home news guestbook contact
Sabtu, 25 Mei 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Ketapang Berikan Arahan Pada seluruh Camat

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 26 February 2019, 3:29 pm


Seluruh camat se-Kabupaten Ketapang diwajibkan hadir oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos di pendopo Rumah Dinas Bupati Ketapang, Selasa (26 Februari 2019) pagi. Mereka mendengarkan arahan langsung Bupati Ketapang, terkait dengan tugas-tugas pemerintahan yang melekat pada kecamatan.Usai Bupati Ketapang memberikan arahan selanjutnya materi pengarahan disampaikan oleh Asisten I Setda Ketapang Bidang Pemerintahan,Donatus Franseda AP, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ketapang, Drs Heryandi M.Si dan Kabag Tata Pemerintahan Setda Ketapang, Drs Anwar MM.

Bupati Ketapang menjelaskan pentingnya pertemuan tersebut, sehingga harus dihadiri para camat. Menurutnya, diketahui selama ini latar belakang pendidikan para camat yang ada di Ketapang berbeda-beda, ada yang sarjana sosial, sarjana hukum, sarjana ekonomi dan lain-lain. Karena itu, pengarahan tersebut sangat penting menyangkut bidang-bidang tugas pemerintahan yang dilakukan oleh camat.
Menurut Bupati Ketapang, ada tiga tife pemerintahan, diantaranya dilahirkan untuk menjadi pemimpin, misalnya para pangeran untuk menjadi raja. selanjutnya pemimpin yang karismatik karena melakukan perubahan-perubahan seperti Nelson Mandela maupun Presiden Soekarno.Sosok tersebut, karena karismanya bisa menjadi pemimpin."Nah kita ini leadership situasional, situasi yang jadikan kita sebagai pemimpin," tegas Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos.
Dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, maka melalui kebijakan yang ada pada Bupati Ketapang, selanjutnya diperintahkan Baperjakat untuk membuat pertimbangan. Melalui Baperjakat-lah, para camat yang ada ini, mengalami perubahan status menjadi seorang pemimpin di kecamatan. Sosok yang pernah menjadi anggota DPRD Ketapang dan DPRD Kalbar ini menyebutkan tugas-tugas pemerintahan, sebagaimana dijalankan oleh para camat."Saya minta camat lakukan tugas koordinasi terhadap urusan yang berkaitan dengan pemerintahan," kata Bupati Ketapang.
ia menyebutkan di sekretariat daerah terdapat tiga asisten. Maka, tugas camat di kecamatan juga mengarah kepada bidang-bidang tugas di sekretariat daerah. Bupati Ketapang menyebutkan urusan pemerintahan di kecamatan tentu tidak bisa diserahkan ke Kapolsek atau Danramil. Dalam menjalankan pemerintahan, tentunya Camat harus tegas supaya tidak berimplikasi pada jalannya pemerintahan di Kecamatan. Camat merupakan pemegang keputusan tertinggi di kecamatan. Kalau terkait dengan penegakan hukum di kecamatan, maka tugas tersebut dikoordinasikan dengan Kapolsek setempat. Demikian juga, sekiranya ada hal yang luar biasa di Kecamatan, maka segera dikoordinasikan dengan Kapolsek dan danramil.
Selain tugas pemerintahan, Bupati Ketapang juga menyinggung dengan tugas pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kondisi perekonomian di wilayah Kecamatan tentu menjadi tanggungjawab pihak kecamatan. Jika ada hal-hal yang bisa dikoordinasikan dengan pihak perusahaan, diskusikan mengenai tanggungjawab sosial perusahaan (CSR). tentunya camat, juga harus mempelajari juga dokumen perusahaan yang berinvestasi di Kecamatan. Jika sistem sudah berjalan dengan baik, menurut Bupati, tentunya tidak semuanya persoalan di kecamatan tidak harus dikoordinasikan ke Bupati. Dalam menyelesaikan persoalan di lapangan, misalnya tentang kemitraan perkebunan, bisa camat melakukan koordinasi dengan kepala bidang perkebunan maupun kepala dinas prindagkop.
Demikian juga menjadi penekanan Bupati Ketapang terkait dengan pentingnya camat melakukan koordinasi dengan pihak desa. Jika ada kendala, harus segara diambil langkah-langkah mengatasinya.
"Jujur saya katakan, misi ketiga yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat sangat berat, akrena itu harus didukung oleh pihak kecamatan," ucapnya.
Lebih lanjut BUpati Ketapang menuturkan pentingnya semua pihak memberdayakan potensi desa. Potensi ekonomi yang ada di kecamatan dan desa, Bupati ketapang membuka ruang untuk didiskusikan. Ia merencanakan diskusi akan dilakukan usai Bupati Ketapang pulang dari memenuni undangan di Athena bersama Sekda Ketapang.Upaya mengangkat potensi ekonomi harus terus ditingkatkan, apalagi lebih dari 70 persen masyarakat adalah petani.
"Terkait dengan tugas urusan umum, administrasi dan kepegawaian tidak perlu saya jelaskan, tugas-tugas di kecamatan ini sedang kita pikirkan, nanti kita minta masukan dari organisasi," ucap Bupati Ketapang.
Bupati ketapang melanjutkan dengan membahas Ipoleksosbudhankam. Menurutnya Ideologi jelas adalah Pancasila.Sedangkan politik difahami memiliki arti yang luas. Ada politik praktis, politik pemerintahan, maupun politik identitas. Karena itu, dakam hadapi pileg dan pilpres, Bupati Ketapang minta pak camat menetralisir kondisi di lapangan. Dalam pemilihan umum Presiden, dan Pileg 2019, para camat diminta menjadi orang yang mampu mengatasi persoalan krusial di kecamatan. karena itu, Bupati Ketapang menekankan agar situasi aman dan terkendali, para camat tidak meninggalkan tempat. Jika nanti, ada kondisi kejadian di tempat, sementara camat tidak ada, maka Bupati Ketapang mengatakan ia akan langsung memposisikan plt sebagai pengganti camat.
Terkait dengan ekonomi, Bupati Ketapang menegaskan sudah dijelaskannya sebelumnya. Demikian juga dengan kondisi sosial. Menurut Bupati, adanya kondisi sosial di masyarakat erat kaitanya dengan banyak persoalan. Karena itu, camat harus mampu mendelegasikan tugas kepada p[ara kasi. Demikian dengan juga dengan budaya. Karena itu, para camat bertugas disesuaikan dengan adat istiadat yang ada. Soal budaya ini harus kita lakukan pendekatan, baik secara umum maupun pribadi."Terkait dengan Hamkam, tugas bapak ibu camat lakukan koordinasi dengan Kapolsek dan danramil," ucap Bupati Ketapang panjang lebar.@


Tim Peliput

Dokumentasi Foto: Herie Priyoko A.Md dan Yopie Damel
Dokumentasi Video: Darul Hadi S.Pd

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007