home news guestbook contact
Rabu, 22 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Gerak Jalan Sehat Menyemarakkan HUT PGRI Kabupaten Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 17 November 2019, 11:28 pm


Memperingati Hari PGRI ke 74 tahun 2019, Pengurus Kabupaten PGRI Ketapang menggelar Gerak Jalan sehat. Kegiatan tersebut dibuka Bupati ketapang diwakili Edi Junaidi S.Sos di halaman Kantor Bupati ketapang, Minggu (17 November 2019).....(Fhoto. Korlap Protokol ...Hermawansyah SE)

Berikut Sambutan Bupati Ketapang, yang disampaikan Edi Junaidi S.Sos, Staf Ahli Bupati Ketapang, Mewakili Bupati Ketapang.



SAMBUTAN BUPATI KETAPANG
PADA GERAK JALAN SEHAT DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PGRI KE 74
TINGKAT KABUPATEN KETAPANG 17 NOVEMBER 2019


Assalamu"alaikum wr. Wb, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang kami hormati:
Yth. Sdr. Porkopimda Kabupaten Ketapang
Yth. Sdr. Kepala Dinas Kabupaten Ketapang
Yth. Sdr. Kepala Kementerian Kabupaten Ketapang
Yth. Sdr. Ketua PK PGRI Ketapang
Yth. Sdr. Kepala Sekolah PAUD, SD/MI, SMPNITs. dan SMA/MA/SMK se-Kabupaten Ketapang
Yth. Sdri. Ketua Panitia
Yth. Para Bapak/Ibu Guru anggota PGRI undangan serta hadirin yang berbahagia.

Segala puji bagi Allah SWT, berkat rahmat –Nya, kita berkumpul di halaman Kantor Bupati dalam rangka menghadiri acara "Gerak Jalan Sehat Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74" yang diselenggarakan PGRI Kabupaten Ketapang. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan buat junjungan Nabi besar Muhammad SAW kepada keluarga beserta Para sahabatnya. Dengan ucapan "Allahhumma shalli "ala muhammad, wa"ala ali muhammad". Semoga dengan selalu bershalawat, kita mendapatkan syafaat darinya di hari akhir. Aamiin ya rabbal 'alamiin.

Hadirin yang berbahagia
Atas nama pribadi. keluarga dan Pemerintah Kabupaten Ketapang, kami mengucapkan terirnakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PK PGR1 Ketapang yang telah menyelenggarakan acara gerak jalan sehat memperingati HUT PGRI ke-74 di Kabupaten Ketapang dengan mengusung tema "Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan SDM Indonesia Maju". Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan formal memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan oiah raga. Guru sering dianalogikan sebagai "gula", orangtua diibaratkan “kopi" dan siswa sebagai "rasa".
Ada tiga gambaran yang dapat dijelaskan dari ungkapan tersebut. Pertama, jika rasa kopi terlalu pahit, maka yang disalahkan adalah gula karena gulanya terlalu sedikit. Jika adanya rasa kopi terlalu manis, gula juga yang disalahkan karena maka terlalu banyak. Dan ketiga, takaran kopi dan kadarnya Pas, yang dipuji adalah kopi dan rasanya yang rnantap. Gula keberadaannya dianggap sebagai pelengkap, dan ada hal tersebut menunjukkan posisi guru dalam sistem Pendidikan Guru dibutuhkan dan memiliki posisi yang sangat strategis.Jika ada yang kurang, maka sang pelengkap yang disalahkan. Jika siswa nakal atau prestasinya turun, maka gurulah yang disalahkan, tetap kalau siswa berprestasi, maka orang tuanyalah yang mendapatkan nama. Berdasarkan uraian tersebut, maka antara gula. kopi da rasa pada dasarnya saling melengkapi. Tidak ada yang merasa dirinya paling penting.

Hadirin yang berbahagia
Profesi guru adalah mulia dan terhormat. Menjadi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan den panggilan jiwa, panggilan hidup. untuk mengabdi secara tulus demi kemajuan anak bangsa. Untuk itu, momentum hari nasional tahun 2019 ini, hendaknya dapat dijadikan refleksi, tentang peran strategis guru, profesionalisme guru, apresiasi kepada guru, serta beragam kebijakan yang bermuara pada upaya mengembalikan kemuliaan dan martabat guru, serta tentunya kesejahteraan para pendidik bangsa.

Pada tahun anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten Ketapang telah menambah penghasil Tenaga Kontrak Daerah termasuk Kontrak Daerah didalamnya. Saat ini pun rnelalui Dinas Pendidikan atas perintah Bupati Ketapang telah melakukan pendataan untuk honorer yang dibiaya BOS untuk dibuatkan SK Bupati sebagai persyaratan pembuatan Kartu Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan syarat mengikuti PPG Dengan adanya langkah tersebut diharapkan tenaga pendidik untuk lebih berinovasi dan tennotivasi dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar.
Atas nama Pemeritah Kabupaten Ketapang, mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada semua asosiasi profesi dan organisasi guru yang telah menjadi mitra pemerintah dalam memajukan pendidikan nasional, khususnya memajukan guru di Kabupaten Ketapang Kota Kayong Tanah Bertuah yang sama-sama kita cintai ini.

Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini, akhirnya dengan mengucapkan "Bismillaahirrohmaanirrohiim", Gerak Jalan Sehat di Kahupaten Ketapang dalam rangka HUT PGRI ke-74, secara resmi kami nyatakan dilepas. Semoga Allah SWT, meridhoi usaha kita dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Ketapang. Aamiin ya rabba' `alamiin.

Sungguh harum minyak gaharu
Semerbak mewangi menarik hati
Sungguh besar jasamu guru
Setiap hari tak lelah untuk mengabdi

Jika berjalan di simpang empat
Banyak kendaraan yang melintas
Selamat PGRI yang ke-74
Semoga pendidikan Ketapang semakin berkualitas.

Terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas kekurangan. Wabillahitaufik walhidayah, wassalamu"alaikum. Wr. Wb


Bupati Ketapang
MARTIN RANT AN, M.Sos


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007