home news guestbook contact
Kamis, 13 Desember 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

HUT Pol PP, Satlinmas dan Sat Damkar,,Diperingati Serentak, Sederhana Tapi Tetap Bermakna

Pengirim : Andy candra
Tanggal : 26 July 2018, 3:47 pm


Apel siaga peringatan Hari Jadi Satpol PP ke 68, Satuan Perlindungan Masyarakat ke 56 dan Satuan pemadasm kebakaran ke 99 tahun 2018 diperiongati secara serentak dan sederhana. Walaupun sederhana, tapi tetap penuh dengan makna. Upacara yangd igelar di Halaman kantor Bupatio Ketapang ini, bertindak sebagai inspektr upacara adalah Martin Rantan ASH, M.Sos, Bupati ketapang.

sedangkan Kepala Satuan Pol PP Kabupaten Ketapang sebagai Komandan Upacara. Apel siaga ini diikuti PNS, Tni/Polri, Satpol PP, pelajar dan ormas. Selain itu hadir juga Satpol PP Kabupaten Kayong Utara. Sejarah panjang Satpol PP dipaparkan dalam pelaksanaan upacara, termasuk juga dibawakannya lambang kesatuan yang ada di organisasi Pol PP.

Dalam pelaksanaan apel siaga peringatan Hari Ulang tahun Satuan Polisi pamong Praja ke 68, Satuan Perlindungan Masyarakat ke 56 dan Satuan Pemadam Kebakaran ke 99 tahun 2018, beberapa penekanan dari Bupati Ketapang yang ditujukan kepada seluruh jajaran Satuan Pol PP. Diterangkan Bupati ketapang bahwa Satuan polisi Pamong praja merupakan aparatur sipil Negara yang dituntut untuk bertindak netral sebagaimana diperintahkan oleh Undang-Undang Aparatur Sipil Negara. ASN berperan sebagai perencana, pelaksana dan penyelenggara tugas umum pemerintahan dalam peran nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan public yang professional, bebas dari intervensi public serta bersih dari praktik KKN.

Selain itu, Satuan polisi Pamong Praja seabagai aparat yang menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan pada saat pesta demokrasi di daerah dan tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diamanatkan dalam panca wira stya polisi pamong praja. “Anggota satuan perlindungan masyarakat senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentyraman dan ketertiban umum,” tegas Bupati Ketapang, Martin Rantan SH.

Hal ini sangat penting mengingat anggota Satlinmas adalah juga masyarakat di tempat tinggal masing-masing yang memahami dan mengetahui setiap anggota masyarakat yang berada di lingkungannya. Selain itu, anggota satlinmas diharapkan dapat bertugas secara oftimal membantu petugas KPPS pada saat hari pemungutan suara dengan harapan agar dalam pemungutan suara dapat berlangsung dengan aman, tertuib dan tentram. Yang berkaitan dengan satuan pemadaman kebakaran melakukan kegiatan rutin dalam memberikan rasa aman keopada masyarakat dari bahaya kebakaran pemukiman, dan saat ini senantiasa mensiapkan petugas pemadam kebakaran selama 1 x 24 jam dalam kesiapsiagaan dan pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

““Jayalah satuan Polisi pamong praja, satuan Perlindungan masyarakat dan satuan pemadaman kebakaran”,” tegas Bupati Ketapang.

Selanjutnya usai, usai upacara, Bupati Ketapang menyerahkan bantuan social kepada organisasi social, yakni kepada pengurus Pesantren Al-Bayan, Kecamatan Muara Pawan, dan pengurus seminari gereja di Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan. Peringatan Hut Satpol PP, Satlinmas dan Sat Damkar ini semakin bertambah bermakna dengan ditampilkannya atraksi silat usai pelaksanaan apel siaga.Begitu juga dengan simulasi pemadaman api di pemukiman. Standar operasi memadamkan api ditampilkan petugas damkar. Usai simulasi memadamkan kobaran api, kebersamaan kian terasa dengan dihadirkan senam Maumere.

Tak hanya petugas satpol PP yang ikut senam. Tetapi peserta apel siaga, baik anggota satpol PP, pelajar, maupun TNI/Polri termasuk Forkopimda dan Bupati Ketapang ikut senam maumere di halaman kantor Bupati Ketapang. Usai senam Maumere, anggota satpol PP ketapang menyempatkan foto bersama dengan Bupati Ketapang dan Forkopimda. Setelah itu, Bupati Ketapang meninggalkan lokasi apel siaga menuju Aula Dinas Satpol PP Ketapang untuk ramah tamah dengan Forkompimda.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007