home news guestbook contact
Minggu, 18 November 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Lepas Kontingen Ketapang Ikuti Pesparani ke Ambon

Pengirim : andy candra
Tanggal : 29 October 2018, 12:43 pm


KETAPANG – Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) yang akan digelar di Kota Ambon, Maluku pada tanggal 26 Oktober sampai 2 November 2018. Peserta dari Kabupaten Ketapang akan bergabung dengan Kontingen Pesparani Propinsi Kalimantan Barat. Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos bersama Muspida Ketapang melepas keberangkatan peserta Pesparani dari Ketapang di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ketapang, Kamis (25/10) pagi.Peserta Kabupaten Ketapang yang diberangkatkan berjumlah 48 orang.

Peserta ini terdiri dari peserta lomba sebanyak 38 orang, dan
sisanya pendamping. Menurut panitia pelaksana, Drs Heronimus Tanam ME, bahwa peserta dari Ketapang bergabung dengan kontingen Pesparani Kalbar. Pesparani tingkat nasional ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kota Ambon Maluku. Kontingen dari Kalimantan Barat diseleksi dari seluruh Kabupaten /Kota, sedangkan untuk Kabupaten Ketapang dipercayakan untuk mengikuti paduan suara tingkat anak-anak
dan lomba cerdas cermat.Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang yang memberikan dukungan kepada peserta untuk mengikuti Pesparani di Kota Ambon.
Keikutsertaan Kabupaten Ketapang dalam Pesparani pertama tingkat nasional di Kota Ambon untuk mewakili Kalimantan Barat bersama dengan peserta dari Kabupaten lainnya, didukung Bupati Ketapangn, Martin Rantan SH, M.Sos. Bupati Ketapang berharap peserta dapat mengikuti kegiatan Pesparani hingga selesai dan meraih prestasi yang terbaik.
Walaupun berangkat atas nama Kontingen Pesparani Kalimantan Barat dan bergabung dengan kontingen Pesparani Kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, diharapkan dapat mengharumkan nama Kalbar dan Ketapang khususnya. Bupati Ketapang yakin dengan ikut dalam Pesparani tingkat Nasional,kontingen dari Kalbar akan mampu menjadi juara. Sebab, peserta yang diberangkatkan juga pernah menjadi juara paduan suara tingkat internasional di Bali beberapa waktu lalu. Bupati Ketapang menuturkan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) merupakan suatu aktivitas seni
dan budaya masyarakat Katolik dalam bentuk pegelaran dan lomba musik liturgi dengan tujuan untuk mengembangkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan umat Katolik terhadap ibadah/liturgi Gereja. Selain itu kegiatan Pesparani bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat Katolik Indonesia melalui kreasi budaya dan seni.
Dikatakan Bupati Ketapang bahwa Pesparani merupakan wahana untuk memperdalam wawasan kebangsaan. Melalui kegiatan Pesparani ini umat Kristiani dari seluruh propinsi se-Indonesia dapat menunjukkan kemampuannya di bidang seni, budaya dan olah vokal lagu-lagu rokhani.
Umat kristiani diharapkan dapat menampilkan keteladanan yang positif untuk mewujudkan teloransi dan kerukunan hidup antar umat beragama. Perkembangan masyarakat yang begitu pesat sebagai dampak globalisasi informasi dan komunikasi membutuhkan penyesuaian tata nilai prilaku.
Ditengah perkembangan seperti ini pengembangan seni dan budaya
seharusnya mampu memberikan arah bagi perwujudan identitas nasional yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Menyadari bangsa Indonesia merupakan bangsa yang agamais, maka nilai-nilai keagamaan dan pengembangan seni budaya keagamaan perlu dikedepankan sebagai kontribusi bagi pemantapan jati diri bangsa. Untuk itu kegiatan pesparawi memiliki makna ganda, baik dalam hubungan umat Kristiani sendiri, maupun dalam rangka kehidupan masyarakat secara menyeluruh.
“Sekali lagi saya mengharapkan kepada kontingen peserta Pesparani Kabupaten Ketapang agar dapat memberikan yang terbaik untuk daerah kita. Selain itu, kepada Ketua Kontingen Pesparani agar dapat memperhatikan para peserta Pesparani terutama dalam menjaga kesehatan sehingga dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan panitia dan ikutilah kegiatan dengan sungguh-sungguh hingga selesai. Mari kita berdoa agar keberangkatan nanti sampai tujuan dan kembalinya nanti dalam keadaan sehat wal afiat,” tuntas Bupati Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007