home news guestbook contact
Minggu, 19 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Program Desa Bersinar di Launching di Desa Sukamaju,. Kecamatan Muara Pawan

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 23 December 2019, 10:26 pm


PROGRAM Desa Bersinar kembali dilaunching Bupati Ketapang di Desa Sukamaju, Kecamatan Muara Pawan, Senin (23 Desember 2019) malam. Dalam launching program Desa Bersinar yang ketiga kalinya pada tahun 2019, kali ini Bupati ketapang Martin Rantan SH, M.Sos didampingi Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Soeprapto S, Ketua DPRD ketapang, m.Febriadi S.Sos, M.Si, Dandim 1203 Ketapang, Sekretaris Daerah Kab.Ketapang. H.Farhan SE, M.Si, Wakapolres Ketapang, Asisten III Setda Kertapang, Drs Heronimus Tanam ME, Camat Muara Pawan, Maiser SE, dan Pj Kades Sukamaju, Zainudin A.Md.




Setelah di desa Tebing Berseri Kecamatan Jelai Hulu dan Desa Botong Kecamatan Simpang Hulu, kembali Program Desa Bersinar i dilaunching Bupati Ketapang, Martin Rantan di Desa Sukamaju, Kecamatan Muara Pawan, Senin (23 Desember 2019) malam. Rencananya, setelah launching yang ketiga kalinya , program ini direncanakan Bupati Ketapang bakal dilanching di Desa Penjawaan, Kecamatan Sandai, dan Desa Danau Buntar, Kecamatan Kendawangan.
Launching program Desa Bersinar di Desa Sukamaju Kecamatan Muara Pawan dilaksanakan bersama Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Soeprapto S, Ketua DPRD Ketapang, M.Febriadi S.Sos, M.Si, Dandim 1203 Ketapang, Sekretaris Daerah Kab.Ketapang. H.Farhan SE, M.Si, Wakapolres Ketapang, Asisten III Setda Ketapang, Drs Heronimus Tanam ME, Camat Muara Pawan, Uti Maiser SE, dan Pj Kades Sukamaju, Zainudin A.Md.
Kehadiran Bupati Ketapang didampingi Wakil Bupati Ketapang serta Forkopimda dan para pejabat Ketapang, disambut antusias warga. Sambutan gendang tar dan dilanjutkan dengan penampilan Jeping menambah semarak malam launching desa bersinar. Launching desa bersinar ini juga dihadiri para camat dari Benua Kayong, Delta Pawan dan Matan Hilir Utara.
Pj Kepala Desa Sukamaju, Zainudin A.Md mengucapkan selamat datang kepada rombongan Bupati Ketapang di desa Sukamaju. Ia melaporkan keberadaan Desa Sukamaju merupakan hasil pemekaran dari desa Sungai Awan Kanan. Berdasarkan Keputusan Bupati ketapang nomor 28 tahun 2005, diketahui luasnya adalah 4.708 hektar. Dan jumlah penduduk saat ini adalah 2.992 jiwa. Berdasarkan data, saat ini status Desa Sukamaju adalah desa berkembang. Dalam mendukung keuangan desa, saat ini sudah ada satu usaha yaitu pengelolaan pasar dan perparkiran. Usaha ini baru berjalan sekitar enam bulan, sudah bisa menghasilkan pendapatan desa. Disebutkan, Jika ada rencana revitalisasi pasar sesuai perizinan, maka pihak desa siap dengan segala persyaratannya. “Mudah-mudahan pada tahun 2020 ini, Desa Sukamaju bisa berubah status menjadi Desa Maju, mudah mudahan program pamsimas tidak bergeser, sebab melalui program ini pihak desa akan mengolah sumber air bersih, sumber air bersih sudah siap damn sudah diuji laboratorium oleh Lingkungan Hidup dan hasilnya mendukung, untuk mengolah sumber air bersih ini, kita masih menunggu rekomendasi hasil uji dari Dinas Kesehatan,” tegas Zainudin, Pj Kades Sukamaju.
Selanjutnya, Camat Muara Pawan, Uti Maiser SE menerangkan keberadaan Desa bersinar ini tujuannya adalah menjadikan masyarakat dapat diterangi sehingga aman dan tertib. Ia bersyukur, Desa Sukamaju menjadi salah satu desa yang dilaunching desa bersinar dengandibiayai APBD melalui Dinas Perhubungan. Selain itu, Camat juga menyampaikan visi dan misi Bupati Ketapang. Mewaklili masyarakat, ia mengucapkan terima kasih dimana, salah satu misi Bupati dan wakil Bupati ketapang adalah meningkatkan infrastruktur daerah. Dilaporkan Camat Delta Pawan, adanya pembangunan jalan Sungai Awan Kiri ke Tanjungpura, dan Tanjungpura ke Ulak Medang, yang biasanya dijalani selama 3 jam.Pada saat musim kemarau, sudah ditempuh selama 1 jam 20 menit.
