home news guestbook contact
Senin, 23 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pelatihan Fardhu Kifayah di MHU

Pengirim : A.Rachman
Tanggal : 18 April 2011, 4:06 pm


*Bina Kader Islami Tangani Fardhu Kifayah

Pelaksanaan fardhu kipayah perlu persamaan persepsi. Karena itu pelaksana tugas (plt) Sekda Ketapang, Drs F.Sungkalang menyambut baik adanya pelatihan fardhu kipayah. “Sebab seiring dengan kemajuan jaman petugas fardhu kipayah dirasakan sangat kurang,karena meninggal dan juga usia uzur atau lanjut usia,” kata Plt Sekda Ketapang ketika membguka pelatihan fardhu kifayah di Desa Kuala Tolak, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten ketapang pada Sabtu (16/4/2011).
Didepan muspika Matan hilir Utara dan Muspika, selanjutnya F.Sungkalang mengatakan seiring kemajuan jaman petugas fardhu kipayah dirasakan sangat kurang. Karena meninggal dan juga usia uzur atau lanjut usia. Ia berharap melalui fardhu kipayah ini dapat meningkatkan pemahaman pengetahuan dan keterampilan . Setelah pelatihan ini benar- benar diterapkan atau dipraktekkan di masyarakat dan dapat ditularkan ke kader-kader petugas fardhu Kipayah serta membina kader kader Islami yang berhubungan penanganan fardhu Kipayah.
Dengan pelatihan tersebut, Bupati Ketapang yang diwakili Plt Sekda mengharapkan melalui fardhu kipayah dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuann dan keterampilan . Ia melanjutkan bahwa setelah pelatihan itu diharapkan peserta benar- benar menerapkan atau mempraktekkan di masyarakat. Selain itu dapat ditularkan ke kader-kader petugas fardhu Kipayah . Demikian juga membina kader- kader Islami yang berhubungan penanganan fardhu kipayah.
“Umat Islam agar menyamakan persepsi tentang fardhu Kifayah dan umat beragama yang ada dapat menjaga persatuan kesatuan serta menjaga kerukunan umat beragama,” ujar F.Sungkalang.
Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 40 orang dalam wilayah Kecamamatan Matan Hilir Utara dan Muara Pawan. Kegiatan pelatihan memandikan, mengafankan dan mensholatkan serta menguburkan orang. Dalam pelatihan diikuti merupakan utusan perwakilan dari desa,. satu desa dua orang utusan. pelatihan fardhu kifayah tersebut merupakan kerjasama Pemkab Ketapang dengan Kantor Kementrian Agama Ketapang.
lebih lanjut Drs F.Sungkalang mengharapkan peserta mengikuti dengan sebaik-baiknya. sebab, dengan mengikuti pelatihan itu, maka peserta akan menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan fardhu kipayah. Fardhu kipayah merupakan fardhu aen, artinya umat Islam diwajibkan untuk mengetahui tata cara memandikan mengapankan dan mensholatkan serta menguburkan jenazah orang muslim yang meninggal dunia sesuai tuntunan Alquran dan Al- hadist. **

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007