home news guestbook contact
Selasa, 10 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Rapat Koordinasi Optimalisasi Peningkatan Penerimaan Pajak Sarang Burung Walet

Pengirim : Eme
Tanggal : 28 November 2019, 11:49 am


WAKIL BUPATI KETAPANG, DRS. H. SUPRAPTO. S Secara Resmi Membuka Rapat Koordinasi Optimalisasi Peningkatan Penerimaan Pajak Sarang Burung Walet Kabupaten Ketapang Tahun 2019, Pagi Ini (Kamis, 28 November 2019) Bertempat Di Aula Bapenda Kabupaten Ketapang.

Berikut Isi Sambutan Wakil Bupati :

ASSALAMU 'ALAIKUM WARAHMATULLAHHIWABARAKATUH
SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA.

YTH. SAUDARA KEPALA KEJAKSAAN NEGERI KETAPANG;
YTH. SDR. SEKRETARIS DAERAH, STAF AHLI BUPATI, DAN PARA ASISTEN SETDA KABUPATEN KETAPANG; YTH. PARA KEPALA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN KETAPANG.
YTH. SDR. PIMPINAN PERBANKAN KABUPATEN KETAPANG;
YTH, SDR. PARA CAMAT, KEPALA DESA DAN LURAH PARA WAJIB PAJAK DAN PARA UNDANGAN SEKALIAN YANG BERBAHAGIA.

Mengawali Sambutan Ini, Perkenankan Saya Mengajak Kita Semua, Untuk Senantiasa Memanjatkan Puji Dan Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Karena Atas Limpahan Rahmat Dan Hidayah-Nya Kepada Kita Semua, Sehingga Pada Hari Ini Kita Dapat Hadir Pada Acara "Rapat Koordinasi Optimalisasi Peningkatan Penerimaan Pajak Sarang Burung Walet Kabupaten Ketapang Tahun 2019".

Hadirin Yang Berbahagia,
Burung Walet Adalah Sesuatu Jenis Burung Layang-Layang Yang Termasuk Marga Collocalia, Yaitu Collocalia Fuchiphaga, Collocalia Maxima, Collocalia Esculenta Dan Collocalia Linchi Yang Tidak Dilindungi Habitatnya.
Populasi Burung Walet Di Kabupaten Ketapang Sangat Besar Dan Tersebar Di Kecamatan Dan Desa. Lokasi Sarang Burung Walet Berada Di Habitat Alami, Dan Diluar Habitat Alami. Habitat Alami Meliputi Kawasan Hutan Negara Dan Kawasan Konservasi Serta Goa Alam Dan Atau Kawasan Kota Yang Tidak Dibebani Hak Untuk Perorangan Dan Atau Adat. Sedangkan Diluar Habitat Alami Meliputi Bangunan Sejenis Rumah Dan Bangunan Lain Yang Dipergunakan Untuk Usaha Pengelolaan Dan Atau Budidaya Burung Walet.

Usaha Pelolaan Dan Atau Budidaya Burung Walet Diluar Habitat Alami Berkembang Sangat Banyak Dan Lebh Dari 5.278 Rumah Walet Yang Tersebar Di Kecamatan Dan Desa.
Budidaya Burung Walet Disamping Membawa Dampak Yang Positif, Khususnya Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat, Pengelolaan Dan Pengusahaan Sarang Burung Walet Jika Tidak Ditangani Dengan Baik Dapat Menimbulkan Dampak Terhadap Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup Dan Ketertiban Masyarakat.

