home news guestbook contact
Jumat, 20 Juli 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

RAIH PRESTASI EMAS, BUNDA PAUD BUKA Olimpiade dan Seni PAUD

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 24 March 2018, 3:50 pm


Pembibitan atlet daerah di usia dini bukan hal yang mudah. Melalui Olimpiade Olaharga dan Seni (OOS), anak-anak usia dini dibina dan dipupuk, sehingga kedepan akan muncul atlet dan seniman yang berkualitas dan berprestasi tinggi.

Karena itu, Bunda PAUD Kabupaten Ketapang, Ny.Elisabeth Betty Martin Rantan memberikan apresiasi kepada penyelenggara Olimpiade Olahraga dan Seni PAUD”Marilah kita motivasi anak didik PAUD untuk melatih keberanian, memupuk rasa kebersamaan mengukir Prestasi dan mengembangkan bakatnya,” kata Bunda PAUD Kabupaten Ketapang, dalam Pembukaan Olimpiade Olahraga dan Seni Pendidikan Anak Usia Dini di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ketapang, Sabtu 24 Maret 2018, pagi.
Pembukaan Olimpiade Olahraga dan Seni PAUD yang mengusung tema “Meraih Prestasi Emas Dengan Membangun Generasi Berkarakter Melalui Olah Kompetensi jasmani”, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang, Kepala UPPK Kecamatan Delta Pawan, pengawas TK Bunda PAUD Kdelta Pawan, Bunda PAUD Se-Kecamatan Delta Pawan, Ketua PKG Kecubung, Ketyua K3P, Ketua IGTKI Kabupaten Ketapang, Ketua HIMPAUDI dan lain-lain. Dalam kesempatan itu, Bunda PAUD Kabupaten Ketapang mengajak para pendidik, dan seluruh komponen yang ada di untuk bangkit bersam. Ia mengajak menjunjung tinggi Sportifitas dengan baik dan angkat martabat bangsa dengan dididiknya anak usia dini agar memiliki “karakter”. Menurutnya, Anak Usia dini adalah generasi penerus pejuang estafet pemimpin bangsa ini.
Karena itu, melalui Olimpiade Olahraga dan Seni PAUD diharapkan pembentukan karakter dan moral anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu nya dengan membiasakan anak untuk mengikuti berbagai macam perlombaan seni dan olahraga. Seperti yang telah dilaksanakan panitia OOS PAUD saat ini. Lebih lanjut, Ny.Elisabet Betty Martin Rantan menjelaskan pendidikan usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini seperti : Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, Satuan Padu Sejenis maupun Taman Kanak-kanak sangat tergantung pada sistem dan proses pendidikan yang dijalankan.
Bunda PAUD Kabupaten Ketapang menerangkan bahwa pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka atau sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral.
Ia menuturkan, anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Ia memiliki karakteristik yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa serta akan berkembang menjadi manusia dewasa seutuhnya. Dalam hal ini anak merupakan seorang manusia atau individu yang memiliki pola perkembangan dan kebutuhan tertentu yang berbeda dengan orang dewasa. Anak memiliki berbagai macam potensi yang harus dikembangkan.
Istri Bupati Kabupaten Ketapang mengajak kita bangkitan kembali kreatifitas Anak Usia Dini dengan membangun generasi berkarakter melalui olah kompetensi jasmani. Kita juga harus ikut berkontribusi untuk membangun watak bangsa (character building). Karena dengan watak dan karakter yang baik, bangsa kita akan kuat, akan maju, dan akan sukses. Salah satunya melalui olah kompetensi jasmani dengan ditunjukkan semangat olahraga dan seni. “Kita bisa membangun karakter anak, manusia-manusia Indonesia menjadi ksatria, menjadi orang yang sportif, orang yang optimis, dan bangsa yang bersatu,” tuntasnya.@


LIPUTAN:
DARNAEN & DARUL HADI S.Pd

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007