home news guestbook contact
Senin, 16 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

WAKIL BUPATI IMBAU JAGA HUTAN LESTARI

Pengirim : A.Rahman
Tanggal : 16 March 2011, 10:44 am


*PERINGATAN HARI BHAKTI RIMBAWAN KE 28 DI KETAPANG

WAKIL Bupati Ketapang, Boyman Harun SH meminta masyarakat untuk menjaga hutan agar tetap lestari. Harapannya disampaikan ketika Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke 28 Tahun 2011 di Jalan Lingkar Ketapang (Hutan Kota), tanggal 16 Maret 2011. Seiring dengan kondisi cuaca yang cenderung musim kemarau, Wakil Bupati mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan, terlebih lagi dalam hal pembersihan lahan (land clearing). Daerah rawan kebakaran di Kabupaten Ketapang diyakini Wakil Bupati bisa terpantau dan diatasi instansi terkait. Karena selama ini, Pemkab Ketapang selalu meminta instansi terkait untuk mengawasi sehingga kebakaran lahan dapat diantisipasi sedini mungkin.
"Kita sudah minta agar instansi atau dinas untuk lakukan pengawasan dan penjagaan,' kata Boyman Harun SH, Wakil Bupati Ketapang.
Terkait dengan kebakaran dalam hal pembersihan lahan, Wakil Bupati menyebutkan tidak merawankan. paling hanya dalam bentuk skala kecil yang dilakukan oleh petani untuk berladang. Sedangkan pembersihan lahan (land clearing) untuk perkebunan, ia yakin perusahaan sudah cukup profesional dalam operasionalnya.
Mengantisipasi kebakaran lahan di wilayah Ketapang, Boyman Harun SH secara aturan sebenarnya sudah kuat. seandainya dipertegas dengan Peraturan daerah (Perda) maka itu lebih baik lagi. Wakil Bupati menekankan yang penting adalah kesadaran masyarakat, terutama investor untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat. Sebab, dengan memberikan kesadaran diharapkan dapat mengantisipasi kerusakan lahan (kebakaran lahan) sehingga tidak membuat masalah baru.Menurut Boyman Harun SH Wakil Bupati Ketapang menanam pohon bukan sekedar menanam, tetapi yang terpenting bagaimana merawatnya dengan baik agar kelestariannya tetap terjaga.
Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke 28 tahun 2011 ditandai dengan penanaman pohon oleh Wakil Bupati Ketapang, Boyman Harun SH didampingi kepala Dinas kehutanan Kab.Ketapang, Ir.JP setioharnowo M.Sc. Peringatan Hari Bhakti Rimbawan tahun 2011 ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan RI nomor SK.32/menhut-II/2011 tanggal 4 pebruari 2001 yaitu : "Denga Jiwa Korsa Rimbawan kita tingkatkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan hutan lestari dan masyarakat sejahtera".
Selain peringatan Hari Bhakti Rimbawan dengan penanaman sebanyak 350 batang berupa bibit pohon mahoni, trembesi, dan Petai. Selain itu juyga dilakukan donor darah bekerjasama debb PMI cabang Ketapang. Kegiatan hiburan seperti jalan santai keluarga, pertandingan/perlombaan untuk anak-anak para rimbawan dan keluarga.****

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007