home news guestbook contact
Sabtu, 14 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

TERBENTUKNYA LPSE SEBAGAI UPAYA PELAYANAN DEMOKRATIS DAN BERKEADILAN

Pengirim : Andy C
Tanggal : 17 March 2011, 12:22 pm


Teks Foto: Bupati Ketapang Drs Henrikus M.Si diwakili Pjw Sekda Ketapang (kabag keuangan) Agus Hendri SE M.Si menerima cenderamata dari Ketua Gapensi Kalimantan Barat, H.Fachrudin D.Siregar.

BUPATI Kabupaten Ketapang Drs Henrikus M.Si, melalui Pjw Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Agus Hendri SE, M.Si mengharapkan hasil Muscab ke VIII Gapensi Kabupaten Ketapang dapat lebih meningkatkan lagi kerjasamanya sehingga pembangunan di Kabupaten Ketapang dapat berjalan sesuai dengan rencana. Karena Gapensi merupakan salah satu mitra kerja pemerintah yang selama ini telah menjalin hubungan baik dan saling menguntungkan Harapan Bupati Kabupaten Ketapang disampaikan Pjw Sekda Ketapang dalam pelaksanaan Muscab VIII BPC Gapensi Ketapang tanggal 17 Maret 2011 di Hotel Aston City Ketapang.
Menurut Pjw Sekda Ketapang Agus Hendri SE, M.Si bahwa pada masa sekarang ini keadaan pekerjaan konstruksi, barang/jasa perdagangan dan industri mengalami masa-masa dilematis dan perubahan kebijakan. Keadaan riil di lapangan usaha jasa tersebut selain harus mempertahankan kelangsungannya juga disebabkan gejolak perekonomian, persaingan antar asosiasi sejenis sangatlah tajam.”Apalagi pemerintahan terus memperbaiki system bagi usaha penyedia jasa,” kata Bupati Kabupaten Ketapang disampaikan Pjw Sekda Ketapang, Agus Hendri SE M.Si.
Dia mengatakan dimasa datang diharapkan dunia usaha khususnya, anggota Gapensi terus berbenah sesuai dengan perubahan kebijakan pengadaan. Saat ini telah dikembangkan inovasi baru dalam pengadaan yaitu layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Hal tersebut menyikapi tuntutan dan amanat antara lain: Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Public, dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa.
Inovasi pelayanan public melalui implementasi elektronik procerument (lelang secara elektronik) bertujuan diantaranya lelang lebih terbuka, transparan, akuntabel, dan lebih efisien dan efektif, serta menghemat biaya. Pemerintah Kabupaten Ketapang telah memulai langkah tersebut sejak diresmikannya pembentukan LPSE Kabupaen Ketapang pada tanggal 17 Desember 2010 lalu. Terbentuknya LPSE tersebut sebagai upaya memberikan pelayanan makin demokratis dan menciptakan keadilan untuk semua, agar tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance dapat diwujudkan.
“Untuk mencapai itu semua secara bersama –sama diperlukan kerja sama dan komitmen kuat pada pengurus Gapensi,” katanya.
Selanjutnya ia menegaskan bahwa kita semua percaya hal tersebut dapat diatasi dengan kepengurusan baru nantinya. Pengurus Gapensi Kabupaten Ketapang diharapkan lebih pro aktif dalam memperjuangkan anggotanya, sebagai pelaku pembangunan agar dapat tumbuh dan berkembang lebih baik lagi sesuai kemampuannya. Lebih lanjut disampaikan arah kebijakan umum pembangunan Kabupaten Ketapang merupakan rencana pembangunan tahunan pemerintah daerah sebagai dasar penyusunan strategi dan prioritas APBD sesuai dengan prioritas bidang kewenangan pemerintah daerah, pengalokasian anggaran yang tercantum dalam APBD Kabupaten Ketapang, berfungsi sebagai: acuan bagi seluruh komponen, baik pemerintah maupun masyarakat, dengan arah kebijakan umum APBD merupakan kebijakan public. Pedoman dalam penyusunan APBD memuat arah kebijakan pembangunan dalam tahunan anggaran. Menciptakan kepastian kebijakan pembangunan dalam satu tahun anggaran.Menciptakan kepastian kebijakan yang merupakan komitmen pemerintah daerah yang ditetapkan kolektif oleh eksekutif dan legislative.
Dihadapan peserta Muscab Gapensi Kabupaten Ketapang, yang dihadiri juga H.Fachrudin D.Siregar (Ketua Gapensi Kalbar), Ketua Kadin Ketapang (Rasmidi SE MM), maka Bupati Ketapang melalui Pjw Sekda Kabupaten Ketapang menyampaikan bahwa permasalahan yang selama ini dihadapi adalah dimana kondisi sarana dan prasarana dasar perekonomian (infrastruktur dasar atau sarana dan prasarana fisik) yang sampai saat ini belum dapat dituntaskan secara maksimal pembangunannya. Hal ini disebabkan keterbatasan anggaran, pembangunan tidak saja kepada pembangunan saja. Melainkan juga beban biaya pemeliharaan dan rehabilitasi juga harus dianggarkan.
“Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana Muscab yang telah berupaya semaksimal mungkin sehingga kegiatan ini dapat terselenggara sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan,” kata Agus Hendri SE, M.Si.
Kabag Keuangan Setda Ketapang yang mewakili Bupati Ketapang dalam pembukaan Muscab Gapensi mengharapkan peserta Muscab agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh sesuai ketentuan yang berlaku. Karena ditangan peserta Muscab Gapensi akan ditentukan sukses tidaknya kepemimpinan Gapensi masa bhakti 2011-2016 yang akan dating. Semoga hasil muscab nanti dapat memberikan kontribusi bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Ketapang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu kepada pengurus Gapensi periode lalu, dia mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya selama ini. “Semoga segala kebaikannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa”, tuntasnya.***


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007