home news guestbook contact
Selasa, 20 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

KERAJINAN KULIT KERANG KELURAHAN BANJAR DITINJAU TPL - IKM KALBAR

Pengirim : A. Rahman
Tanggal : 24 February 2011, 2:36 pm


Kerajinan Kulit Kerang Ida Faridah yang berada di Kelurahan Banjar Kecamatan Benua Kayong Ketapang Kalbar ,Kamis 24/2/ ditinjau langsung empat orang dari Kementrian Perindustrian RI melalui TPL-IKM Satuan Kerja Dinas Perindustrian Perdagangan Kalbar. Kunjungannya ke sejumlah industri kecil menengah dan pengrajin ini guna membina, mendata dan mendampingi kegiatan.

Soprianis seorang penyuluh senior di Dinas Koperasi.UKM.Perindag Ketapang mengatakan,Keberadaan TPL-IKM ( Tenaga Penyuluh Lapangan-Industri Kecil Menengah-red)Propinsi Kalbar ini dalam rangka meberikan pembinaan,pendataan dan mendampingi usaha kecil menengah yang ada di Ketapagng .Dengan harapan IKM ini dapat tumbuh dan berkembang lebih maju dalam usahanya.
Dikatakan Soprianis,ke empat tenaga TPL-IKM tersebut dalam membina dan mendata serta sebagai pendamping Industri kecil dan menengah saat ini mengunjungi produk pangan seperti Amplang,kerupuk ikan dan pembuatan terasi.Disamping itu berkunjung pula ke Industri kecil sandang dan kulit seperti kerajinan batik serta ke Kerajinan meubel kayu,pengrajin kecubung dan kulit kerang serta pandai besi.
Keberadaan ke empat TPL-IKM lulus dari pendidikan D3 dibidangnya untuk kemudian kontrak kerja selama dua tahun ke daerah masing masing tempat asal mereka.Kontrak kerja ini melalui anggaran Dinas Industri Perdagangan Propinsi Kalbar Sedangkan biaya kuliahnya ditanggung oleh pemerintah pusat."Kita beruntung Pemerintah Kabupaten Ketapang dapat terbantu selama dua tahun ini. setelah dua tahun kontrak kerja TPL-IKM ini habis,kita serahkan sepenuhnya ke Prindustrian Perdagangan Propinsi Kalbar dan bisa juga diusulkan menjadi asset atau TPL-IKM di DisKopUKMPerindustrian Perdagangan Kab Ketapang.Ujar Anis panggilan akrabnya.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007