home news guestbook contact
Sabtu, 23 Maret 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

IKA FISIP Untan Ketapang Dilantik

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 10 March 2019, 11:44 am


Pengurus Ikatan Alumni Fisip Untan Kabupaten Ketapang periode 2019-2023 yang diketuai Drs Sugiarto M.AP, dilantik oleh Ketua IKA Fisip Untan Kalbar, Sabtu (9/3) malam. Pelantikan dilakukan di pendopo rumah dinas Bupati Ketapang dihadiri juga Bupati Ketapang yang diwakili Sekda Ketapang, Farhan SE, M.Si. Dalam pelantikan tersebut, hadir juga Dekan Fisip Untan, Wakil Dekan serta pengurus IKA Fisip Kota Pontianak.

Sebelum pelantikan dibacakan nama-nama pengurus, selanjutnya Ketua IKA Fisip Untan, Utin Srilena Candramidi menyerahkan bendera kepengurusan kepada Ketua IKA Fisip Untan Kabupaten Ketapang. Setelah itu berlanjut dengan penyampaian ucapan selamat dan foto bersama. Dalam kegiatan itu tidak lupa juga dilakukan penyampaian cendramata dari Pengurus IKA Fisip Untan Kabupaten Ketapang kepada pengurus IKA Fisip Untan Kalbar, kepada sekda Ketapang dan lain-lain.
ketua IKA FIsip Untan Kabupaten Ketapang, Drs Sugiarto M.AP menyampaian permohonan maaf jika dalam kegiatan tersebut ada kekurangan. ia menjelaskan kegiatan sudah diagendakan sebulan sebelumnya, namun dalam perjalanannya, karena ada agenda kegiatan Bupati ketapang yang melakukan kunjungan kerja ke kecamatan, sementara pengurus IKA Fisip Ketapang sebagian adalah para birokrat, maka mereka mengikuti kegiatan kunjungan kerja. termasuk dirinya, juga meminta izin kepada Bupati Ketapang untuk hadir pelantikan. karena agenda tidak sesuai dengan skenaruio kegiatan awal, maka seandainya ada penyambutan yang kurang dan lain sebagainya, sebagai pengrus IKA Fisip Untan Kabupaten Ketapang, Sugiarto menyampaikan permohonan maaf. "Kami mohon maaf tidak semua pengurus Ika Fisip Untan bisa hadir, misalnya karena ada undangan resmi dari Bupati Ketapang harus kunjungan kerja ke kecamatan, saya jam sembilan besok juga harus hadir di peresmian Jembatan Jelai Hulu, konsekuensinya jam empat subuh nanti harus berangkat kembali ke ke lokasi peresmian jembatan, Kami ucapkan terima kasih pengurus pusat yang hadir untuk pelantikan ini, apabila pelayanan tidak memuaskan kami mohon maaf," tegas Sugiarto.
Dengan adanya kepengurusan IKA FIsip Untan sebagai sebuah lembaga sosial, Sugiarto berharap Ikatan Alumni yang ada di Ketapang dapat membantu pemerintah daerah dalam ide pikiran percepatan pembangunan Ketapang kedepan, sesuai visi dan misi Bupati Ketapang. yaitu, mewujudkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera. Harapannya, sumbangan saran dan ide pikiran terus berjalan dan tidak terputus ditengah jalan.
Selanjutnya, Ketua Pengurus Pusat IKA FIsip Kalbar, Utin Srilena Candramidi mengucapkan selamat atas pelantikan IKA Fisip Untan Kabupaten Ketapang. Diterangkannya, kepengruysan IKA Fisip Untan sudah terbentuk di kabupaten Sintang, Kota Pontianak dan Kabupaten ketapang. harapannya, kepengurusan kabupaten yang lain juga akan segera terbentuk. Demikian juga kepengurusan IKA Fisip di luar Kalimantan Barat. Ia menyebutkan rasa bangganya dengan banyaknya alumni Fisip Untan di Ketapang. Keberadaan iktan alumni ini, tak hanya mempererat silaturahmi, tetap juga diharapkan dapat meningkatkan sinergi dalam berkontribusi membangun daerah. Kondisi tersebut juga akan meningkatkan citra kampus biru. "Sekali lagi saya berharap bapak ibu kita saling bersinergi berikan masukan dan pendapat, mudah-mudahan bisa berikan pelayanan yang terbaik," ucapnya.
