home news guestbook contact
Sabtu, 25 Mei 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Lepas Arakan Naga dan pawai Lampion Puncak perayaan Cap Goh Meh

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 20 February 2019, 5:12 pm


Puncak perayaan Cap Goh Meh 2019/2570 di Ketapang dimeriahkan dengan arak-arakan naga, pawai lampion dan mobil hias. Pawai lampion diklepas oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos, sekaligus bersama jajaran Forkopimda Ketapang ikut pawai keliling Kota Ketapang. Pelepasan arak-arakan naga dan pawai lampion di lakukan di Klenteng Tua Pekkong, jalan Merdeka, Selasa (19/2) sekitar pukul 19.00 WIB.

Sebelumnya pelepasan pwai lampion, pada selasa pagi, arakan naga dan barongsai juga melakukan penfghormatan di kantor Bupati ketapang, yangd diterima Wakil Bupati ketapang bersama sekda Ketapang. Setelah dari klantor Bupati Ketapang arak-arakan naga juga melakukan p[enghormatan di beberapa instansi pemertintyah, termasuk melakukan penghormatan kepada Bupati Ketapang di pendopo Bupati Ketapang, pada selasa siang. Penghormatan tersebut langsung diterima oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.sos.
Kemudian arakan berlanjut pada malam harinya yang dilepas oleh Bupati ketapang di klenteng tua pekkong. Sebelum Bupati Ketapang melepas arak-arakan naga dan pawai lampion dan mobil hias, beberapa reflika naga memberikan penghormatan kepada jajaran Forkopimda Ketapang. Ribuan warga memadati lokasi Klenteng tua Pekkong untuk menyaksikan arak-arakan naga, pawai lampion dan mobil hias. Menurut Lai Bun Sui,panitia pelaksana kegiatan arak-arakan naga, pawai lampion dan mobil hias mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, pihak keamanan dan semua stakeholder yang mendukung terlaksanananya perayaan Cap Goh Meh di Kabupaten Ketapang dengan aman dan lancar. Ia menerangkan adanya arak-arakan naga, pawai lampion dan mobil hias dalam rangka memeriahkan cap goh meh merupakan salah satu akses untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Ketapang.
Selanjutnya Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos mengucapkan Selamat tahun baru imlek dan Cap Go Meh kepada masyarakat Tionghoa yang merayakan. Ia berharap kita selalu diberikan kekuatan iman, panjang umur, sehat selalu, dan murah rezeki. Bupati Ketapang juga berharap masyarakat Kabupaten Ketapang selalu hidup berdampingan serta aman dan damai. “Perayaan Cap Go Meh selalu dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Ketapang . Dengan adanya atraksi barongsai dan arak-arakan naga, disebutkan Bupati ketapang tidak hanya warga Tionghoa yang bergembira, tetapi warga yang lain juga ikut senang. Hal tersebut selaras dengan Kepercayaan dari Tri Dharma, dimana naga yang turun dari langit ke bumi adalah untuk mengusir roh jahat.
“Saya berdiri disini memakai baju Seragam Justice Bo, Kapolres pakai baju panglima Cheng Ho, Bapak wakil Bupati pakai baju perdana menteri jaman kekaisaran, Pak Dandim pakai baju panglima perang, ,begitu juga ibu-ibu, jadi begitu kuat magnet Cap Goh Meh sehingga kami di jajaran Pemda Ketapang juga ikut senang merayakannya,” ucap Bupati Ketapang.
Lebih lanjut, Bupati Ketapang menyebutkan arak-arakan naga, barongsai, pawai lampion dan mobil hias adalah fenomena yang menarik. Ini membuktikan Kabupaten Ketapang, hidup dan berkembang masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda, tetapi masih dalam bingkai NKRI.
Bupati Ketapang menyebutkan daerah ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan paket wisata. Karena itu untuk mengembangkan sektor pariwisata tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah semata, tetapi juga partisipasi masyarakat sangat menentukan sekali. Karena itu, Bupati Ketapangm mengajak kita semua menjadikan event budaya untuk menarik wisatawan ke daerah. Menurutnya, dengan tekad , kemauan dan semangat kita semua , maka harapan tersebut bisa diwujudkan. “Mari kita bina suasana yang damai di daerah ini dalam bingkai NKRI, saya atas nama pemerintah daerah Kabupaten Ketapang menyampaikan apresiasi dan setinggi-tinginya yang telah melaksanakan kegiatan ini, mulai dari perayaan Imlek sampai Cap Goh Meh dengan harapan semoga terselengara dengan baik untuk memajukan daerah dan kedamaian di Kabupaten Ketapang,” tuntasnya.
Usai memberikan sambutan, Bupati Ketapang melepas arak-arakan naga, pawai lampion dan mobil hias. Seterusnya bersama jajaran Forkopimda menuju mobil hias dan ikut pawai keliling kota Ketapang. Tampak ikut bersama Bupati diantaranya, wakil Bupati Ketapang, Drs H.Suprapto, S, Sekda Ketapang, H.Farhan SE, M.Si, Kapolres Ketapang, dandim Ketapang dan lain-lain.
Seterusnya pawai berlangsung di Kota Ketapang disaksikan ribuan warga Kota Ketapang. Sepanjang jalan yang dilalui dipadati warga. Bersamaan dengan terangnya bulan purnama, dan banyaknya kembang api, menjadikan Selasa malam di Ketapang semakin meriah.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007