home news guestbook contact
Selasa, 10 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Penyerahan DIPA TA 2020 di KPPN Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 27 November 2019, 10:15 pm


Bupati Ketapang menghadiri acara Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2020 kepada Satker Pengelola Dana APBN lingkup KPPN Ketapang dan penandatanganan pakta integritas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung KPPN Ketapang. .....dokumentasi foto. Heri Priyoko

Berikut Sambutan yang disampaikan Bupati Ketapang:


Sambutan Bupati Ketapang
Pada Acara Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2020 kepada Satker Pengelola Dana APBN lingkup KPPN Ketapang dan penandatanganan pakta integritas

Assalamualaikum warahmatullahi waearakatuh selamat pagi dan saiam sejahtera bagi kita semua
om swastiastu
namo buddhaya
salam kebajikan
adil ka' talino bacuramin ka' saruga basengat ka' jubata

yth. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat
Yth. Kepala Kantor Pelayanan
perbendaharaan Negara Ketapang
Yth. para kuasa pengguna anggaran satuan kerja pengelola dana APBN

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat tuhan yang maha esa, yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga kita masih diberikan kesehatan serta kesempatan untuk menghadiri acara "penyerahan dipa tahun anggaran 2020 dan penandatanganan pakta integritas bagi satuan kerja pengelola dana apbn lingkup kabupaten ketapang" di KPPN Ketapang.
hadirin yang berbahagia,
undang undang nomor 12 tahun 2018 tentang APBN tahun 2019 telah ditetapkan, setelah melalui rangkaian proses perencanaan, penganggaran, dan pembahasan, baik internal pemerintah maupun pemerintah dengan DPR. selanjutnya, siklus pengelolaan APBN tahun anggaran 2020 berlanjut ke tahap pelaksanaan, yang dimulai dengan penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA).
APBNtahun 2020 mengambil tema "APBN untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia"." berdasarkan tema tersebut, pemerintah akan menempuh tugas strategi makrofiskal, yaitu mobilisasi pendapatan untuk pelebaran ruang fiskal, kebijakan spending better untuk efisiensi belanja dan meningkatkan belanja modal pembentuk asset, serta mengembangkan pembiayaan yang kreatif serta mitigasi risiko untuk mengendalikan liabilitas.
hadirin yang saya hormati,
pada hari selasa tanggal 19 november 2019 lalu, Gubernur Kalimantan Barat, bmBpk H. Sutarmidji, SH, M.Humtelah menyerahkan dipa tahun anggaran 2020 secara simbolis kepada 20 kuasa pengguna anggaran terpilih. dalam kesempatan tersebut bapak gubernur juga menyampaikan bahwa sesuai dengan amanat presiden jokowi alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2020 untuk Kalimantan Barat harus diperuntukan untuk menuniang 5 program prioritas presiden yakni pertama mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM) tentang kesehatan dan pendidikan, kedua mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga penyederhanaan regulasi, keempat reformasi birokrasi dan kelima yaitu transformasi ekonomi.
alokasi apbn tahun 2020 yang diterima oleh instansi vertikal di ketapang melalui dipa tahun 2020 sebesar rp 291,90 miliar dan alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa ke pemerintah Kabupaten Ketapang tahun 2020 sebesar Rp 1,94 triliun. dengan alokasi dana yang diterima di ketapang tahun depan, saya berharap dapat menjadikan stimulus bagi peningkatan pembangunan di Kabupaten Ketapang secara menyeluruh dan mendorong pertumbuhan Ekonomi serta dapat dirasakan manfaatnya oleh Seluruh masyarakat Ketapang agar masyarakat Ketapang menjadi sejahtera. hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Ketapang yaitu "Kabupaten Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera".
dan sesuai dengan pesan bapak Presiden, bahwa anggaran baik DIPA maupun TKDD khususnya dana desa, harus dipastikan sampai kepada penerima manfaat, tidak hanya terkirim (sent) namun juga sampai kepada penerima manfaat (delivered). jadi setelah DIPA diterima, maka segera lakukan proses lelang di tahun ini sehingga pada awal tahun yang baru nanti langsung dapat dieksekusi dan membawa manfaat bagi masyarakat Ketapang.

Bapak/ibu yang saya hormati,
perlu saya sampaikan bahwa dalam pelaksanaan anggaran tahun 2020, presiden Joko Widodo Menekankan beberapa poin penting, yaitu:
1. Agar mempersiapkan dengan baik program-program untuk 2019 sehingga dapat berjalan
efektif sejak di awal Januari 2019. artinya persiapan Lelang harus dilakukan lebih awal.
2. Penggunaan anggaran harus berfokus pada
dampak nyata yang dapat dirasakan, bukan sekadar
apa yang dikerjakan. alokasi anggaran harus betul-betul dominan untuk kegiatan utama, bukan habis untuk kegiatan-kegiatan pendukung seperti rapat, perjalanan dinas, dan honorarium.
3. Agar berhati-hati dan senantiasa melakukan pengawasan berkala mengenai penggunaan anggaran. jangan sampai ada anggaran yang disalahgunakan sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat. Jangan ada yang bermain-main lagi dengan Korupsi. jangan ada penyalahgunaan anggaran, pemborosan, mark up, dan perbuatan menyimpang lainnya. akhir kata, saya ucapkan selamat kepada para kuasa pengguna anggaran yang menerima dipa pada hari ini. kiranya sinergi dapat kita tingkatkan baik antara instansi vertikal Kementerian/lembaga, KPPN Ketapang dan pemerintah Kabupaten Ketapang. demikianlah yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. semoga Tuhan yang mahaesa senantiasa membimbing dan memberkati upaya-upaya kita secara bersama-sama untuk membangun indonesia maju. selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua


Ketapang, 27 November 2019
Bupati Ketapang

Martin Rantan, SH., M.Sos

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007