home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Safari Ramadhan Pemprop Kalbar di Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 28 May 2019, 10:35 pm


Silaturahmi Ramadhan Gubernur Kalbar diwakili Plt.Sekda Kalbar, DR Sy.Kamaruzzaman ,M.Si di Kabupaten Ketapang, dilaksanakan di Pendopo Bupati Ketapang, Senin (28 Mei 2019). Dalam safari Ramadhan diserahkan sejumlah bantuan Pemprop Kalbar untuk rumah ibadah di Kabupaten Ketapang. Silaturahmi Ramadhan dilanjutkan dengan siraman rohani yang disampaikan H.Zulfan Afan Abdurahman. Setelah berbuka puasa bersama dilanjutkan dengan sholat Maghrib bersama.

Bupati Ketapang, yang diwakili Sekda Ketapang H.Farhan SE, M.Si mengucapkan bahwa selamat datang kepada Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili Plt Sekda Kalbar. Semoga kedatangan rombongan Pemprop Kalbar dapat memberi motivasi dan nuansa baru dalam upaya meningkatkan pembangunan dan persaudaraan di Ketapang.

"Semoga Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar selalu diberi kesehatan dan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga amanah yang beliau emban bisa berjalan lebih maju dan sejahtera, khususnya dalam memberikan perhatian dalam pembangunan di Kabupaten Ketapang," tegas Sekda Ketapang, H.Farhan SE,M.Si.

Sekda Ketapang menjelaskan bahwa pasca pemilihan umum tahun 2019, Ketapang tetap dalam keadaan aman dan kondusif. Dalam hal ini tidak terlepas perhatian pelayanan maksimal terhadap masyarakat yang dilakukan para aparat keamanan TNI dan Polri bekerjasama dengan pemerintah terkait bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Menurut Farhan, aparat tiada henti-hentinya mengadakan pendekatan terhadap masyarakat. Karena itu sepantasnya kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berkah Ramadhan, maka Ketapang tetap dalam keadaan aman, tentram dan damai.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang beserta masyarakat mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur beserta rombongan yang telah dapat meluangkan waktu dan menyempatkan diri bersafari Ramadhan di Kabupaten Ketapang. Pemkab Ketapang mengucapkan juga terima kasih atas pemberian bantuan kepada pengurus rumah ibadah dan kelompok masyarakat di Ketapang."Semoga amal kebaikannya mendapat pahala yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya.

Selanjutnya disampaikan penyerahan bantuan dari Pemprop Kalbar. Beberapa bantuan tersebut diantaranya; Dari Dinas Kelautan dan perikanan berupa mesin kapal perikanan 28 unit. Bantuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Propinsi Kalbar berupa Galon Isi ulang sebanyak 250 buah dan 1 tong air Fiber untuk Bumdes “Karya Mandiri Lestari” Kecamatan delta Pawan Kabupaten Ketapang.

Selanjutnya, Bantuan dari DinasPendidikan dan Kebudayaan Propinsi kalbar berupa Kipas angin tempel untuk Kabupaten Ketapang. Darii Dinas Sosial Propinsi Kalbar berupa Sound System/Wireless (speaker Out Door 12 Inch Merk Asatron) 1 unit untuk Yayasan Al-Mujahidin. Dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Propinsi Kalbar menyerahkan benih jagung hibrida 5 kg, Benih padi hibrida 10 kg, bahan pengendali OPT 500 kg/Liter benih sayuran untuk pemanfaatan pekarangan 1 paket, program dan kegiatan tertera pada piagam penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan ke Pemkab Ketapang.

Selanjutnya, bantuan dari Bank Kalbar uang tunai Rp 10 juta diserahkan ke Panti Asuhan Nurul Iman.Bantuan dari BPKPD propinsi Kalbar bantuan rumah ibadah Rp 300 juta kepada masjid Mu’ammilun Kelurahan Mulia Kerta Kecamatan Benua Kayong. Selanjutnya sumbangan sebesar Rp 150 juta untuk Masjid Sirajatul Islam Desa Pesaguan Kanan. Kemudian sumbangan sebesar Rp 250 juta untuk Masjid Raya Miftahuddin Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang.