Sementara itu, Dekan Fisip Untan DR H.Martoyo MA jugamengucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan IKA Fisip Untan Kabupaten Ketapang. Ia mengupas keberadaan program study yang ada di Fisip Untan. Dimana, saat ini sudah cukup beerkembang dan beberapa diantaranya sudah terakredirtasi A. Panjang lebar ia mejelaskan perkembangan Fisip Untan sampai saat ini, termasuk kemampuan daya tampung Fisip Untan. Untuk itu, ia mengharapkan para alumni terus berkontribusi dan bersinergi dalam pembangunan di daerah.
Demikian juga disampaikan sekretaris Daerah kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si yang mewakili Bupati ketapang. Sebelumnya, Bupati Ketapang mohon maaf, dimana kegiatan tersebut sebenarnya dihadiri oleh Bupati Ketapang dan wakil Buoati Ketapang. namun karena adanya kegiatan Bupati Ketapang dan Wakil Bupati ketapang, termasuk kunjungan kerja ke Manismata, maka ia yang memewakili kegiatan tersebut. Sejumlah kegiatan di kecamatan saat ini sedang berlangsung diantaranya menyampaikan idnikator desa mandiri. Bupati Ketapang juga meninjau jembatan yang menghubungkan Kalbar dan Kalteng, dimana peninjauan tersebut dihadiri juga Bupati Sukamara Kalimantan Tengah.
Sekda Ketapang mengharapkan dengan adanya kepengurusan IKA Fisip Untan Kabupaten Ketapang, seyogyanya merupakan sebuah wadah organisasi. Dengan adanya organisasi ini, maka kita dapat bersilaturahmi. Selain itu, keberadaan organisasi ini tentunya diharapkan dapat dipertanggungjawabkan secara intelektual.
Alumni Fakultas Ekonomi Untan ini memebrikan beberapa poin penting keberadaan kita sebagai alumni perguruan tinggi. Pertama, berkaitan dengan pemerintahan. ia mengharapkan keberadaan alumni perguruan tinggi memberikan masukan kepada pemerintah dalam ide dan saran membangun. Demikian juga yang kedua, yaitu berkaitan dengan pembangunan. Tentunya sasaran pembangunan yang dilakukkan pemerintah adalah membangun masyarakat. Sumbangan ide dan saran pemikiran alumni kepada pemerintah ini diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan dimana pun kita berada.Disebutkan Mantan Kepala Bappeda Ketapang, ketiga adalah fungsi kemasyarakatan.
Karena itulah die berpesan , alumni perguruan tinggi bisa memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah. Sekda Ketapang juga menyarankan dalam memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah bisa dilakukan dengan saling berdiskusi. Hal tersebut bisa dimatching-kan (dicocokkan) dengan tugas dan fungsi Balitbang. Ia mencontohkan bagaimana kita bisa memberikan kontribusi tindakan agar data tidak lagi menimbulkan perdebatan. Misalnya dalam program bantuan masyarakat miskin, maupun BPJS. Demikian juga bagaimana misalnya kita menentukan data yang valid dalam mengukur tingkat kemiskinan dan lain sebagainya. Begitu juga mengapa tidak ada kecocokan data antara dinyatakan beras surplus, tapi kenyataan beras masih didatangkan dari luar daerah. "Berkaitan dengan data ini, masih banyak yang harus diclearkan, jadi mungkin perlu kita diskusikan dalam bentuk seminar mencari solusi mengatasi persoalan di Kabupaten Ketapang ini," tegas Sekda Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007