home news guestbook contact
Selasa, 25 September 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Lepas kafilah Ketapang Ikuti MTQ Tingkat Propinsi Kalbar

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 30 June 2018, 9:08 am


Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Propinsi Kalimantan Barat ke XXVII di Kabupaten Mempawah dimulai 1 Juli 2018. Kafilah Kabupaten Ketapang yang ambil bagian dalam MTQ di Mempawah tersebut, Jum’at (29/6) dilepas Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, Pelepasan kafilah tersebut dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ketapang.

Drs H.Jailani Abdullah dalam laporan panitia pada malam pelepasan Kafilah Ketapang yang mengikuti MTQ tingkat Propinsi Kalimantan Barat, bahwa peserta dari Kabupaten Ketapang yang akan diberangkatkan MTQ berjumlah 38 orang. Mereka akan mengikuti 5 cabang utama yang dilombakan. Selain peserta lomba ditambah lagi dengan peserta yang mengikuti stand pameran, pawai ta’ruf, mobil hias dan pendamping, jadi jumlah yang berangkat sekitar 65 orang. Tujuan mengikuti MTQ tingkat Propinsi Kalimantan Barat ke XXVII ini adalah untuk pembinaan qori dan qoriah serta mempersiapkan keiukutsertaan dalam MTQ tingkat nasional di Medan. Demikian juga meningkatkan minat baca terhadap Al-Quran sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Kami mohon doa supaya peserta dapat mengikuti semua lomba dalam keadaan sehat wal afiat,” ucapnya.
Selanjutnya, Ketua LPTQ Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si menjelasakan dalam mengikuti MTQ Tingkat Propinsi KalimantanBarat tahun 2018, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan diantaranya training center dan dilakukan Try out. Ketua LPTQ Kabupaten Ketapang mengingatkan peserta dan pendamping untuk menjaga nama baik kabupaten Ketapang. Selain itu, peserta dan pendamping diminta untuk menjaga kesehatan. Ia berharap keikutsertaan Kabupaten Ketapang dalam MTQ di Kabupaten Mempawah bisa meningkatkan prestasi, dan jika perlu meraih juara umum. “Jaga disiplin dan kekompakan,” kata H.Farhan SE, M.Si yang juga Asisten II Setda Ketapang.
PelepasanKafilah MTQ Kabupaten Ketapang, Jum’at (29/6) malam yang dihadiri kepala Organisasi Perangkat Daerah, Pengurus LPTQ, pemuka agama, tokoh masyarakat dan peserta MTQ Tingkat Propinsi Kalimantan Barat, dilepas langsung Bupati Ketapang. Ia menyebutkan pelaksanaan MTQ ke XXVII tingkat propinsi Kalimantan Barat sebagai momentum strategis untuk mempererat silaturahmi para kafilah MTQ Kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Karena itu diharapkan agar para peserta tetap menjaga nilai-nilai kebaikan dan tidak menodai penyelengggaraan MTQ dengan perbuatan yang tidak terpuji. “Jadikanlah MTQ XXVII Kalimantan Barat untuk mewujudkan masyarakat Kalimantan Barat yang lebih baik, bertakwa dan berakhlak mulia,” kata Martin Rantan SH, yang sudah menugaskan Wabup Ketapang hadir langsung dalam pembukaan MTQ di Mempawah.
Bupati Ketapang mengingatkan kepada seluruh kafilah, baik sebagai peserta maupun sebagai pendamping bahwa MTQ Tingkat Propinsi Kalimantan Barat di Mempawah, bahwa MTQ selain bertujuan sebagai Syi’ar, juga sebagai momen bergengsi, sejauh mana perkembangan tiap kabupaten dalam mempersiapkan putra-putri terbaiknya. Oleh karena itu, ia mengharapkan agar para peserta dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan menunjukkan kemampuannya semaksimal mungkin, sehingga prestasi kafilah kabupaten Ketapang dapat meraih yang terbaik.
“Paling tidak memperbaiki peringkat sebelumnya, pada MTQ XXVI tingkat Propinsi di Kubu Raya,” ucap Bupati seraya menjanjikan bonus tambahan dari dana pribadinya bagi peserta yang meraih juara pertama.
Ia yakin prestasi tersebut dapat dicapai. Karena selama ini persiapan kafilah MTQ Kabupaten Ketapang sudah cukup baik. Mulai dari pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2017 di Masjid Agung Al-Ikhlas Kabupaten Ketapang, dan dilanjutkan dengan pemusatan pelatihan (TC).
Bupati Ketapang juga meminta pengurus LPTQ Kab.Ketapang, terutama yang bertugas sebagai pendamping untuk mempersiapkan peserta dengan baik. Tidak hanya dari segi kualitas penguasaaan keilmuan setiap cabang lomba, tetapi wawasan dan mental, dalam bertanding sangat diperlukan. Dan kepada yang bertugas mengisi stand pameran, tampilkanlah karya-karya terbaik yang ada di kabupaten Ketapang. Karena ajang pameran ini juga penting, selain bertujuan tukar menukar informasi, juga ajang promosi, untuk menarik hati wisatawan bisa berkunjung ke Kabupaten Ketapang.”Kepada petugas penjaga stand pameran, berikan pelayanan terbaik , tunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Ketapang ramah, sopan, santun, dan berbudaya,” ujar Bupati Ketapang.
Selanjutnya, Bupati Ketapang berharap para peserta menjadi pemenang pada MTQ XXVII tingkat Kalimantan Barat. Selain itu, peserta dari kabupaten Ketapang juga ada yang terpilih mewakili Kalimantan Barat pada musabaqah Tilwatil Qur’an tingkat nasional yang akan datang. Jika ada yang menjadi juara pertama dan terpilih ikut dalam MTQ tingkat Nasional, maka ia menjanjikan akan memberikan bonus tambahan. Selanjutnya, mantan anggota DPRD Kalbar ini berharap para official, pelatih dan para peserta MTQ asal Kabupaten Ketapang agar selalu tetap menajaga kesehatan. Karena dengan kesehatan yang baik, para peserta dapat mengikuti kegiatan MTQ sampai selesai.
Disamping itu jaga disiplin, kekompakan, dan ikutilah aturan yang telah ditetapkan panitia,. Tingkatkan juga rasa persatuan, dan kesatuan, serta kebersamaan. “Semoga yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita harapkan. Pulang dengan selamat dan banyak membawa oleh-oleh sebagai pemenang, semoga kita menjadi juara umum di MTQ Tingkat Propinsi Kalimantan Barat ke XXVII tahun 2018,” harapnya.@



 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007