“Disampaikan bahwa desa di bantaran sunga Pawan, saat ni mengalami banjir, yaitu Jalan di areal Mensubuk terdapat genangan sekitar 40 meterm dan selanjutnya dari tanjungpura ke Ulak Medang sekitar 1,8 KM dengan ketinggian air sekitar 1 meter, mudah-mudahan jalan ini kedepan bisa dilanjutkan pembangunannya,” ucap Camat Muara Pawan seraya berharap dengan infrastruktur dapat meningkatkan perekonomian masyarakat..
Ia mengingatkan ini merupakan sebuah cobaan. Karena itu,a danya sebuah cobaan tentunya, kita harus bersabar. Demikian juga dengan di Tanjungpasar air di Jalan setinggi 1,2 meter , dan di rumah penduduk sekitar 30 cm. Ini adalah cobaan dari Allah. Karena itu, kita jangan banyak mengeluh, tetapi, kita harus tetap berusaha dan bersabar.
Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos menjelaskan adanya launching ini adalah contoh saja. Harapannya dengan adanya desa bersinar ini, maka kades yang lain bisa melakukan hal yang sama. Diterangkan Bupati Ketapang, satu unit lampu tersebut, sekitar Rp 25 juta. Tentunya untuk penerangan seperti itu, masyarakat tidak mampu membelinya. Tetapi guna penerangi ditenmpat-tempat yang ramai, maka dapat dialokasikan pembeliannya di APBdes. Karena itu, diingatkan, jangan sampai baru satu minggu di pasang sudah diambil masyarakat. Disinilah, kita saling menjaga supaya manfaatnya bisa dirasakan bersama.”Mengapa, Pemda Ketapang lebih cenderung pilih solar Cell, berdasarkan energi yang terbarukan, karena tidak semua desa yang dimasuki PLN,” tegas Martin Rantan.
Ia menyebutkan kalau desa Sukamaju mungkin dekat dengan pusat Zkota Ketapang. Tetapi, bagaimana dengan desa seperti Beringin Rayo, Air Merah, Air Hitam besar, yang sulit untuk dijangkau PLN. Begitu juga dengan pelayanan PLN yangs ering dirasakan padam. Maka penerangan melalui solar cell merupakan salah satu solusi menerangi desa yang kadang-kadang mengalami kegelapan.
“Kita ketahui bersama, sekarang masuk musim penghuja, dengana danya perubahan cuaca waspadai timbulnya penyakit, saya pesan agar dapat jaga kesehatan di tempat tinggal kita. Selain itu,berdoa kepada Tuhan agar kita selalu diberikan kesehatan,” ucap Bupati Ketapang.
Bupati Ketapang menceritakan belum lama ini, ia mengubnjungi Desa Maraban di Kecamatan Simpang Hulu. Selanjutnya menuju Pontianak, Jakarta dan Bandung. Ketika dalam perjalanan dari Simpang Hulu ke Pontianak. Mereka melewati Desa Pancaroba, Kabupaten Kubu Raya. Ketika itu, banjir sepanjang 4 kilometer dengan kedalaman air di rumah warga mencapai 1 meter. Karena itu, jika sepanjang bantaran Sungai Pawan banjir, maka ini merupakan sebuah musibah. Tentunya banjir tidak bisa kita elakkan. Jika musim hujan kebanjiran dan musim kemarau muncul kebakaran lahan, memang kita harus banyak bersabar. Jika banjir, tidak dapat kita elakkan, karena tidak ada yang bisa menahan air turun dari langit.
Bupati Ketapang menyebutkan, Desa Sukamaju bukanlah hal yang asing baginya. Ia mengenal banyak orang di desa tersebut, salah satunya Uti Hamidin. Bupati Ketapang menyebutkan, iamasih ingat ketika ia masuk ke Desa Sukamaju, saat ini masih banyak jalan yang bolong-bolong. Namun saat ini sudah cukup baik. Lebih lanjut disampaikannya, mereka yang datang dari Ketapang ke Desa maju dalam lanching Desa Bersinar sebanyak 95 persen adalah para pejabat. Artinya, kedatangan mereka benar-benar untuk membangun. Disebutkan Bupati Ketapang, mulai APBD TA 2020, nantinya akan dialokasikan untuk perkotaan. Sehingga pembangunan Kota Ketapang dan sekitarnya akan mulai dibnenahi, misalnya jalan yang dilebarkan di Ketapang pada tahun 2017, maka pada 2020 akan dihotmix.
Selanjutnya, Bupati Ketapang didampingi Forkopimda menekan sirine menandakan launching desa bersinar dilakukan di Desa Sukamaju. Usai melanching Desa bersinar, Bupati Ketapang memberikan kuis kepada masyarakat dan memberikan door prize yang berhasil menjawab pertanyaan. Pertanyaan yang disampaikan, diantaranya, dari Bupati Ketapang, Wakil Bupati ketapang, ketua DPRD Ketapang maupun Dandim 1203 Ketapang.@


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007