home news guestbook contact
Minggu, 18 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Wagub Kalbar Ajak Entaskan Kemiskinan

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 28 April 2011, 6:02 pm


*Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong ke VIII Tingkat propinsi Kalimantan Barat

PENCANANGAN bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke VIII se-Kalbar yang dipusatkan di Ketapang, 28 April 2011dibuka Wakil Gubernur Kalbar, Drs Cristiandy Sandjaya SE, MM. Wakil Gubernur Kalbar mengajak semua stakeholder untuk memerangi kemiskinan. Mengentaskan kemiskinan mesti menjadi perhatian kita bersama, sebab sampai saat ini penduduk Kalbar yang berada di bawah garis kemiskinan masih sekitar 9 persen lebih.
“Untuk memerangi kemiskinan bisa dilakukan dengan beberapa mekanisme, mekanisme pertama adalah melalui ekonomi, dengan menggiatkan pertumbuhan ekonomi, maka membuka lapangan kerja, Jika masyarakat punya pekerjaan, maka mereka akan mendapatkan pendapatan, jika mendapat pendapatan, maka masyarakat bisa keluar dari garis kemiskinan,” kata Drs Cristiandy Sandjaya SE MM,Wakil Gubernur Kalbar.
Selain itu bagaimana kita memfasilitasi, atau membantu masyarakat. Wakil Gubernur menerangkan bahwa dalam membangun persoalan kemiskinan tersebut dilakukan dengan tiga klaster. Ia menguraikan bagaimana dengan adanya bantuan-bantuan seperti dana Bos,Jamkesmas dan lain sebagainya. Dalam kesempatan itu, Cristiandy juga menyebutkan adanya PNPM,peningkatan perangkat pedesaan dan lain-lain.”Ada juga dikenal dengan Kredit usaha rakyat,” ucapnya.
Dalam pemberdayaan masyarakat, diuraikan sejak tahun 2003 sampai tahun 2011 ada berbagai program pengembangan kecamatan. Demikian juga bantuan langsung. Dana yang dikucurkan sejak tahun 2003 tersebut sekitar Rp 678 miliar, baik APBD maupun APBN. Demikian juga dengan proyek pupuk bersubsidi, dan lainnya.
Selain mekanisme ekonomi, pemerintah juga memberikan fasilitas. Sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan Presiden,dijelaskan akan dilakukan tahapan selanjutnya yang akan diberlakukan pada 2012.ternyata, pemerintah sudah tidak sabar berusaha dalam mengatasi kemiskinan tersebut.Karena itu, beberapa upaya yang dilakukan pemerintah di Kalbar diantaranya adanya program persalinan untuk ibu yang melahirkan. Dimana,pemerintah membantu masyarakat miskin dalam hal melahirkan. Alokasi dana untuk program tersebut sekitar Rp19 miliar. Panjang lebar ia menjelaskan program dan kebijakan yang dilakukan dan akan dilakukan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.
Besarnya jumlahnya penduduk miskin di Kalbar, Wakil Gubernur Kalbar mengajak para Bupati/Walikota dan semua pihak membantu mengentaskan kemiskinan di daerah ini.
Sementara itu, Wakil Bupati Ketapang, Boyman Harun SH menegaskan Gotong Royong sangatlah penting karena sebagai perekat persatuan dan kesatuan masyarakat.Melalui gotong royong dapat memberdayakan masyarakat dalam membangun. Ditunjuknya Ketapang sebagai tuan rumah pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke VIII pada tahun 2012 merupakan sebuah kehormatan.
Boyman Harun SH menyebutkan nilai-nilai yang tumbuh di masyarakat,khususnya gotong royong harus terus dipertahankan dan dikembangkan. Menurut dia,membangun bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun,juga bukan hal yang sulit, seandainya semua elemen dengan kebersamaan mendukung pembangunan itu sendiri. Sejumlah kegiatan bulan Bhakti Gotong royong di Ketapang diantaranya, perbaikan rumah, pembangunan rabat beton, jembatan,MCK dan lain-lain. “Dalam bulan bahkti Gotong Royong ini,saya harapakan para camat, dan kades se-Ketapang menggiatkan kembali gotong royong di wilayahnnya masing-masing,” kata Boyman Harun SH, Wakil Bupati Ketapang.***

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007