home news guestbook contact
Minggu, 18 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

KULIT KERANG KERAJINAN HIAS PERLU SUKUNGAN PIHAK TERKAIT

Pengirim : A. Rahman
Tanggal : 28 September 2010, 12:26 pm


Kulit kerang laut oleh banyak orang dianggap mubazir. Padahal bila dikelola dengan baik dan sungguh sungguh untuk dijadikan hiasan pada beberapa kerajinan maka akan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.Oleh karenanya dukungan berbagai pihak sangat diharapkan.

Seperti yang diusahakan oleh Ny.Ida Faridah ,Menurutnya,kulir kerang dan sejenisnya itu merupakan potensi yang sangat baik untuk dikembangkan guna menopang usaha kerajinan rumah tangga. kulit kerang dari berbagai pesisir pantai dan kepulauan Kabupaten Ketapang Kalbar yang didapat bisa menjadi hiasan menarik.Seperti "Bunga Telur" dan tempat sirih antar pinang pernikahan adat budaya Melayu setempat.Disamping itu dijadikannya pula hiasan lain berupa Tempat Tissu,Asbak Rokok, bingkai poto dan hiasan kaligrafi serta lain sebagainya termasuk hiasan lampu dinding yang menarik.
Sikatakannya ,Usaha kerajinan kulit kerang yang digelutinya hampir tiga tahun terakhir ini masih sebatas pemenuhan kebutuhan lokal Kalimantan Barat.Sedangkan untuk pasar luar daerah Kalimantan Barat masih sangat terbatas . baik dari segi kuantitas maupun kualitas produk yang dihasilkan . Kata Ida
Kemudian menurutnya, Melalui promosi daerah pun hasil kerajinan kulit kerang diantaranya sering ikut pameran pameran.Seperti di Jakarta,Yogyakarta dan Bali dibawah naungan Dinas Koperasi,UKM Perindag Kabupaten Ketapang,dan
ivent ivent yang digelar PKK daerah setempat.Demikian juga dirinya pernah diikutkan dalam pelatihan kerajinan kulit kerang di Pontianak beberapa waktu yang lalu oleh Dinas PerindagKop Prop Kalbar ."Kami tiga orang pernah diikutkan pelatihan kerajinan kulit kerang di Pontianak.Banyak ilmu pengetahuan dan praktek pengerjaan tentang kerajinan kulit kerang yang didapat " ungkapnya.
Demikian juga Kara Ida Sewaktu pameran yang dikelola pihak perkebunan kelapa sawit di Pekan Baru Kepulauan Riau,Produck kami diminati pihak Malaysia.Sehingga kulit kerang/kepah yang dijadikan "Bunga Telur" dan Tempat Sirih banyak dibeli mereka.Ujar Ida
Dikatakan salah seorang penduduk Warga Kelurahan Banjar Kecamatan Benua Kayong Ketapang Kalbar ini,Untuk memenuhi jumlah dan kualitass yang baik bagi permintaan pasar lokal dan luar daerah diperlukan modal yang cukup tinggi."Kita perlu modal usaha seperti peralatan yang memadai.Antara lain mesin bor,dan pemotong serta peralatan finishing akhir pengerjaan.Sehingga hasilnya lebih bagus" Harap nya.
Disamping untuk memenuhi penghasilan keluarga, usaha ini sekaligus dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak .Terutama ibu ibu yang berada disekitar tempatnya yang kurang mampu."Untuk sementara ini masih merekrut tenaga tenaga terampil sekitarnya.Tak mustahil jika usaha kerajinan kulit kerang ini berhasil akan diikutkan beberapa orang sebagai tenaga kerja.Terutama bagi ibu ibu rumah tangga yang kurang mampu."Mudah mudahan saja harapan saya ini dapat diperhatikan dinas instansi terkait sebagaimana visi dan misi Bupati wakil Bupati terpilih yang antara lain konsekuen menumbuh kembangkan industri kerajinan kecil rumah tangga seperti kerajunan kulit kerang ini.." Harap Ida panggilan akrabnya.



 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007