Kemudian bantuan dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalbar memberian makanan tambahan (PMT) pada balita kurus sebanyak 10 dos dan bahan pemeriksaan deteksi dini berupa stik Glukosa, kalesterol dan Asam Urat sebanyak 500 stik kepada Kabupaten Ketapang. Sedangkan bantuan dari BKKBN Propinsi berupa berupa alat bantu penyuluhan bagi kelompok UPPKS Tanjung Bawang Desa Sukabangun, dan Genre Kit Bagi PIK Remaja di Desa Sukabangun Dalam.

Seterusnya, bantuan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Kalbar untuk majelis taklim khairunisa sebesar Rp 7 juta, Bantuan Majelis Taklim At Taqwa Rp 7 juta, Bantuan untuk Nahdatul Ulama Ketapang Rp 25 Juta, Bantuan untuk Muhamadiyah Ketapang sebesar Rp 25 juta. Demikian juga Penyerahan beberapa sertifikat dan mushola.

Gubernur Kalbar yang diwakili Plt. Sekda Kalbar, DR.Sy. Kamaruzzaman M.Si menyampaikan kehadirannya mewakili Gubernur. Ia mohon maaf, karena sebelumnya Gubernur berniat hadir di Ketapang, namun ada kejadian pasca pemilu mengakibatkan Gubernur Kalbar ada agenda untuk penyelesaiannya. Plt. Sekda Kalbar mengungkapkan kehadirannya di Ketapang, seakan pulang kampung. Ia menceritakan, mengawali karier sebagai PNS, tempat tugas pertama adalah di Manismata.

Sy.Kamaruzzaman menegaskan bahwa Safari Ramadhan Pemprop Kalbar dengan Pemkab Ketapang adalah menjaga silaturahmi. Dibulan penuh Rahmat maka banyak manfaat bagi hubungan baik antar sesama dan juga antar pemeluk agama. Ia menguraikan bantuan dari Pemerintah Provinsi untuk Kabupaten Ketapang dengan harapan bantuan tersebut dapat berguna bagi penerima. “Bulan Ramadhan merupakan bulan berkah bagi semua dan dalam momentum pesta demokrasi pemilu diminta agar tokoh masyarakat, agama dan Pemerintah Daerah merajut kembali kebersamaan pasca Pemilu, mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan, yang" pesannya yang mensyukuri pemilu berlangsung aman dan lancar.

Plt. Sekda Kalbar menyebutkan menjelang Idul Fitri maka banyak terjadi peningkatan aktivitas. Namun, pemerintah tetap berusaha menjamin ketersediaan barang dipasar. Disampaikan juga informasi Pemrop jadi tuan rumah STQ tingkat nasional mulai tanggal 27 Juni sampai 6 Juli 2019. Diharapkan dukungan semua komponen masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan STQ tersebut.

Kemudian disampaikan siraman rohani dari H.Zulfanfan Abdurahman. Isi tausiah diantaranya meningkatkan silaturahmi sesama umat dan antar umat beragama di Kalbar. Ia mengingatkan juga umat untuk ber- Ramadhan tanpa mercon, ber-idul Fitri tanpa Petasan dan kembang api.

Dikatakannya, Kembang api itu sebagian sifat konsumtif. Ia menyebutkan, banyak orang saat ini Berlari meninggalkan Ramadhon, seakan berkejar untuk lebaran.

Ia mengingatkan Bulan Ramadhan sebagai Syahrul mafriroh dan syahrul Mubarok. Bulan penuh pengampunan dan keberkahan. Dikisahkan juga Ramadhan memberikan berkah pada umat muslim dan non muslim . Berkah Ramadhan dirasakan semuanya. Itulah salah satu tanda, bulan penuh keberkahan. Oleh karena itu, dengan Ramadhan diharapkan semakin besar keyakinan kita bahwa ramadhan penuh pengampunan, penuh Rahmat dan keberkahan.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007