home news guestbook contact
Minggu, 18 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

* Safari Ramadhan Pemkab Ketapang : Sholat Menghindarkan Perbuatan Keji

Pengirim : aspul anwar
Tanggal : 6 September 2009, 2:02 pm


Setelah di Kecamatan Benuan Kayong tepatnya di kelurahan Banjar, Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Ketapang berikutnya dilaksanakan di Desa Pesaguan Kanan(05/09). Kegiatan safari ramadhan di Mesjid Sirajul Mukmin Desa Pesaguan Kanan ini dimulai dengan buka puasa bersama dilanjutkan sholat magrib, isya, dan terawih bersama.

Dihadiri Kepala Kantor Departemen Agama Ketapang Drs. H. Sjamsjuridjal, Bupati Ketapang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Drs. H. Bachtiar, Camat Matan Hilir Selatan Hasan Basri, Kepala KUA Matan Hilir Selatan Kepala Desa Pesaguan Kanan, serta para tokoh masyarakat, Pemuda, dan tokoh agama Pesaguan Kanan dan para undangan lainnya.
Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Sjamsjuridjal dalam sambutannya mengungkapkan bahwa momentum ramadhan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah dan upaya meningkatkan amal ibadah. Sehinggal ramadhan merupakan tonggak untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. “Karena dengan keimanan dan ketakwaan ini akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT,” katanya.
Peningkatan amal ibadah dan ukhuwah islamiyah ini ditambahkan oleh Sjamsjuridjal memiliki keterkaitan dengan pembangunan terutama pembangunan iman dan takwa. Sehingga pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan dapat berhasil dengan baik dan sesuai dengan tujuan. “Tak hanya Ilmu dan Pengetahuan, iman dan takwa menjadi bagian tak terpisahkan dalam proses pembangunan, karena Allah akan menurunkan rahmatNya kepada orang-orang yang pandai bersyukur terhadap nikmat serta yang memiliki ketakwaan dan keimanan,” tambahnya.
Safari Ramadhan yang kedua ini menghadirkan Penceramah yaitu Ustadz H. Jema’i Makmur, yang mengangkat tentang keutamaan sholat yang dapat menjauhkan dari perbuatan keji dan mungkar. Ustadz Jema’i, memaparkan bahwa sholat dapat menghindarkan manusia dari perbuatan keji. Untuk itu sholat harus dilaksanakan dengan khusu’an dengan memahami makna yang diperbuat di dalam sholat. “Sehingga sholat benar-benar dapat meningkatkan kepedulian sosial dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.
Kewailban dan syi'ar yang paling utama adalah shalat tambah dia, sholat merupakan tiang Islam dan ibadah harian yang berulang kali. Sholat merupakan ibadah yang pertama kali dihisab atas setiap mukmin pada hari kiamat. “Shalat merupakan ibadah harian yang menjadikan seorang Muslim selalu dalam perjanjian dengan Allah. Ketika ia tenggelam dalam bahtera kehidupan maka datanglah shalat untuk menerjangnya. Ketika dilupakan oleh kesibukan dunia maka datanglah shalat untuk mengingatkannya. Ketika diliputi oleh dosa-dosa atau hatinya penuh debu kelalaian' maka datanglah shalat untuk membersihkannya” paparnya.
Sektretarsis Daerah Ketapang yang mewakili Bupati Ketapang dalam sambutanya mengungkapkan bahwa mengajak para umat muslim untuk selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah serta memperkuat ukhuwah islamiyah sesama muslim. Beliau berpesan bahwa hendaklah umat muslim untu selalu memakmurkan tempat-tempat ibadah dengan sholat berjamaah, meningkatkan kerjsama dan kepedulian sehingga terjalin silaturahmi yang kokoh.
Dalam kesempatan ini beliau menyerahkan bantuan berupa menyerahkan bantuan dari Pemkab Ketapang berupa Mesin Genset, Lampu Emergency, Kipas Angin, Mesin Pompa Air, dan sejadah. Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Ketapang juga menyerahkan bantuan berupa sajadah. Direncanakan malam ini (06/09), kegiatan safari ramadhan akan dilaksanakan di Desa Sungai Bakau Kecamatan Matan Hilir Selatan tepatnya di mesjid Al Hidayah. Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Ketapang Drs. Sjamsjuridjal direncanakan akan memberikan tausiyah dalam safari ramadhan ini. (asp)



 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007