home news guestbook contact
Sabtu, 07 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

SEPUTAR DITEMUKANNYA SITUS PURBAKALA

Pengirim : A. Rahman
Tanggal : 30 September 2010, 3:08 pm


HENRIKUS; LANGKAH AWAL PENGAMANAN LOKASI Menurut Bupati Ketapang Drs.Henrikus.M.Si, Dengan adanya situs purbakala di Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong Ketapang ini ,Pemerintah Kabupaten Ketapang melakukan langkah awal dengan mengamankan lokasi situs." Kita amankan dulu lokasi situs sambil menunggu pembebaan kawasan ". Katanya

Hal tersebut dikatakannya ketika meninjau Lokasi Situs di Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong Ketapang Kalbar yang tengah diteliti dan digali oleh Tim aerkologi dari Banjamasin Kamis,30/9/2010.
Menurut Bupati Henrikus, Pemerintah Kabupaten Ketapang tetap konsekuen dengan adat istiadat serta budaya yang ada di Ketapang ini.Mengingat Kabupaten Ketapang tak terlepas dari sejarah budaya masa lalunya yang gemilang.Oleh karena itu Pemerintah dan masyarakat harus mendukungnya semaksimal mungkin."Perlu dukungan masyarakat .terutama masyarakat di sekitar kawasan situs."
Kemudian menurutnya, Sebagai situs budaya yang nilainya sangat tinggi, masyarakatpun harus sama sama memiliki memelihara dan mengamankan situs.Terlebih situs yang ditemukan ini merupakan warisan budaya penginggalan sejarah kepurbakalaan .Tentulah nilainya patut kita banggakan dan memiliki nilai yang tak terhaga."Sebenarnya Ketapang kaya akan budaya dan adat istiadat tempo dulu" terangnya.
Sebagaimana di ketahui Situs yang tengah diteliti dan digali oleh tim peneliti dibantu masyarakat setempat di areal lebih kurang setengah Hektar. Persisnya berlokasi disamping makam pangeran Iranata bin Cakra.Dugaan sementara oleh Tim peneliti, susunan Batu Bata merah dan batu kali yang tampak itu sepertinya benda peninggalan berupa candi atau tempat pemujaan zaman Hindu atau Budha atau istana .P_enelityian dan penggalian terus berlanjut hinga sampai kepada kesimpulan nanti akan keberadaan situs cagar budaya tersebut.
aaseperti diketahui. .Kondisinya bangunan di kedalam satu meter yang masih diteliti dan digali, ada yang masih utuh dan juga ada yang telah rusak.Demikian juga gerabah yang ditemukan di lokasi situs ini umumnya berupa alat kelengkapan rumah tangga yang terbuat dari tanah seperti Guci,tempayan dan mangkok serta lain sebagainya.Lokasi situs tersebut juga berada di daerah sekitar pemukiman penduduk.
Peninjauan ke lokasi situs oleh Bupati juga didampingi beberapa orang Muspida dan juga dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pemuda dan olah raga Kab Ketapang.
Juga ikut dalam rombongan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang Ny. Riniwati Henrikus.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007