home news guestbook contact
Kamis, 19 April 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Kunjungi SMKN Air Upas

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 22 March 2018, 5:27 pm


Kunjungan kerja Bupati Ketapang, Martin Rantan SH ke Kecamatan Air Upas, Rabu (21/3) salah satunya diagendakan meninjau SMKN Air Upas. Kunjungan Bupati Ketapang sekitar pukul 13.00 WIB tersebut disambut antusias Kepala Sekolah SMKN 01 Air Upas, Siti Imroati Muhajiroh, S.Pd, para guru, siswa dan orang tua siswa. Salah satunya, pihak sekolah menunjukkan kemampuan bermain drum band siswa kepada Bupati Ketapang, yang dalam kesempatan tersebut didampingi Camat Air Upas, H.Matjuni.

Usai menyaksikan kemampuan bermain drum band para siswa, Bupati Ketapang langsung melihat kebun siswa memanfaatkan lahan di sekitar sekolah. Setelah itu, dilanjutkan dengan dialog ruang pertemuan SMKN 01 Air Upas.
Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Air Upas, Siti Imroati Muhajiroh, S.Pd menyampaikan profil singkat sekolah. Mulai pendirian sekolah, jumlah siswa, guru, dan kejuruan yang ada di SMKN tersebut. Sampai saat ini, jumlah siswa sekitar 200 orang, dan guru yang ada di SMKN yang berstatus PNS baru satu orang yang merangkap kepala sekolah. Sedangkan guru kontrak berjumlah 4 orang. Terbatasnya guru yang ada, maka aktivitas pembelajaran dibantu juga oleh para guru baik yang ada di SD maupun SMP sekitar Air Upas. Kendala lain, misalnya juga dengan terbatasnya jaringan teknologi internet, maupun pembiayaan lainnya dipaparkan kepada Bupati Ketapang.
Menurut Kepala Sekolah, walaupun kondisi sekolah berada jauh dari pusat kabupaten, mereka bertekad untuk menghasilkan lulusan terbaik. Karena itu, untuk meningkatkan kemampuan lulusan siswa, saat ini juga sudah dijalin kerjasama dengan pihak perusahaan, khususnya dalam menerima siswa magang. Kepala SMKN 01 Air Upas juga berharap kepada Bupati agar secepatnya sekolahd iresmikan, termasuk juga menambah keberadaan guru, dan kiranya dapat untuk meningkatkan status guru kontrak menjadi PNS.
Kondisi sekolah maupun kendala sebagaimana disampaikan pihak Kepala sekolah ditanggapi langsung Bupati Ketapang, Martin Rantan. Ia menyebutkan, walaupun kunjungan kerja ke Air Upas cukup pendek, ia menyempatkan hadir meninjau kondisi sekolah. Mengunjungi sekolah-sekolah menengah pertama dan atas di Kecamatan, sering dilakukan Bupati Ketapang dalam setiap kunjungan kerjanya. Kunjungannya ke sekolah, salah satunya tidak hanya melihat perkembangan pendidikan, tetapi yang sangat penting adalah menyampaikan pesan negara untuk mengingatkan kepada anak bangsa pentingnya bahaya narkoba.
Menurut Bupati Ketapang, narkoba saat ini menjadi ancaman yang mengerikan bagi anak bangsa, dan hal tersebut sudah merambah ke pedalaman. Ia berpesan supaya siswa-siswi yang masih sekolah, menjauhi narkoba dan sejenisnya. Memberantas narkoba tidak hanya menjadi tanggungjawab pihak pemerintah saja, tetapi menjadi tanggungjawab termasuk juga tanggungjawab siswa membentengi dirinya agar tidak terjebak pengaruh narkoba.
Terkait dengan harapan pihak sekolah agar keberadaan sekolah segera diresmikan, Bupati Ketapang menerangkan bahawa saat ini kewenangan pendidikan SMA sederajat sudah menjadi kewenangan pihak Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat. Ia menyarankan agar pihak sekolah supaya mengirim surat ke Pemprov Kalbar, sehingga Pemkab Ketapang bisa membantu peresmian, mungkin bisa sekaligus waktunya dengan peresmian pasar rakyat Air Upas. Terkait, dengan kondisi kekurangan tenaga guru, Pemkab Ketapang juga akan mengirim surat ke Pemprov kalbar untuk menyampaikan kondisi sekolah yang ada di Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang.
Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya meningkatkan daya saing lulusan SMK. Bupati ketapang menyarankan kepada pihak sekolah untuk melakukan kerjasama dengan pihak swasta yang ada. Ia mencontohkan seperti dilakukan SMKN 02 Ketapang melakukan kerjasama ke perusahaan sampai menerima lulusan terbaik SMK untuk masuk kerja maupun bea siswa. Hal tersebut juga bisa dilakukan di SMKN Air Upas. Baik kerjasama agar piohak perusahaan yang ada di Air Upas memberikan bea sisqwa melanjutkan ke Perguruan Tinggi atau memberikan peluang bagi siswa berprestasi bekerja di perusahaan.
“Saya informasikan juga kepada adik-adik siswa yang berprestasi jika berminat untuk melanjutkan pendidikan ke Negeri Cina, Pemerintah daerah juga sudah melakukan MoU dengan PT Ketapang Ekologi yang bergerak dibidang pangan di Kecamatan Muara Pawan untuk bea siswa sekolah ke Negeri Cina,” kata Bupati Ketapang.
Bagi siswa yang berprestasi,dan berminat untuk kuliah ke negeri Cina, maka dapat dapat dikoordinasikan dengan instansi terkait. Apakah nanti akan mengisi formulir tertentu, atau dilakukan test. Selain itu Bupati Ketapang, mengingatkan kepada para siswa agar terus belajar sehingga berinovasi, membekali diri memiliki Knowledge, Skill, dan Attitude (sikap dan perilaku) untuk bekal memasuki dunia kerja. Teruslah belajar dan melakukan perubahan sehingga dapat lebih profesional dengan bidang masing-masing. Pada akhirnya, semua komponen masyarakat bisa mewujudkan perubahan lebih baik sehingga Ketapang akan maju dan sejahtera.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007