home news guestbook contact
Senin, 22 Juli 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Gubernur Kalbar Hadiri Musrenbang Kabupaten Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 1 April 2019, 6:32 pm


Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji SH, M.Hum hadir dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Ketapang, yang diselenggarakan pada Hari senin (1 April 2019) di Borneo Emerald Hotel. Selain menghadfiri Musrenbang RKPD, Gubernur Kalbar juga hadir dalam peresmian jembatan Kyai Mangku Negeri pada tanggal 31 Maret 2019. Setelah menghadiri dan memberikan arahan dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Ketapang, selanjutnya Gubernur Kalbar melanjutkan perjalanan ke Sukadana, untuk menghadiri Musrenbang Kabupaten Kayong Utara..........DOKUMENTASI: DARNAIN


Dalam arahannya, Gubernur Kalbar menegaskan Musrenbang RKPD harus menetapkan rencana skala prioritas daerah. Sebab, pembangunan di suatu wilayah kabupaten, tidak hanya dibiayai menggunakan APBD Kabupaten semata. Tetap[i, bisa dibiayai denngan menggunakan APBD Propinsi maupun APBN maupun dana CSR ( Corporate Social Responsibility). Karena itu, ia mengingatkan pentinya penyusunan perencanaan pembangunan yang baik. Agar pembangunan bermanfaat dan dapat mempercepat pembangunan, Gubernur Kalbar mendorong semua sumber daya yang ada dimanfaatkan secara maksimal. Termasuk, pola sharing dengan pemerintah propinsi, maupun Bhakti TNI untuk skala kegiatan yang lebih besar. Karena itu, langkah-langkah pembangunan yang telah dilakukan Bupati ketapang dengan melibatkan TNI diapresiasi oleh Gubernur Kalbar.
Ia menjelaskan, Pemprop Kalbar berkomitmen membangun seluruh daerah di Kalbar ini. Komitmen besar untuk perubahan dasar guna percepatan kesejahteraan masyarakat. Salah satu rencana strategis dari Pemerintah propinsi adalah merubah status desa, yang semula tertinggal menjadi desa berkembang dan desa berkembang menjadi desa maju, selanjutnya menjadi desa mandiri. Ia melihat indikator pembangunan semuanya sudah lengkap dalam indikator desa mandiri. Karena itu, bagian mana yang tidak dapat dipenuhi pemerintah desa, dapat dikoordinasikan ke pemerintah kabupaten. Demikian juga jika kekurangan dana, maka Pemrop Kalbar terbuka untuk membantu. Termasuk, juga mengusulkan ke pemerintah pusat dalam hal pembiayannya. Percepatan pembangunan ini penting, karena saat ini dari pembangunan infrastruktur Kalimantan Barat diakuinya masih jauh tertinggal dengan propinsi lainnya. Demikian juga dengan Indeks Pembangunan manusia (IPM) Kalbar. Ini menjadi tantangan bersama untuk memajukan Kalbar.
Dalam memajukan perndidikan di Kalbar, khususnya di Kabupaten Ketapang, Gubernur Kalbar menilai penting pembangunan sumber daya manusia. Dengan pembangunan SDM, ia berharap putra putri terbaik Ketapang bisa mengisinya. Tentunya hal ini harus dipersiapkan sejak dini, salah satunya melalui lembaga pendidikan. Dalam membangun sumber daya manusia ini, Gubernur Kalbar meminta Pemkab Ketapang mempersiapkan lahan sekitar 5 hektar unutk membangun sekolah unggulan. Selain mendorong sekolah unggulan, Pemrop Kalbar jufga memberikan sejumlah bea siswa untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan. Berbagai persoalan dikupas panjang Gubernur Kalbar, termasuk komitmen dan mendukung kabupaten Ketapang untuk mengusukan pemerkaran wilayah.
Sementara itu, Bupati Ketapang, Martin Rantan SH,M.Sos. menyampaikan sejumlah komitment Pemkab Ketapang untuk mewujudkan Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera. Mewujudkan hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena, sektor pendidikan menjadi langkah strtegis, termasuk mendukung terwujudnya sekolah unggulan yang melahirkan putra putri terbaik Kabupaten Ketapang.
Selain itu, Pemkab Ketapang juga berkomitmen meningkatkan infrastruktur daerah. Selain membangun infrastruktur yang menghubungkan kecamatan dan Kabupaten, seperti jalan pelang-Tumbang Titi dalam mempercepat akses perekonomian daerah. Maka. Pada tahun 2020, Pemkab Ketapang akan meningkatkan infrastruktur perkotaan. Salah satu motivasinya mendukung operasionalnya jembatan Kuning Kyai Mangku Negeri. Karena itu, perlu dilakukan pelebaran jalan-jalan utama di Kota Ketapang.
Selain itu, dalam mendukung perekonomian daerah, Bupati Ketapang juga meminta instnasi terkait untuk mengambil langkah strategis guna melanjutkan pembangunan dari Manismata ke Jambi hingga ke Sukaramai perbatasan Kabupaten Sukamara-Kalimantan Tengah. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah merespon usulan Pemerintah Kabupaten Ketapang , termasuk peningkatan kualitas jalan dari Nanga Tayap-Tumbang Titi, ke Tanjung Marau ke Air Upas dan Manismata hingga ke Sukamara,” tegas Bupati Ketapang.
Selain itu, Bupati Ketapang juga menyampaikan rencana Pemkab Ketapang melebarkan ruas jalan dalam kota, diantaranya dari Tugu Ale Ale sampai Gerbang batas Desa Padang – Sungai Jawi. Ia berharap dukungan pemprop Kalbar, karena ruas jalan tersebut merupakan kewenangan Provinsi Kalbar. Dalam mendukung rencana pengembangan infrastruktur daerah, khususdnya di weilayah perkotaan ini. Pemkab Ketapang akan menyiapkan dokumen pendukung, termasuk Memorandum of under standing (MoU). Sejumlah rencana pembangunan strategis kedepan dipaparkan Bupati Ketapang dalam kesempatan tersebut. Karena itu, selain dukungan Pemprop Kalbar, Bupati Ketapang mengharapkan dukungan semua stakehoder, termasuk dukungan masyarakat dalam mempercepat terwujudnya Ketapang yang Maju menuju masyarakat sejahtera.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007