home news guestbook contact
Senin, 22 Juli 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Wakil Bupati Ketapang Buka Porseni Tingkat Kabupaten Ketapang Tahun 2019

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 4 April 2019, 12:38 am


Pekan olahraga dan Seni (Porseni) Tingkat SD-SMP Tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Suprapto S. Porseni tingkat SD-SMP meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Lomba Sains dan Seni Nasional (L2SN), dan Gala Siswa Indonesia (GSI).

Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Ketapang, Drs Henrikus Jahilin M.Pd selaku Ketua Panitia Porseni Tingkat Kabupaten Ketapang menegaskan kegiatan Porseni berlangsung sekitar tujuh hari, dan akan berakhir pada 6 April 2019. Pembukaan secara resmi memang dilakukan pada 3 April 2019. Porseni tahun 2019 mengusung tema “Memperkuat Karakter Peserta Didik Melalui Olahraga dan Olahraga Rasa untuk Ketapang yang Maju dan Sejahtera”. Untuk kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN), Lomba Sains dan Seni Nasional (L2SN) diikuti siswa tingkat SD dan SMP. Khusus Gala Siswa Indonesia (GSI)dikuti tingkat SMP.
“Ketiga event ini merupakan diawali dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat propinsi dan tingkat nasional, untuk tingkat Kabupaten Ketapang Porseni tahun 2019 diikuti sebanyak 20 kecamatan, ini ada peningkatan dibanding tahun 2018 yang hanya diikuti 18 kecamatan, jadi seluruh kecamatan sudah ambil bagian dalam Porseni Tingkat kabupaten ketapang,” tegas Drs Henrikus Jahilin, M.Pd.
Ada pun kecamatan yang ambil bagian diantaranya, Manismata mengirimkan 36 peserta, Air Upas sebanyak 52 peserta, Singkup sebanyak 37 peserta, Sungai Laur sebanyak 25 peserta,Kendawangan sebanyak 79 peserta. Demikian juga dengan peserta dari Marau, Jelai Hulu sebanyak 36 peserta. Sungai Melayu Rayak sebanyak 41 peserta, Tumbang Titi 43 peserta, Nanga Tayap sebanyak 46 peserta, Sandai 53 peserta, Hulu sungai 28 peserta,Simpang dua 23 peserta, Simpang hulu berjumlah 24 peserta, Matan Hilir Selatan 60 peserta, Benua Kayong 110 peserta, MHU sebanyak 57 peserta. Muara Pawan sebanyak 61 peserta. Dan Kecamatan Delta Pawan mengutus peserta terbanyak yaitu 161 peserta.
Drs Henrikus Jahilin M.Pd melaporkan pada tanggal 16-18 maret 2019, sudah dilaksanakan Olimpiade Sain Nasional. Untuk tingkat SD iikuti 120 peserta dan 202 peserta tingkat SMP. Jumlah peserta yang ambil bagian dalam ketiga kegiatan tersebut seluruhnya berjumlah 1381 orang.
“Tahun lalu untuk tingkat Kalbar, untuk Porseni tingkat Propinsi Tingkat Kalimantan Barat, GSI kabupaten Ketapang masuk final dan juara kedua setelah kalah melawan Kabupaten Landak,” tegas Drs Henrikus Jahilin M.Pd.
Disebutkan, jika tahun 2019 ini, Tim Kabupaten Ketapang bisa menjadi juara pertama tingkat Kalbar, maka Pihaknya sudah menyiapkan bonus Rp 1 juta satu orang. Tidak lupa, Drts Henrikus Jahilin M.Pd mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Porseni Tingkat kabupaten Ketapang tahun 2019. Terutama kepada Bupati dan Wakil Bupati Ketapang yang telah mendukung pendanaan melalui Dinas pendidikan kabupaten Ketapang.
Setelah sambutan dari panitia dilanjutkan dengan penyerahan piala untuk Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2019. Untuk Mata pelajaran matematika Tingkat SMP, juara pertama adalah Muhamad Khalid Abdullah dari SMPN 01 Matan Hilir Selatan. Juara kedua, Jualiana Citra Kusuma dari SMPN 5 Sandai. Dajn Juara ketiga adalah Novita Sari dari SMPN 04 Ketapang.
Mata pelajaran IPA untuk tingkat SMP, juara pertama Shahada Tsaquf Alif dari SMPN 1 Ketapang. Juara kedua, M.Iqbal Firzatulia dari SMPN 1 Simpang Hulu. Dan, juara ketiga Hilda Gabe Uli Purba dari SMPN 3 Ketapang. Untuk Mata pelajaran IPS, juara pertama Naufal Mulya Ramada dari SMPN 3 Ketapang. Juara kedua, Riyatmi Yulia Fauziah dari SMP Tunas Bangsa Air Upas. Dan juara ketiga, Chafi Alfian dari SMP Eka Tcipta Kencana.
Sedangkan, Olimpiade sains Tingkat Nasional Tingkat Kabupaten ketapang tahun 2019, pada katagori Sekolah dasar. Untuk mata pelajaran Matematika, juara pertama diraih Lalu Muhamad Faiz Arifiandi dari SD Negeri 07 Delta Pawan. Juara kedua, Faiq Rizal Al Aziz dari SD Negeri 07 Delta Pawan. Dan, Luthfiana Annisatul Mufarihah dari SDS Andes Resak HMDC Kendawangan.
Mata pelajaran IPA, juara pertama Eisther Sonia Kartika Budhi L dari SDS St.Yosef Ketapang. Juara kedua, Banyu Bening Ahsanita Aqwim dari SDS Andes Resak HMDC Kendawangan. Dan juara ketiga, Fa’iz Rifa’i Ma’arif dari SDS HMDC 03 Manismata. Piala dan piagam penghargaan untuk juara ketiga diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Ketapang, Drs.Henrikus Jahilin, M.Pd. Juara kedua diserahkan Wakil Ketua DPRD ketapang, Elmantono, dan juara pertama diserahkan oleh Wakil Bupati ketapang, Drs H.Suprapto S.
