home news guestbook contact
Senin, 20 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

SEPUTAR MTQ KE 23 PROP KALBAR DI NGABANG

Pengirim : A. Rahman
Tanggal : 12 May 2010, 2:00 pm


AMPLANG DAN AKSESORIS PENGANTIN MELAYU BANYAK DIMINATI

Kafilah Kabupaten Ketapang pada MTQ ke 23 Tingkat Propinsi Kalbar di Ngabang ibu kota Kabupaten Landak juga mengikutkan pameran .
Materi yang disajikan PKK Kab Ketapang tidak hanya terbatas kepada kerajinan kerajinan tradisional akan tetapi juga menampilkan sejarah budaya dan perkembangan Islam di Kabupayen Ketapang
" Pada MTQ ini kita menampilkan berbagai produk rumah tangga dan home industry serta sedikit tentang sejarah dan perkembangan islam Ketapang " Lata Rusini Bambang Wahyuhadi
Dikatakannya,Sejak hari pertama pembukaan MTQ, Stand Kabupaten Ketapang banyak dikunjungi pengunjung. Termasuk Gubernur Kalbar dan Ibu beserta rombongan.
Ramainya pengunjung tersebur mengingat penampilan stand bergaya arsitektur Islam dipadu dengan budaya daerah tanah Kayong ternyata mengundang pengunjung untuk masuk dan melihat lebih dekat akan materi yang disajikan.'" Kita ada amplang yang rasanya cenderung lebih nyaman dan murah dari Kabupaten lain,Berbagai rasa amplang dan kerupuk serta jenurai khas Ketapang sengaja ditampilkan .
Ditambahkan Zulia A.Rahman , Disamping menampilkan produk produk makanan dan minuman,Stand Kabupaten Ketapang juga menampilkan kerajinan berupa pernak pernik hantaran pernikahan dan meminang adat melayu Ketapang seperti peminangan antik,kerajinan kulit kepah yang dimodifikasi dan dikreasi sedemikian rupa menunjang tempat sirih pinang serta Bunga Telor sehingga mengundang banyak perhatian pengunjung." Banyak juga yang membeli Kulit kepah tempat sirih pinang dan Bunga telor " Pokoknya makanan dan minuman serta kerajinan rumah tangga ini banyak dibeli pengunjunng.Namun sayang jumlahnya sangat terbatas. Ujar Zulia.
Sebagai Kabupaten yang kerajaan Tanjung puranya jauh lebih tua di Kalbar ini berikut penyebaran Islamnya, Stand kab Ketapang turut menampilkan Tulisan masuknya Islam di Kerajaan Matan.Seperti Pangeran Iranata Bin Cakra hingga di Desa Negeri Baru,Sultan Muhammad Zainuddin di Tanjung Pura serta Matan di masa Panembahan Gst Muhammad Saunan . Foto-foto Makam Iranata dan Makam kerajaan Tanjungpura serta Keraton di Kelurahan Mulia Kerta turut ditampilkan .Maksudnya agar Generasi muda sekarang tau akan perkembangan sejarah Islam dan penyebarannya di xaman kerajaan kerajaan masa lampau. Terang Zulia yang juga pengurus PKK Kab Ketapang ini.
Hingga berita ini diturunkan Kafilah Kab Ketapang pada MTQ di Ngabang baru mendapatkan Final di cabang Tilawah dan Hifzil Quran golongan 5 Zus atas nama Akhsanul Karim.Sedangkan cabang Fahmil belum berhasil ke final. Adapun untuk cabang cabang lainnya masih ada yang dipertandingkan sambil menunggu pengumuman panitia.
Mohon doa restu masyarakat kab. ketapang

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007