home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

TP-PKK Kab.Ketapang Gelar Pelatihan

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 13 April 2011, 3:00 pm


*Pelatihan Budidaya dengan Tabulampot Pupuk Organik serta tata cara Pengepakan Olahan Pangan Loka

MENDUKUNG program pemerintah mensejahterakan masyarakat, maka TP PKK Kabupaten Ketapang menggelar pelatihan Budidaya dengan Tabulampot Pupuk Organik serta tata cara Pengepakan Olahan Pangan Lokal. Pelatihan yang diikuti 20 kecamatan se-Ketapang (13/4) dilaksanakan di secretariat TP-PKK Kabupaten Ketapang, yang dibuka langsung ketua TP PKK Kabupaten Ketapang, Ny.Riniwati Henrikus.
Menurut Hj.Heny Kamboja SP, ketua panitia bahwa hal tersebut merupakan pelaksanaan program kerja TP PKK Kabupaten, khususnya bidang Pokja III. Pelatihan budidaya dengan Tabulampot Pupuk Organik serta tata cara Pengepakan Olahan Pangan Lokal tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil Rakerda baik ditingkat provinsi maupun Rakerda tingkat kebupaten. Demikian juga sebagai usaha untuk mensinergiskan antara program TP-PKK Kabupaten Ketapang dengan dinas/instansi terkait dalam rangka menunjang program pembangunan di segala bidang untuk memajukan masyarakat di Kabupaten Ketapang.
Dia menuturkan, pelatihan ini diikuti kader PKK kecamatan yang mempunyai home industri. “Sehingga dengan mendapatkan pembekalan pengetahuan dalam pelatihan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan hasil usaha dari yang hanya ditingkatkan hasil usaha dari yang hanya ditingkatkan usaha kecil-kecilan menjadi jenis usaha yang lebih maju,” kata Ny.Hj.Heny Kamboja SP.
Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang, Ny.Riniwati Henrikus, menjelaskan teknik (system) pengepakan hasil olahan pangan local dan pelatihan bercocok tanam dengan tabulapot dan pupuk organic merupakan upaya merealisasikan program kerja tim penggerak PKK Kabupaten khususnya pada bidang pokja III.
Ny.Riniwati Henrikus menuturkan bahwa saat ini sudah banyak lahan-lahan yang digunakan untuk pengembangan infrastruktur seperti pembangunan gedung, jembatan dan perumahan-perumahan. Kondisi ini banyak telah mengorbankan sector pertanian. Dimana, hal tersebut telah terjadi pengalihan fungsi pada lahan produktif bagi pertanian yang ada. “Sehingga berimplikasi pada semakin menurunnya jumlah areal lahan produktif bagi pertanian,” kata Ny.Riniwati Henrikus.
Lebih lanjut, Ny.Riniwati Henrikus menjelaskan kebutuhan pangan merupakan kebutuhan primer (kebutuhan pokok yang urgen bagi kelangsungan hidup). Menurunnya jumlah lahan produktif berimplikasi pada penurunan produksi nasional sehingga volume impor bahan pangan semakin meningkat dari tahun ke tahun.Bila keadaan ini dibiarkan, bukan tidak mungkin Negara kita mengalami kekurangan pangan.
Karena itu, dengan demikian salah satu cara untuk mengatasi kekurangan pangan adalah dengan pemanfaatan pekarangan rumah atau dikenal dengan konsep “home vegetable gardening atau home fruits gardening”. “Saya berharap dengan diadakannya pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta kemampuan untuk mengidentifikasi potensi potensi pekarangan dan memanfaatkannya secara efesien dan berkelanjutan sehingga tercapai kemandirian pangan keluarga,” kata Ny.Riniwati Henrikus. ***

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007