Usai menyerahkan piala dan penghargaan, selanjutnya Wakil Bupati Ketapang membuka Porseni Siswa SD-SMP Tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2019. Disebutkan Wakil Bupati Ketapang kata kunci dalam pembangunan di bidang penddikan adalah pengembangan potensi dan pembentukan karakter atau watak sesorang. Inilah fungsi dan tujuan pendidikan yang sesungguhnya, dan tentang hal ini sudah jelas sekali dinyatakan di dalam pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wakil Bupati Ketapang kegiatan porseni yang diadakan saat ini merupakan wujud nyata dari implementasi penguatan pendidikan karakter di tingkat satuan pendidikan yang akan memberikan manfaat (outcome) jangka panjang yang sangat penting, yaitu sebagai bagian dari upaya pengembangan potensi dan pembentukan watak atau karakter peserta didik kita di Kabupaten Ketapang ini.”Jadi bukan hanya semata-mata sebagai ajang kompetisi di bidang olahraga dan seni dengan keluaran (output)-nya itu para juara di setiap cabang lomba,” ujar Wakil Bupati Ketapang.
Wabup Ketapang menilai sangat tepat bila kegiatan porseni ini mengusung tema; “memperkuat kakater peserta didik melalui olahraga dan olahraga rasa untuk Ketapang yang maju dan sejahtera:”. Untuk itu, ia menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak sekolah, kepala sekolah dan para guru, yang telah menyusun dan melaksanakan program pembelajaran ko-kurikuler , intra-kurikuler, dan ekstra kuriluler secara terintegratif. “Karena tidak mungkin anak-anak kita dapat berdiri dengan penuh semangat di lapangan ini, saat ini, bila sekolah tidak menyusun program pembelajaran dengan baik,” ucapnya.
Wakil Bupati Ketapang menyebutkan sekolah yang belum berpartisipasi pada kegiatan porseni ini tahun ini, ditekankan agar mulai sekarang harus menyusun dan melaksanakaan program kegiatan pembinaan kesiswaan di sekolah masing-masing, Ia berharap, agar dikelola dana BOS secara transparan dan akuntabel. Hindari pengeluaran yang tidak tepat sasaran agar dana BOS dapat dimanfaatkan secara efektif dan efesien demi perkembangan dan prestasi sekolah.”Tanamkan pada diri rasa bangga sebagai seorang guru. Karena guru adalah profesi yang sangat mula, ditangan dan hati bapak ibu gurulah masa depan bangsa ini kita titipkan. Pengajaran, pendampingan, dan tauladan yang bapak dan ibu guru berikan pasti akan melahirkan generasi Indonesia yang sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab,” katanya.
Tak lupa ia berpesan kepada peserta, agar manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Nikmati dan hayati semua proses yang ada. Bersikaplah sportif, hormati keputusan wasit dan juri. Hormati teman dan lawan kalian. Kalah dan menang bukanlah hal yang utama. Kelak akan disadari betapa berharganya dan bermaknanya canda dan tawa yang kalian bagikan saat ini. Yakinlah, tetasan keringat dan mungkin juga cucuran air mata kalian hari ini merupakan pengalaman yang berharga untuk modal berprestasi pada kehidupan yang akan datang.
Kepada wasit dan juri lomba, saya berpesan bertugaslah secara jujur, tegas, dan objektif agar setiap keputusan dapat diterima dengan lapang dada oleh semua pihak. Kepada panitia, persiapkan pertandingan demi pertandingan dengan sebaik-baiknya. Karena itulah kunci keberhasilan bagi seluruh bagi seluruh rtankaian kegiatan porseni ini. Menyangkut kompetisi GSI, Wakil Bupati Ketapang, berpesan kepada pengurus PSSI dan pemandu bakat sepakbola di Ketapang agar terus memantau dan merekrut pemain yang baik . salah satunyamelalui kompetisi GSI ini untuk kemudian dibina lebih lanjut. Pemain yang direkrut harus atas dasar bakat alami dan kemampuan dalam bermain bola. Bukan hanya karena kedeklatan atau hubungan lainnya, binalah, agar bibnit alami ini dapat berkembang menjadi pemain bola yang handal.Dan tak lupa kepada penonton dan masyarakat Ketapang, saya berharap agar ikut memeriahkan GSI ini dan juga cabang lomba yang lain. Nikmati pertandingan dan berikanlah dukungan kepada peserta kesayangannya dengan tetap menjaga suasana aman dan tentram.
“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Saya berharap kegiatan Porseni ini dapat berlanjut di tahun-tahun yang akan datang sebagai bagian dari upaya untuk terus mendorong peningkatan mutu pembelajaran di sekolah,” tuntasnya, dan selanjutnya dilanjutkan dengan tendangan pertama dari Wabup Ketapang memulai pertandingan GSI di GOR Tentemak.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007