home news guestbook contact
Jumat, 24 Mei 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

TNI Polres Apel Kesiapan Pileg dan Pilpres 2019

Pengirim : andy candra
Tanggal : 22 March 2019, 10:57 am


Semakin dekatnya pelaksaan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden dan wakil Presiden Republik Indonesia, maka Jum'at (22 Maret 2019) digelar apel kesiapan TNI-Polri. Apel kesiapan yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati ketapang, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Suprapto S. Wakil BUpati Ketapang menyampaikan sambutan tertulis dari Menko Polhukam RI. Dilanjutkan dengan arahan yang dari Kapolres Ketapang, AKBP Yuri Hidayat S.Ik dan Dandim 1203 Ketapang, Letkol (kav) Jami'an.

Menko Polhukam RI dalam sambutan tertulis yang disampaikan Wakil BUpati Ketapang, Drs H.Suprapto S, menegaskan bahwa Pemilu serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak. Yakni lima jenis pemilihan umum dalam waktu yang bersamaan. Pemilu serentak kali ini menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional, terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi publik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya. Sukses atau tidaknya Pemilu 2019 sangat tergantung pada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak hanya anggota partai Politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada. Akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan. Tidak ketinggalam tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara Pemilu, akan sangat menentukan suksesnya keberlangsungan Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
Panjang lebar, peran TNI Polri dalam memastikan Pemilu berlangsung aman dan demokratis disampaikan pada kesempatan itu. Dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019, Menko Polhukam RI meminta seluruh prajurit TNI-Polri yang terlibat mempedomani seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum. Diharapkan dapat diwujudkan sinergitas antara TNI-Polri dengan penyelenggara pemilu dan seluruh komponen masyarakat agar setiap permasalahan yang muncul dilapangan dapat dihadapi, dikoordinasikan dan dipecahkan bersama. Tidak kalah pentingnya untuk kita pahami, bagi seluruh prajurit TNI-Polri dimanapun saudara-saudara bertugas, disamping melaksanakan tugasnya mengamankan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019. "Saudara-saudara juga harus mampu untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi sehingga tidak terprovokasi dengan isu-isu dan berita bohong atau hoax yang beredar dan menimbulkan keresahan," tegas Menko Polhukam RI, Wiranto yang disampaikan Wakil Bupati Ketapang.
Selanjutnya ia menegaskan yakin terhadap unsur Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta perangkat pemerintahan pada strata desa/kelurahan sangat menguasai situasi diwilayahnya. Dengan bekal inilah diharapkan aparat mampu menjaga stabilitas keamanan dalam penyelenggaraan pemilu serentak Tahun 2019.
Beberapa penekanan untuk dipedomani bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019, diantaranya: Pertama, Pahami bahwa tugas pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019 ini adalah kehormatan dan kebangaan yang tidak dapan dinilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa bila dilaksanakan dengan tulus ikhlas;kedua, Jalin sinergitas antara unsur Pemerintah, TNI-Polri, dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas; ketiga, Segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan mengganggu penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019; keempat,Tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku terhadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran Pemilu Serentak Tahun 2019; Kelima, Babinsa dan Bhabinkamtibmas haru mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoax serta menguatnya politik identitas yang dapat menggerus disintegrasi bangsa; dan, keenam,Inventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman.
Selain Wakil Bupati Ketapang yang menyampaikan amanat Menko Polhukam, selanjutnya arahan disampaikan Dandim 1203 Ketapang, letkol (kav) Jamian. Ia mengingatkan dalam pengamanan Pemilu 2019, semua aparat memastikan pelaksanaan pemilu berlangsung aman dan lancar. pelaksanan tugas di lapangan harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab, tidak hanya tanggungjawab kepada masyarakat tetapi juga kepada Tuhan yang Maha Esa. Khusus bagi anggota TNI, ia meminta seluruh jajaran TNI harus menjaga netralitas TNI dimanapun anggota berada. pedomani SOP (Standar Operasional) yang berlaku sehingga semua tindakan terkontrol dan sesuai aturan yang berlaku."Utamakan keamanan, begitu juga dengan keamanan personil maupun material, pastikan semua bisa lengkap dari awal sampai akhir, khususnya dalam kita memastikan Pemilu berjalan aman, adil, jujur, agar Pemilu khususnya di kabupaten Ketapang dapat berlangsung aman dan sejuk," ucapnya.
Selanjutnya, Kapolres Ketapang, AKBP Yury Hidayat S.Ik menegaskan apa yang disampaikan dari amanat Menko Polhukam maupun yang disampaikan dandim 120 Ketapang menjadi perhatian kita semua. Maka, kapolres Ketapang hanya mengingatkan agar menjaga kesehatan, dan harus tetap sehat. Dengan badan yang sehat, diharapkan muda-mudahan kita mendapat kemudahan dalam mengamankan tahapan pemilu berlangsung secara demokratis dan aman."Saya hanya tambahkan saja, laksanakan tugas secara profesional, kita wajib jaga kondusifitas pemilu 2019," tegas Kapolres Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007