Hadirin Yang Terhormat
Dalam Rangka Menata, Mengatur, Mfnertibkan, Mengawasi Dan Memantau Kegiatan Pengelolaan Dan Pengusahaan Sarang Burung Walet Serta Menajaga Kelestarian Habitat Dan Populasi Burung Walet Dimintakan Perhatian Saudara Akan Hal-Hal Sebagai Berikut :
1. Setiap Orang Pribadi Dan Atau Usaha Yang Melakukan Kegiatan Pengelolaan Dan Pengusahaan Sarang Burung Walet Baik Yang Ada Di Habitat Alami Dan Diluar Habitat Alami Harus Mempunyai Izin Sesuai Peraturan Dan Ketentuan Yang Berlaku.
2. Setiap Bangunan Walet Harus Memiliki Izin Mendirikan Bangunan (Imb), Dan Dalam Rangka Penataan Dan Penertiban Khusus Bangunan Walet Yang Sudah Berdiri Akan Dilakukan Pemutihan Perizinan Imb.
3. Pemegang Izin Usaha Pengelolaan Dan Pengusahaan Sarang Burung Walet Diwajibkan:
A. Menjaga Ketertiban, Keamanan, Kebersihan Dan Kesehatan Serta Keindahan Dilingkungan Tempat Usahanya;
B. Mencegah Terjadinya Kerusakan Atau Pencemaran Lingkungan;
C. Mentaati Semua Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku Lainnya Berkaitan Dengan Pengelolaan Dan Pengusahaan Sarang Burung Walet;
4. Pemegang Izin Usaha Pengelolaan Dan Pengusahaan Sarang Burung Walet Dilarang Mengelola Dan Mengusahakan Sarang Burung Walet Di Sekitar Lokasi Atau Tempat Peribadatan, Perkantoran Pemerintah, Sarana Pendidikan, Rumah Sakit, Klinik Kesehatan, Dan Fasilitas Umum Lainnya;
5. Melaksanakan Pendataan Wajib Pajak Sarang Burung Walet;
6. Meningkatkan Peran Camat, Kepala Desa Dan Lurah Dalam Rangka Pendataan Pajak Daerah, Termasuk Pajak Sarang Burung Walet;
7. Memberikan Peringatan, Sanksi Sesuai Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku.

Hadirin Yang Berbahagia,
Sebelum Saya Mengakhiri Sambutan Ini, Saya Atas Nama Pemerintah Kabupaten Ketapang Sekali Lagi Mengucapkan Terima Kasih Dan Penghargaan Yang Setinggi-Tingginya Kepada Para Narasumber, Para Wajib Pajak Yang Telah Patuh Dan Taat Membayar Pajak Serta Seluruh Pihak Yang Telah Berpartisipasi Dalam Peningkatan Penerimaan Pendapatan Daerah Kabupaten Ketapang.

Hadirin Yang Berbahagia,
Mengingat Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pada Hari Ini Merupakan Agenda Yang Sangat Penting Dan Sebagai Salah Satu Tolak Ukur Kita Bersama Untuk Mengetahui Capaian Realisasi Penerimaan Pendapatan Daerah Yang Ditargetkan Dalam Apbd Kabupaten Ketapang, Maka Saya Berharap Kepada Para Peserta Rapat Koordinasi Dapat Mengikuti Rapat Koordinasi Pada Hari Ini, Dan Diharapkan Dapat Menghasilkan Rumusan Dan Rekomendasi Yang Baik Dalam Rangka Optimalisasi Peningkatan Penerimaan Pajak Sarang Burung Walet. Akhirnya Dengan Senantiasa Memohon Do'a Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Pada Hari Ini Kamis, Tanggal 28 November 2019, Rapat Koordinasi Optimalisasi Peningkatan Penerimaan Pajak Sarang Burung Walet Kabupaten Ketapang Tahun 2019 Secara Resmi Saya Nyatakan Dibuka.

Semoga Tuhan Senantiasa Memberikan Rahmat Dan Meridhoi Setiap Tugas Dan Pekerjaan Kita. Aamiin.

Terima Kasih Atas Perhatiannya,
Selamat Pagi Dan Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarkatuh.

Ketapang, 28 November 2019
Wakil Bupati Ketapang,

Drs. H. Suprapto. S

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007