home news guestbook contact
Kamis, 18 Oktober 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

TP PKK Kabupaten Ketapang Sosialisasikan 10 Program PKK

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 4 February 2018, 5:58 pm


Tim Pengerak PKK Kabupaten Ketapang yang diketuai Ny.Elisabet Betty Martin Rantan menggelar sosialisasi 10 program pokok PKK bagi kader Desa di Desa Suka Karya Kecamatan Marau, Sabtu (3 Februari 2018). Sepuluh program PKK diantaranya Administrasi dan Dasa Wisma, sosialisasi UP2K PKK dan Pembinaan PAUD, sosialisasi pemanfaatan hasil toga dan peningkatan kreatifitas posyandu, pemanfaatan lahan perkarangan dan lomba cipta menu B2SA, penyuluhan narkoba dan KDRT bagi anggota PKK, penyuluhan penurunan AKB dan AKI serta Penangulangan gizi buruk.

Sosialisasi program tersebut dihadiri langsung Ketua TP PKK Ketapang, Ny.Elisabeth Betty Martin Rantan dan Wakil Ketua TP PKK Ketapang, Hj.Suharni Suprapto. Dalam arahannya Ketua TP PKK Ketapang menjelaskan Gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga merupakan gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggeraknya menuju terwujudnya keluarga bahagia, sejahtera, maju dan mandiri. Gerakan PKK adalah suatu gerakan pembangunan masyarakat yang lahir karena kebutuhan masyarakat itu sendiri untuk mengajak keluarga-keluarga agar dapat menolong diri sendiri untuk menjadi lebih sejahtera.
Setelah sosialisasi TP PKK Kabupaten Ketapang melakukan pertemuan di Kantor Desa, selanjutnya Ketua TP PKK Ketapang mendampingi Bupati Ketapang dalam sosialisasi APBD 2018 dan arahan Pra Musrenbang 2019 di Gedung Pertemuan Kecamatan Marau. Di tempat ini, selanjutnya dilakukan penyerahanBibit dari Ir.L.Sikat Gudag M.Si, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Ketapang kepada Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang, Ny.Elisabeth Betty Martin Rantan. Kemudian, dari Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang diserahkan kepada Ketua TP PKK Kecamatan Marau. Dimana, bibit jengkol, matoa dan lengkeng tersebut nantinya dibagikan ke kader PKK di Marau sehingga bisa dikembangkan dalam upaya pembinaan kesejahteraan masyarakat.
Pentingnya peranan TP PKK dalam mensejahterakan masyarakat juga ditegaskan Bupati Ketapang Martin Rantan SH dalam sosialisasi APBD 2018 dan Arahan Pramusrenbang 2019 di Gedung Pertemuan Kecamatan Marau. Peranan TP PKK besar manfaatnya dalam mendorong perekonomian masyarakat. Karena itulah, dalam Musrenbang yang nantinya dilaksanakan, pihak kecamatan maupun pihak desa, dimana pihak desa sudah dialokasikan Dana Bantuan Desa maupun ADD hendaknya secara aktif memberdayakan TP PKK. Jangan sampai terlupa, dalam menyusun APBdesa, bidang TP PKK juga diperhatikan.
Dalam menyusun APBdesa, pihak desa diingatkan Bupati Ketapang mesti memperhatikan tertib administrasi. Jangan sampai pengelolaan dana desa menyalahi aturan sehingga menjadi temuan dan berakhir di ranah hukum. “Pengalokasian dana untuk TP PKK hendaknya benar-benar sesuyai peruntukannya, dana TP PKK harus dibelanjakan oleh organisasi PKK, jangan sampai “Bapak PKK” yang belanjakan dana PKK,”tegas Bupati Ketapang, Martin Rantan.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007