home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Buka Raker, Pentas Seni Budaya dan Pameran DAD Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 4 September 2019, 5:22 pm


Pentas Seni Budaya Dayak, Pameran Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang tahun 2019, dengan tema “Melalui Pentas Seni Budaya Kita Tingkatkan Rasa Persaudaraan Dalam Keberagaman Untuk Ketapang Yang Harmonis, Maju dan Sejahtera”, secara resmi dibuka Bupati Ketapang Martin Rantan SH, M.Sos. Pembukaan rapat kerja dan pameran DAD Ketapang dilaksanakan di Pentas Seni Pendopo Bupati Ketapang, Rabu (4 September 2019) pukul 15.00 WIB.

Sebelum pembukaan dimulai, kehadiran Bupati Ketapang bersama Forkopimda disambuta dengan ritual adat. Pemotongan kutemare oleh Bupati Ketapang ketika memasuki areal lokasi pentas seni dan pameran yang tepat berada di samping pendopo Bupati Ketapang. Selanjutnya, Bupati Ketapang bersama rombongan memasuki lokasi kegiatan. Kehadiran Bupati disambut semarak oleh para undangan, dan Bupati Ketapang juga menyempatkan bersalaman dengan para undangan. Tampak hadir diantaranya Forkopimda Ketapang, Kepala OPD Ketapang, Ketua organisasi etnis Ketapang dan lain-lain.
Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos mengucapkan terima kasih kepada kepada para undangan yang telah dapat meluangkan waktu untuk dapat bersama-sama menghadiri dan mengikuti acara pembukaan acara pentas seni dan pameran. Bupati Ketapang berharap semoga kegiatan tersebut dapat membuahkan hasil yang positif bagi DAD Kabupaten Ketapang dan khususnya bagi masyarakat Adat Dayak Ketapang.
Ia menerangkan maksud diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk memantapkan program kerja DAD Ketapang. selain itu memperkokoh nilai-nilai kehidupan budaya daerah dalam rangka memperkaya kebudayaan nasional. Demikian juga mengaktualisasikan, melestarikan dan mengembangkan seni budaya dalam menunjang pembangunan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Ketapang.
Menurut Bupati Ketapang, secara sosial, Dewan Adat Dayak yang merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan diharapkan juga dapat mendorong Bangsa Indonesia untuk mengaktifkan kembali modal sosial yaitu nilai-nilai luhur yang tersimpan dalam adat istiadat, tradisi dan budaya yang dianut secara turun temurun. Hal tersebut juga merupakan amanah dari Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.
Kegiatan rapat kerja yang diisi dengan kegiatan Pentas Seni Budaya Dayak dan Pameran diharapkan juga dapat memberikan ruang bagi daerah khususnya seni budaya Dayak di Ketapang. Selain itu diharapkan dapat memberikan solusi dan inovasi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh perkumpulan masyarakat adat dayak yang terdiri dari 9 akaran sungai. Selain itu, kegiatan rapat kerja ini diharapkan pengurus DAD Ketapang, pengurus DAD tingkat kecamatan dan masyarakat adat Dayak mempunyai pandangan yang sama didalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat adat. “Dewan Adat Dayak dan masyarakat adat dayak diharapkan untuk menjadi agen perubahan yang berperan aktif,” tegas Martin Rantan SH, M.Sos.
Bupati Ketapang berharap kegiatan rapat kerja, pentas seni budaya Dayak dan pameran DAD Kabupaten Ketapang tahun 2019 dapat meningkatkan kecintaan terhadap seni budaya Dayak untuk memperkaya khasanah budaya daerah Kabupaten Ketapang. Pelaksanaan kegiatan semacam ini menghasilkan ide-ide dan inovasi bagi pengurus dewan adat dayak, pelaku dan Penggiat budaya, serta masyarakat adat Dayak dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Demikian juga mengetahui bagaimana mempertahankan adat istiadat yang telah dilaksanakan secara turun temurun dan dapat mempromosikan hasil karya putra putri Dayak Ketapang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pada akhirnya visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang terpilih yaitu Ketapang Yang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera dapat diraih. @

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007