home news guestbook contact
Senin, 18 Juni 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pemkab Safari Ramadhan di Masjid Al-Ikhlas Desa Sungai Putri

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 9 June 2018, 4:08 pm


Safari Ramadhan Pemkab Ketapang di Masjid Al-Ikhlas Desa Sungai Putri, (Jum’at 08/06) antusias dihadiri masyarakat. Selain mengikat silaturahmi dengan masyarakat, dalam kesempatan safari Ramadhan ini juga Bupati Ketapang, melalui Edi Junaidi S.Sos, staf ahli Bupati Ketapang menyerahkan bantuan ke pengurus masjid, yang didampingi Camat Matan Hilir Utara, Sartono dan Kepala OPD Ketapang.

Camat Matan Hilir Utara mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Sungai Putri yang memberikan kesempatan kepada Pemkab Ketapang untuk melaksanakan safari Ramadhan di wilayah Kecamatan Matan Hilir Utara. Ia memperkenalkan staf ahli Bupati Ketapang yang bersedia hadir di Masjid Al-Ikhlas. Staf ahli Bupati Ketapang yang satu ini, disebutkan camat bukanlah sosok yang asing lagi. Selain sebagai PNS, sosok ini juga giat berwirausaha. “Beliau ini akan membuka Alfamart di Matan Hilir Utara, selain sebagai Pegawai negeri, maka kemandiri beliau ini berusaha perlu kita contoh,” kata Sartono, Camat Matan Hilir Utara, ketika Safari Ramadhan di Masjid Al-Ikhlas Matan Hilir Utara.
Selanjutnya, Camat MHU berharap melalui Safari Ramadhan ini, dapat meningkatkan silaturahmi antara masyarakat dan Pemerintah. Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan pintu pengampunan tidak lama lagi akan segera berlalu. Karena itu, manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk kita meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Baik dengan menjalankan puasa, membaca Al-quraan dan ibadah lainnya. Momentum Ramadhan ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin untuk kita melakukan instropeksi terhadap ibadah-ibadah kita. Panjang lebar pemaparan yang disampaikan Camat Matan Hilir Utara dalam momentum Ramadhan ini, termasuk arahan mensukseskan Pilgub Kalbar dan mewaspadai bahaya kebakaran hutan dan lahan memasuki musim kemarau.
Selanjutnya Staf Ahli Bupati Ketapang, menyampaikan sambutan tertulis Bupati Ketapang. Bulan Ramadhan sebagai bulan penuh pengampunan diingatkan jangan
disia-siakan. Selain memperbanyak amal ibadah, Jemaah dingatkan juga untuk memakmurkan masjid. Jangan sampai masjid yang dibangun dengan penuh pengorbanan dibiarkan kosong, sehingga diibaratkan bagaikan jasad yang tidak memiliki roh,. Ramaikan masjid dengan terawih dan membaca Al-Qur’an.
Edi Junaidi, S.Sos mengimbau agar bersama-sama menjaga dan memelihara lingkungan dari segala kemaksiatan, seperti perjudian, prostitusi, peredaran narkoba dan tindakan kriminal dan hal-hal yang dilarang agama. Diharapkan juga para tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat. Dimana, Ketapang merupakan salah satu wilayah yang cukup luas berbagai suku, ras, agama dan segala macam budaya. Perbedaan dan keberagaman ini merupakan sebuah keniscayaan dan kehendak Allah SWT. Hal ini merupakan sebuah keunikan yang mempererat tali silaturahmi kekeluargaan. Kondisi ini menjadi bagian dalam memperkokoh kesatuan bangsa, dan membangun Kabupaten Ketapang.
Selanjutnya, Staf Ahli Bupati Ketapang menyerahkan bantuan Pemkab Ketapang kepada pengurus Masjid Al-Ikhlas Desa Sungai Putri. Penyerahan bantuan tersebut didampingi juga Kepala OPD di lingkungan Pemkab Ketapang, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan MHU. Sebelum buka puasa bersama, dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan Ust. Dudung. Isi tausiah tersebut diantaranya terkait dengan ingin hidup di dunia ini untuk bahagia. Ia mencontoh belum punya rumah pengen punya rumah. Tapi apakah kita sudah bahagia, ternyata jawabannya masih juga belum. Demikian juga sudah punya mobil avanza, ternyata masih mau mobil Fortuner. Begitu juga belum punya jabatan, maunya punya jabatan. Tetapi begitu menjadi kepala dinas, ternyata dihati kita merasa susah bergerak sesuai kehendak kita. Hal-hal seperti, disebutkan Ust.Dudung sering kali terjadi. Karena itu, Ust.Dudung memaparkan sesungguhnya nikmat harta, jabatan dan lain sebagaibnya itu adalah nikmat yang terendah sesuai tingkatannya. Nikmat disebutkannya dibagi dalam beberapa tingkatan diantaranya: tingkat nikmat terendah adalah harta jabatan dan lains ebagainya. Sdelain itu nikmat menengah, dicontohnya dengan rasa mensyukuri. Dan lains ebagainya. Sementara nikmat yang tertinggi adalah hidayah. Hidayah inilah yang menuntun kita untuk masuk ke surga Allah. Untuk masuk surga Allah, tentu ada panduan yang harus kita laksanakan. Panduan tersebut adalah Al-Qur’an yang diturunkan Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW. Al-Qur’an ini diturunkan secara sekaligus, tetapi secara bertahaf, satu ayat, dua ayat dan seterusnya. Makna yang terkandung dalam Al-Qur’an dicontohkan dalam perilaku asulullah SAW, baik dalam beribadah, memimpin, kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya. Karena itu, dalam momentum Ramadhan ini,hendaknya menjadikan kita selalu intropeksi diri apakah ibadah yang kita lakukan sudah sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW. Tuntuntan yang dimansud, tentunya mencontoh langsung apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dimana, ibadah kita saat ini sesuai dengan itu mengacu kepada tuntunan Rasulullah SAW diantaranya Mazhab Imam Syafi, Imam Hanafi, Imam Hambali dan dan Imam Maliki.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007