home news guestbook contact
Selasa, 11 Desember 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

SAMBUTAN BUPATI KETAPAMNG PADA ACARA PELANTIKAN PENJABAT SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN KETAPANG

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 9 March 2018, 4:24 pm




Bupati Ketapang

Sambutan Bupati Ketapang
Pada Acara Pelantikan
Pejabat Sekretaris daerah
Kabupaten Ketapang

Hari / Tanggal : Jum’at, 09 Maret 2018
Pukul : 14.00 WIB – Selesai
Tempat : Pendopo Bupati Ketapang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Siang, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua
Adil Ka’talino Bacuramin Ka’saruga Basengat Ka’cubata

Yth. Wakil Bupati Ketapang
Yth. Pimpinan DPRD Kabupaten Ketapang
Yth. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah
Yth. Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Ketapang
Yth. Ketuqa Penggerak PKK Kabupaten Ketapang
Yth. Penjabat Sekretaris Daerah Serta Seluruh Undangan Yang Berbahagia

Puji dan Syukur Kita Panjatkan Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Karena atas Limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, pada hari ini kita masih diberi kesehatan, kesempatan untuk dapat hadir dalam rangka pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang.

Kita ketahui bersama, bahwa pengembangan karier PNS khususnya dalam pengangkatan jabatan struktural bukanlah sebuah proses yang mudah dan sederhana bagi pejabat pembina kepegawaian, diperlukan banyak pertimbangan agar dapat memperoleh pejabat yang tepat untuk menduduki sebuah jabatan struktural (Right Man On The Right Position). Hal ini penting dan perlu dilakukan, karena menyangkut proses pengambilan keputusan yang tepat dapat meningkatkan motivasi dan kinerja aparatur PNS. Begitu juga dengan penunjukan atau pengangkatan sekretaris daerah.

Atas nama pribadi beserta jajaran pemerintah Kabupaten Ketapang saya mengucapkan selamat kepada saudara Drs Heronimus Tanam, ME yang baru saja dilantik sebagai penjabat sekretaris daerah Kabupaten Ketapang.

Adapun yang menjadi dasar pelantikan saudara adalah peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris daerah, dan Surat Persetujuan Gubernur Kalimantan Barat Nomkor 820/380/BKD-B tanggal 6 Maret 2018 hal persetujuan Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang. Dengan demikian saudara memiliki kewenangan yang sama seperti Pejabat Definitif.
Penetapan seseorang pada suatu jabatan pada hakekatnya merupakan wujud kepercayaan dan pengakuan terhadap kredibilitas seseorang untuk menduduki jabatan tersebut. Kepercayaan dan pengakuan itu adalah merupakan suatu kehormatan yang mengandung kewajiban, tugas dan tanggungjawab. Oleh karennya kewajiban harus ditunaikan, tanggungjawab harus dipikul dan tugas harus dilaksanakan. Atas dasar itu, saudara Drs Heronimus Tanam ME, harus menyadari dalam situasi dan kondisi kehidupan kemasyarakatan saat ini, kewajiban, tugas dan tanggungjawab itu bukan semata melaksanakan tugas-tugas rutin, tetapi juga hendaknya dapat membaca situasi, menentukan langkah-langkah taktis dan strategis dalam rangka menata, membina dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Posisi sekretaris daerah adalah posisi yang strategis, karena sekretaris daerah juga bisa disebut tangan kanan Bupati dan Wakil Bupati terutama untuk menggerakkan mesin birokrasi dan menjalankan visi dan misi kepala daerah. Meski secara fungsional bertanggungjawab langsung pada Bupati dan Wakilnya, di lain pihak Sekretaris Daerah juga harus membaca dinamika yang sedang berkembang dalam masyarakat. Terutama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan oleh kepala daerah. Konsekwensinya Penjabat Sekretaruis Daerah harus melakukan Konsolidasi internal baik terhadap tugas-tugas staf atau pembantuan, maupun tugas-tugas lini atau teknis operasional yang esensinya adalah menjamin efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas pemerintahan.
Untuk itu saya minta pada penjabat sekretaris Daerah yang baru dilantik agar memelihara dan meningkatkan kualitas hasil-hasil pembangunan, menuntaskan sisa-sisa pekerjaan yang belum terselesaikan serta menjadi pejabat yang pro aktif dalam melayani kepala daerah, mengkoordinasikan perangkat daerah dan mengabdi kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang bahagia ini, saya perlu menyampaikan kepada kita sekalian berkenan dengan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang akan kita gelar pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, saya mengharapkan peran kita semua untuk senantiasa menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban, minimal di lingkungan kita masing-masing serta selalu menjalin komunikasi, kebersamaan, kekompakan persatuan dan kesatuan diantara kita agar selalu tercipta suasana persaudaraan yang utuh dan kuat dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan, sebagai seorang aparatur pemerintah, kembali saya mengingatkan agar tetap menjaga netralitas jangan sampai terlibat dalam politik praktis. Sebab Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, PNS dilarang keras terlibat dalam aktivitas politik praktis apapun bentuknya. Karenanya mari kita jaga independensi PNS untuk bersikap netral dalam politik dan profesional dalam tugas.
Demikian pula untuk kesimbaungan, mari kita ciptakan suasana kerja yang kondusif, efektif, efesien dan produktif agar berbagai permasalahan yang dihadapi saat ini mendapatkan jalan keluar, yang pada gilirannya mampu meningkatkan citra pemerintah daerah di mata publik semakin baik. Disamping itu, sebagai pejabat kita terus bersikap dan bertindak sebagai panutan, sebagai motivator dan sebagai rekan kerja yang baik bagi bawahan. Juga harus mampu kita menempatkan diri dalam interaksi sosial kemasyarakatan sesuai keberadaan kita masing-masing, sehingga kita tampil menjadi teladan, baik ditempat kerja maupun ditengah masyarakat.
Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, kepada penjabat sekretais daerah yang dilantik hari ini, saya ucapkan “Selamat Bekerja” dan hendaknya dapat memfokuskan tenaga, perhatian dan pikiran pada proses penataan, perbaikan dan produktivitas kinerja sesuai dengan tuntutan tugas poko dan fungsi. Dengan harapan agar akuntabilitas pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan benar-benar dapat berjalan secara oftimal dan konsisten. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan lahir dan bathin kepada kita semua dalam mengemban tugas yang mulia ini.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Siang, Salam Sejahtera, Bagi Kita Semua
Adil Katalimo Bacuramin Ka’saruga Basengat Ka’cubata


Bupati Ketapang,
Ttd

Martin Rantan, SH

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007