home news guestbook contact
Sabtu, 18 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

DISKOP UKM, PERINDAG KAB.KETAPANG-PT.ALM KERJASAMA PELATIHAN PANDAI BESI

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 24 March 2011, 11:27 am


*Pelatihan Pandai Besi di Kecamatan Nanga Tayap

DINAS Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang melakukan kerjasama dengan PT Agro Lestari Mandiri (ALM) memberikan pelatihan oandai besi kepada masyarakat Kecamatan Nanga Tayap. Dengan pelatihan tersebut diharapkan ada kelanjutan berupa bantuan alat kerja yang sesuai standar pandai besi. Pembukaan pelatihan dilakukan di Gedung Serba Guna Desa Nanga Tayap Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang.
Sedangkan praktek dan teori dilakukan di bangsal kerja milik peserta yaitu di Dusun Tambang Kayung Desa Nanga Tayap Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang. Pelaksanaan kegiatan selama tiga hari dimulai tanggal 9-11 Maret 2011. Peserta pelatihan dibimbing 2 (dua) orang instruktur yaitu H. Pahmi, seorang pengusaha dan perajin pandai besi dari Kecamatan Benua Kayong, bersama Soprianis, Penyuluh Perindustrian
Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan
Kabupaten Ketapang, Drs. H. Syahrani kepada Humas Setda Kabupaten Ketapang bahwa maksud dari pada pelatihan ini adalah dalam rangka untuk meningkatkan tarap hidup dan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah berdasarkan pada potensi dan kondisi di daerah tersebut.
Dengan pelatihan dan bimbingan bagi kelompok pengrajin pandai besi diharapkan meningkatkan tenaga terampil. Meningkatkan produktifitas masyarakat melalui pengembangan ragam atau diversifikasi dan pola teknis dibidang teknologi yang sesuai dengan kondisi dan potensi daerah. Menciptakan keterbukaan masyarakat melalui upaya pendidikan dan pelatihan serta penyuluhan. Membantu terciptanya upaya yang mempunyai nilai dan upaya perilaku kreatif, inovatif dan sikap wirausaha. Meningkatkan kualitas dan menjaga kelestarian Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup. Demikian juga mendorong pertumbuhan lapangan kerja.
Ia menjelaskan dalam pelatihan ini PT. Agro Lestari Mandiri (Group PT. Sinar Mas)memberikan bantuan berupa Bahan Baku Besi/Baja untuk praktek. Dalam pelatihan tersebut, ada sebanyak 20 perajin pandai besi yang ambil bagian. Merska rata-rata sudah mempunyai kemampuan untuk mengolah produk dari bahan baku besi/baja.
“Peserta juga berharap ada tindak lanjut bagi perusahaan untuk adanya kerja sama dalam penyedian bahan baku sehingga mempermudah bagi perajin untuk memmenuhi kebutuhan konsumen, Pekerja Perkebunan khususnya Buruh Kelapa Sawit,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang.
Dipaparkannya, peserta pelatihan juga mengharapkan Perusahaan menerima hasil kerja praktek pembuatan produk pandai besi. Ternyata, setelah melihat hasil pengolahan pandai besi tersebut, pihak perusahaan dinilai cukup puas dan bangga. Karena dengan menggunakan peralatan yang sangat sederhana ternyata hasil yang didapat tidak kalah dengan produk dari luar, sehingga perusahaan merasa perlu untuk disosialisasikan kepada para buruh di Perusahaan Perkebunan yang ada di Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang.
“Kita juga mengharapkan ada kelanjutan berupa bantuan peralatan baik itu oleh pemerintah maupun pihak swasta sehingga hasil yang diharapkan akan lebih baik,” ucap H.Syahrani.
Selain itu, dalam waktu yang tidak terlalu lama diharapkan para pengrajin pandai besi yang ada di Kecamatan Nanga Tayap dapat segera membentuk kelompok kerja, sehingga segala urusan yang akan diajukan keperusahaan maupun pemerintah akan lebih mudah dan terorganisir. Adanya pelatihan itu juga sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang Nomor: 10 Tahun 2011 Tanggal 28 Pebruari 2011 Tentang Penunjukkan Panitia Pelaksana Kegiatan Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri Dinias Dinas, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang. Dari hasil kegiatan pelatihan teknologi bagi pengrajin pandai besi di Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang selama 3 (tiga) hari itu dihasilkan 4 (empat) buah dodos, 7 (tujuh) buah parang panjang, 5 (lima) buah gancu, 24 (dua puluh empat) buah pisau penoreh getah (bahan sisa pembuatan dodos). Peserta pelatihan diberikan sertifikat yang ditandatangani Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si. ***

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007