home news guestbook contact
Rabu, 15 Agustus 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, Kesbang Pol dan Linmas Gelar Festival Seni Budaya

Pengirim : Andy candra
Tanggal : 3 August 2018, 4:03 pm


Menghidupkan kembali seni dan budaya terutama lagu-lagu perjuangan dan daerah, Kantor Kesbang Pol dan Linmas Kabupaten Ketapang menggelar Festival Lomba Cipta dalam upaya peningkatan wawasan kebangsaan di Citimall Ketapang dari tanggal 2-3 Agustus 2018. Festival seni budaya yang diikuti pelajar SLTA se-Ketapang ini dibuka Bupati Ketapang diwakili PJ.Sekda Ketapang, Drs Heronimus Tanam ME.

Menurut Kepala Kantor Kesbang Pol dan Linmas Kabupaten Ketapang, Simon Petrus SH yang diwakili Syuriansyah, S.Ey,S.Sos,M.Si bahwa Pentas seni dan budaya daerah, festival, lomba cipta dalam upaya peningkatan wawasan kebangsaan tersebut dirangkai dengan bulan Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018. Dimana, maksud kegiatan adalah menghidupkan kembali seni dan budaya terutama lagu-lagu perjuangan dan lagu-lagu daerah yang semakin memudar khususnya bagi para pemuda, pelajar di Kabupaten Ketapang. “Tujuan dari kegiatana ini adalah untuk melestarikan seni budaya daerah terutama lagu-lagu perjuangan dan lagu-lagu daerah Kabupaten Ketapang sebagai upaya untuk ketahanan seni budaya daerah agar tidak hilang dan tergerus oleh budaya-budaya luar terutama seni budaya asing dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan,” kata Syuriansyah.
Selanjutnya, Bupati Ketapang yang diwakili Pj Sekda Ketapang Drs Heronimus Tanam ME menjelaskan bahwa Seni dan budaya yang hidup dan berkembang ditengah masyarakat adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan itu sendiri. Karena seni dan budaya adalah merupakan hasil dari cipta, rasa dan karya manusia untuk menjadikan hidup menjadi bermakna. Dengan seni hidup menjadikan hidup menjadi indah, dengan budaya hidup menjadi bermakna dan bermartabat.Oleh karena itu, seni budaya harus dilestarikan dipertahankan dan dibina terus menerus agar tidak musnah ditelan oleh zaman.
Diterangkan Drs Heronimus Tanam ME bahwa Pemerintah melalui Kementerian dalam negeri sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 11 tahun 2015, berkomitmen untuk tetap mempertahankan seni dan budaya nasional, termasuk seni dan budaya daerah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan. Hal ini tertuang dalam keputusan Presiden yaitu adanya Direktorat khusus yang menangani Ketahanan ekonomi social dan budaya. Sedangkan di daerah ditangani oleh Badan/Kantor yang menangani masalah wawasan kebangsaan.
“Pemerintah daerah Kabupaten Ketapang juga berkomitmen untuk memelihara, melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah, Sebagai wujud kepedulian Pemda Ketapang untuk ketahanan seni budaya daerah, Salah satu diantaranya adalah mengalokasikan dana melalui Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Ketapang untuk melaksanakan kegiatan ferstival Seni budaya daerah ini,”kata Drs Heronimus Tanam ME.
Selain menyambut baik kegiatan festival seni Budaya, maka Bupati Ketapang melalui PJj Sekda Ketapang juga berharap kegiatan festival ini dapat menghasilkan pemenang terbaik dan menjadi generasi muda yang peduli terhadap warisan seni dan buday. Sekaligus juga mempunyai wawasan kebangsaan yang luas. “Saya mengajak seluruh komponen masyarakat terutama para generasi muda, para pelajar dan mahasiswa, untuk bersama -sama tetap memelihara, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya daerah untuk pengembangan dan peningkatan wawasan kebangsaan kita tetap eksis dan menjadi kekayaan dan kebanggaan kita bersama,”tuntasnya.@



 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007