home news guestbook contact
Selasa, 20 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

RUMAH MELAYU KETAPANG MULAI DIPINDAHI

Pengirim : A. Rahman
Tanggal : 26 May 2009, 11:34 am


Rumah Melayu Ketapang mulai ditempati Selasa 26/5 oleh Ketua MABM H. Morkes Effendi dan keluarga.Kepindahannya dari Pendopo Bupati Ketapang tersebut dilakukan usai sembahyang Subuh

menjelang pajar sebagaimana tradisi orang melayu menuju Rumah adat Melayu. Sementara di Rumah adat melayu juga dilaksanakan Sembahyang subuh berjemaah dan pada malam sebelumnya Senin 25/5 diadakan sembahyang maghrib berjemaah dulanjutkan yasinan.
Sebagai orang melayu jamuan perhelatan buat tetua tetua adat dan tokoh melayu dilakukan makan saprahan di ruang utama yang berada ditenagh.Sementara di bagian pelataran dan serambi bawah disediakan makanan prasmanan.Keberadaan Rumah melayu Ketapang yang untuk kali pertama dibangun di era Ketua MABM H Morkes Effendi Spd MH ini berada di Jalan lingkar tepatnya disamping pertigaan sungai Pawan menghadap ke Timur matahari terbit.
Kendati tidak terlalu berlebihan rumah melayu dengan gaya arsitektur melayu ketapang tersebut sejak awal penancapan tiang pertama hingga pengerjaan finishing selalu dikunjungi banyak orang.Penuh harapan bagi masyarakat khususnya puak puak melayu dalam mengangkat marwah kemelayuan serta pelestarian nilai nilai adat budaya melalyu yang bersendkan Kitabullah benar benar terwujud.
Jika kita melihat kemegahan bangunan yang dilengkapi dengan grais ornamen rumah melayu yang konon menggambarkan reflika istana kerajaan Tanjung pura umumnya terbuat dari kayu ulin atau belian dan dilengkapi banyak ruang hingga pelataran dan serambi,sehingga kemegahannya benar benar terasa membawa nuansa melayu .
Kemudian Kemegahan ini bahkan dianggap jauh lebih megah ,tinggi dan besar jika dibandingkan dengan istana istaana raja di Kalbar yang masih tersisa. Hadirnya rumah melayu ini direncanakan untuk setiap ivent ivent dan perhelatan penting puak puak melayu . Dengan cita citanya mengabadikan kejayaan tamadun melayu juga seumpama perhelatan perhelatan lain yang digelar MABM tanah kayong ini.
Demikian Humas Setda Ketapang memberitakan

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007