home news guestbook contact
Selasa, 10 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Ramah Tamah Komandan Lantamal XII Dengan Forkopimda Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 28 November 2019, 11:41 pm


SEJAK dilantik pada September 2019 sebagai Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksma TNI Agus Hariadi melakukan kunjungan kerja yang pertama kalinya ke Ketapang. Setelah dijemput oleh Bupati dan Forkopimda di Bandara Supadio, selanjutnya Komandan Lantamal XII melakukan peninjauan Posmat Pesaguan dan Sungai Tengar, serta meninjau lokasi Pembangunan Lanal di Kendawangan.


Mantan Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada III Sorong ini selanjutnya ramah tamah bersama Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.sos dan Forkopimda di Rumah jabatan Bupati Ketapang, Kamis (28 Nopember 2019) malam. Ramah tamah yang dihadiri Forkopimda Ketapang, Kepala OPD dan tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain lain ini berlangsung penuh keakraban.
Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.sos mengucapkan selamat datang di Kabupaten Ketapang kepada Komandan Lantamal XII bersama istri dan jajarannya. Bupati Ketapang berharap kehadiran Danlantamal XII Pontianak beserta rombongan dapat membawa kesan tersendiri untuk di Kabupaten Ketapang. Bupati Ketapang menyambut baik rencana pembangunan Lanal di Ketapang. Dengan keberadaan Lanal di Ketapang, maka dapat meningkatkan pengamanan laut. Apalagi diketahui, Kabupaten Ketapang cukup berkembang, salah satunya ditandai dengan adanya proyek strategis nasional di Ketapang. Tak hanya pentingnya lanal, Bupati Ketapang menyebutkan adanya rencana pembangunan Bandara. Dimana, keberadaan bandara u, selain juga mendukung program strategis nasional. karena itu, jika dapat diwujudkan, maka keberadaan bandara juga dapat dimanfaatkan dalam mendukung penerbangan militer. Karena itu, Bupati Ketapang memaparkan wacana yang sudah pernah dirintis antara Pemerintah Kabupaten Ketapang selama ini, termasuk saling sinergis semua komponen untuk mewujudkannya.
Bupati Ketapang juga Melaporkan luasnya wilayah Ketapang. Dimana luas Ketapang lebih kurang propinsi Jawa Barat dan Banten. Panjang bibir pantai di Ketapang diketahui lebih dari 400 km. Mulai dari Sidik perbatasan Kabupaten Kayong Utara sampai ke Sungai Jelai, perbatasan Kalteng. Kabupaten Ketapang dengan jumlah penduduk lebih dari 575 ribu jiwa selama ini dikenal cukup kondusif. Harapan Bupati Ketapang, kondisi Ketapang yang kondusif ini terus terpelihara dan semua pihak saling sinergis dalam mempercepat pembangunan Ketapang menuju masyarakat yang sejahtera.
Sementara itu, Komandan Lamtamal XII Pontianak, Laksma Agus Hariadi menceritakan bagaimana dirinya bertugas lebih banyak di laut. Selama bertugas melayari dari Sabang sampai Merauke, disadari sangat banyak kekayaan laut Indonesia. Sejak bertugas sebagai Komandan Lamtamal XII, ia menyebutkan bahwa Kabupaten Ketapang yang pertama kali dikunjungi. Salah satunya adalah melihat secara langsung lokasi Lanal yang akan diresmikan di Ketapang. Lantamal XII merupakan satu satunya Lantamal yang belum memiliki Lanal. Jika Lanal Ketapang nanti sudah diresmikan, maka Lanal Ketapang merupakan yang pertama. Rencana selanjutnya adalah pembangunan Lanal Sambas. Pembangunan Lanal ini adalah dalam rangka pengamanan laut. Sebab, dalam beberapa tahu terakhir, untuk di wilayah laut Natuna Utara diketahui banyak kapal perang asing melintas. Selain itu, sumber daya alam juga sangat besar, dimana lak lintas angkutan dalam mengangkut potensi alam tersebut umumnya menggunakan transportasi laut. Karena itu, Komandan Lantamal XII menceritakan latar belakang pembangunan.Lanal Ketapang sendiri rencananya terdiri dari pembangunan Mako Lanal Ketapang dengan luas 444,94 meter persegi, pekerjaan rumah jaga seluas 147,50 meter persegi, pekerjaan pagar depan sepanjang 174,50 meter, pekerjaan jalan beton sepanjang 470,30 meter, pekerjaan saluran sepanjang 208,80 meter, pekerjaan gapura dan pos jaga sebanyak 1 unit, pekerjaan lapangan apel atau taman seluas 5.698 meter persegi, pekerjaan tiang bendera khas TNI AL sebanyak 1 Unit dan pekerjaan GWT 3000x3000x2000 sebanyak 1 unit. Pangkalan TNI Angkatan Laut Ketapang sendiri nantinya akan berada dibawah jajaran Lantamal XII Pontianak.
Karena itulah, selain memastikan lanal Ketapang diresmikan, maka Komandan Lantamal XII juga memperkenalkan jajarannya, termasuk perwira yang mengurusi lanal Ketapang. komandan Lantamal XII mohon dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat Ketapang. Termasuk. Jika jajarannya salah dalam bertindak, ia mengingatkan agar ditegur, bila perlu pimpinan daerah dapat melakukan kontak kepada dirinya jika jajarannya melakukan kesalahan-kesalahan. Usai menyampaikan sambutannya, Komandan Lantamal XII Ketapang saling tukar cenderamata dengan Bupati Ketapang dan dilanjutkan foto bersama.@ *

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007