelatihan etika, kepribadian dan table manner, serta pelatihan pengemasan kerajinan dari bahan bekas dan pasir tersebut dibuka oleh Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Ketapang, Ny.Rachmawati Boyman Harun SH.

Sedangkan peserta pelatihan terdiri dari para ibu-ibu sekretaris TP PKK Kecamatan dan organisasi wanita yang ada di kabupaten Ketapang. Sejumlah narasumber didatangkan dari RRI Pontianak, TP-PKK Propinsi Kalbar, maupun dari Hotel Aston.” Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka merealisasikan salah satu program PKK Kabupaten Ketapang tahun 2011 dibidang Pokja II dan Pokja III serta dalam rangka memeriahkan Hari Kartini,” kata Ny.Rachmawati Boyman Harun SH, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang.
Lebih lanjut, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang menjelaskan bahwa dalam pergaulan sehari-hari dan hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkat internasional diperlukan suatu system yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Karena system pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati yang dikenal dengan sebutan sopan santun, tata karma protokoler dan lain-lain.
Ny.Rachmawati Boyman Harun SH mengatakan maksud dari pedoman pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing agar tetap senang, tentram, terlindung tanpa nerugikan kepentingan serta terjamin agar setiap perbuatan yang di jalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya.”Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita,” ucapnya.
Ia menuturkan etika dalam perkembangannya dapat mempengaruhi kehidupan manusia,etika memberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakannya sehari-hari dalam segala aspek segi kehidupan kita manusia.Selain itu mengingatkan kita juga sering menghindari jamuan makan dalam urusan pekerjaan atau bisnis atau bersantap di restoran “Fine Dinning”, maka tidak ada salahnya kita ingat lagi sopan santun di meja makan.
Memahami aturan tata krama di meja makan alias “table Manner” adalah bagian dari pengetahuan standar setiap orang, meskipun banyak pernak-pernik yang membedakan system table manner, sesuai dengan adat kebiasaan masing-masing Negara. Ia menuturkan aturan pokok tata cara di meja makan ini antara lain meliputi: Tata cara sebelum makan, Tata cara menggunakan peralatan makan, Tata cara pada saat makan sedang berlangsung.
Selain pelatihan etika , kepribadian dan table manner TP.PKK Kabupaten Ketapang juga mengadakan pelatihan pengemasan kerajinan dari bahan bekas dan pasir. Menurut Ny.Rachmawati Boyman Harun SH mungkin banyaknya barang bekas rumah tangga yang tidak dipakai lagi dapat berguna dengan diadakannya pelatihan ini. Demikian juga dapat bermanfaat untuk keluarga bahkan tidak menutup kemungkinan bisa dijual di pasaran untuk menambah ekonomi keluarga.”Maka dari itulah kita dari TP-PKK Kabupaten Ketapang ini bingin mengajak semua kader TP PKK dan masyarakat umum dapat menimba ilmu dan tentang etika kepribadian dan table manner serta dapat mengkreatifitaskan limbah barang bekas dan pasir yang merupakan limbah atau sampah,” tuntasnya.***

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007