home news guestbook contact
Selasa, 10 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pencanangan PKK-KKBPK Kesehatan di Desa Bukit Gajah

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 25 October 2019, 11:48 pm


PENCANANGAN Pencanangan PKK-KKBPK-Kesehatan dan Hari Cuci Tangan Sedunia Tingkat Kabupaten Ketapang dipusatkan di Desa Bukit Gajah, Kecamatan Manis Mata, Jumat (25 Oktober 2019). Pencanangan PKK KKBPK Kesehatan dibuka Bupati Ketapang Martin Rantan SH, M.Sos, Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang, Ny.Elisabet Betty, perwakilan BKKBN Propinsi Kalbar, Pramono Adi.


Pencanangan PKK KKBPK Kesehatan ditandai dengan pemukulan gong oleh Pramono Adi, pejabat mewakili BKKBN Propinsi Kalbar. Kemudian dilanjutkan dengan peragaan cuci tangan pakai sabun dan pengecekan lokasi pelayanan PKK KKBPK Kesehatan, didampingi para kepala OPD, dan camat.
Sulaiman, Kepala Desa Bukit Gajah, Kecamatan Manismata menyampaikan laporan bahwa desa yang dipimpinnya terdiri dari 1032 jiwa. Dimana, sekitar desa ini terdapat 1.000 hektar lahan sawit. “Kami harapkan bimbingan dan petunjuk dari Bapak Bupati,” tegas Sulaiman, Kepala desa Bukit Gajah, Kecamatan Manismata.
Selanjutnya, Camat Manis Mata, Leobenus Robert S.Pd, M.Ap mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang dalam hal ini instansi terkait lantaran telah menunjuk Desa di Kecamatan Manis Mata sebagai pusat kegiatan. Ak lupa ia berterima kasih kepada Bupati Ketapang, dimana ditengah kesibukannya masih menyempatkan hadir dan bahkan tidur di kediaman warga untuk menghadiri kegiatan tersebut. Camat manismata yang baru menjabat satu bulan ini mengakui bahwa dalam waktu yang sangat terbatas, maka kegiatan yang mereka persiapkan masih penuh dengan kekurangan. Selain itu, ia juga memberikan apreasiasi bahwa pencanangan PKK KKBPK Kesehatan dan cuci tangan pakai sabun bertujuan dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat Bukit Gajah pada khususnya dan umumnya masyarakat Kecamatan Manis Mata. Melalui kegiatan ini, maka semangat membuat keluarga berencana dan menjaga kesehatan merupakan kebutuhan utama, lantaran dengan keluarga yang sehat baik fisik maupun mental maka mempermudah mencapai sebuah kesejahteraan demi meningkatkan indek pembangunan manusia.
Bupati Ketapang, Martin Rantan, SH, M.Sos memberikan apresiasi dan ucapan atas sambutan dan antusias masyarakat di Desa Bukit Gajah. Menurutnya, rangkaian kegiatan dari Desa Silat dan Desa Bukit Gajah, sambutan masyarakat cukup luar biasa. Bupati berharap kegiatan yang dipusatkan di desa ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.
“Kita berterimakasih kepada Tim PKK mulai dari Kabupaten, Kecamatan, Desa serta mitra kerja yang telah menjadi lini lapangan dan menjadi garda terdepan dalam mensukseskan dan mencapai keberhasilan program keluarga berencana di Ketapang,” tuturnya.
Terlebih, saat ini program keluarga di Ketapang dapat berjalan dengan baik, dimana hasil pencapaian peserta KB baru yakni 3462 Akseptor (38,74%), KB Aktif 67.401 Akseptor (68,52%) dari pasangan usia subur (PUS) sebanyak 90.414, untuk itu dengan dilaksanakan kegiatan ini selama 2 bulan kedepan diharapkan dapat meningkatkan pencapaian peserta KB Baru dan membinanya agar mereka menjadi peserta KB aktif.
“Karena jumlah penduduk yang besar tidak selalu menjadi kekuatan pembanunan apabila tidak disertai dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai dan jumlah penduduk yang besar tentunya bermanfaat jika memiliki kualitas tinggi, untuk itu ini memerlukan perhatian dan penanganan secara sejsama dan berkelanjutan dan satu diantara upaya yang dilakukan dengan program ini untuk menciptakan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera,” harapnya.
Ia menambahkan, kegiatan ini sangat penting lantaran kesehatan merupakan satu diantara indeks pembangunan manusia.Jika tidak sehat bagaimana mau bekerja, jika tidak bekerja bagaimana bisa menghasilkan sesuatu. Untuk itu kegiatan penting guna meningkatkan kesadaran kesehatan kita bersama khususnya dimulai dari lingkungan keluarga. Minimal kesehatan kita mulai dari keluarga, seperti dengan cuci tangan sebelum makan khususnya untuk anak-anak karena anak-anak aktivitas banyak bermain diluar rumah.
Menurut Bupati Ketapang, PKK memiliki peranan penting dalam meningkatkan pendidikan manusia untuk memulai kesadaran kesehatan keluarga yang dimulai dari kesehatan keluarga dan ini perlu peran para ibu-ibu untuk mensukseskannya.“Dalam kesempatan ini, saya meminta para Camat dapat berkoordinasi dan pembinaan dengan Tim Penggerak PKK di Kecamatan masing-masing, makanya para Camat kita undang untuk hadir karena kegiatan ini penting sebab berkaitan dengan pembangunan manusia, jadi para Camat yang tidak hadir hari ini tolong disurati,”ucapnya.@




 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007