home news guestbook contact
Sabtu, 18 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

40 Petugas Ikuti Pelatihan Fardhu Kifayah

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 22 April 2018, 11:43 am


Sandai, Sedikitnya 40 orang peserta yang berasal dari utusan desa diKecamatan Sandai mengikuti pelatihan penyelenggaraan jenazah atau pelatihan petugas fardhu kifayah, yang digelar setiap tahunnya oleh Bagian Kesra Setda Ketapang.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada para peserta pelatihan terutama pemula tetang penyelenggaraan jenazah, diikuti Peserta pelatihan berjumlah 40 orang terdiri dari laki laki dan perempun berasal dari seluruh Kecamatan Sandai berlangsung selama 2 hari di aula Kantor Camat Sandai. Sabtu (21/4).
Ketua Panitia penyelenggara Munijar S Pdi mengungkapkan maksud dan tujuan pelatihan fardhu kifayah untuk menambah atau memberikan ilmu pengetahuan kepada para peserta pelatihan terutama bagi peserta pemula, tentang tata cara memandikan mengafankan menshalatkan dan menguburkan jenazah sesuai dengan tuntutanan Al Quran dan Al Hadist
Dia menyebutkan para peserta diberikan pelatihan penyelenggaraan jenazah, berupa teori oleh nara sumber Ustazd Toriq S.Pdi, untuk praktek fardhu kifayah, oleh Bapak Sartono.S.Sos.M.Si, dan Ibu hj Suaidah untuk praktek fardhu kifayah perempuan.
Dikatakan Munijar kegiatan dapat memberikan pemahaman kepada para peserta tentang persiapan sebelum melaksanakan fardhu kifayah.
“Selain itu meningkatkat silaturahmi antara PemerintahKabupaten dengan peserta pelatihan “ ungkap Pria berkumis tipis ini.
Sementara itu kegiatan tersebut dinilai Camat Sandai F Masdi sangat positif manfaatnya bagi pengetahuan petugas pardhu kifayah di Kecamatan Sandai
“ Selama ini banyak warga yang enggan untuk menjadi petugas pengurus jenazah karena takut salah dengan ada pelatihan ini yang diikuti 40 orang peserta dari desa yang ada di kecamatan Sandai “ kata Masdi.
Masdi memaparkan di kecamatan Sandai itu sendiri terdiri dari 13 desa diantara penduduknya yang mayoritas beragama islam ada 9 desa dan mereka petugas penyelenggara jenazah yang sedang mengikuti pelatihan pardhu kifayah ini.
Bupati Martin Rantan SH dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Kesra Amrullah.S.Sos. mengatakan pelaksanaan pelatihan fardhu kifayah ini sebagai wahana untuk meningkatkan ilmu pengetahuan manusia bagi penyelenggara jenazah.
Menurutya lagi dewasa ini sulitnya untuk mendapatkanpetugas atau orang yang bisa nenyelenggarakan jenazah ditengah-tengah masyarakat. terutama dikalangan generasi muda hanya beberapa kalangan generasi muda saja yang masih peduli,
“ Akibatnya penyelenggaraan jenazah didominasi oleh orang-orang tua, pada hal penyelenggaraan jenazah tidak akan pernah berhenti selama umat masih ada” kata Amrullah.
Menurutnya Pemerintah Kabupaten Ketapang tetap konsisten melaksanakan pelatihan penyelenggaraan jenazah pada setiap tahunnya degan tujuan menambah serta mengembangkan wawasan tentang penyelenggaraan jenazah yang menurutnya lagi harus kita munculkan ditengah tengah masyarakat secara berkesinambungan.
Mantan Camat Delta Pawan tersebut menyampaikan harapan Bupati kepada para peserta dapat mengaktulisasikan ilmu yang didapat dan mampu memberikan kosntribusi positif dalammenjalankan nilai nilai agama dengan tetap berpegang kepada adat istiadat dan budaya.
“ Semoga ilmu fardhu kifayah ini semakin banyak mengetahui dan memberikan manfaat untuk kemaslahatan umat “ ucapnya.
Dalam menerima bimbingan yang diberikan pemateri diingatkannya jangan dijadikan perdebatan apabila terdapat perbedaan merupakan suatu keniscayaan bisa diambil hikmahnya
“ Kami berharap melalui kegiatan ini dapat menciptakan generasi baru yang mampu melaksanakan penyelenggaraan jenazah sekaligus menyamakan persefsi tentang penanganan penyelenggaraan jenazah di tengah tengah masyarakat “ tutupnya.



 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007