home news guestbook contact
Minggu, 16 Desember 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bekal Masuki Dunia Kerja, Bupati Ajak Siswa Perhatikan Knowledge, Skill dan Attitude

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 12 January 2018, 7:25 pm


KETAPANG -- Para siswa diminta Bupati Ketapang untuk meningkatkan prestasi belajar sehingga nanti bisa diterima di dunia kerja. Tiga kompetensi yang harus dimiliki setiap siswa sebelum dan saat memasuki dunia kerja adalah Knowledge (ilmu pengetahuan), Skill (ketrampilan), dan Attitude (sikap dan perilaku). Tiga kompetensi yang harus dimiliki individu ini disampaikannya saat memberi pengarahan kepada siswa SMKN 02 Ketapang, Jum’at (12 Januari 2018).

Disebutkannya, ilmu pengetahuan ini sangat penting, dan dapat diperoleh di bangku sekolah maupun pendidikan non formal atau media lain. Kemampuan ilmu pengetahuan itu harus terus diasah menyesuaikan perkembangan jaman. Selain itu, untuk memasuki dunia kerja sangat penting adalah skill (ketrampilan). Jika ilmu pengetahuan sudah dimiliki ditambah ketrampilan yang diperlukan, tentu sangat diharapkan dunia kerja .Karena itu, diharapkan tidak hanya menguasai teori, tetapi juga harus punya ketrampilan. Salah satu ketrampilan yang dibutuhkan adalah kemampuan berbahasa asing. Apalagi saat ini Kabupaten Ketapang sudah ada beberapa investor dari luar negeri, termasuk investor dari Negeri Tirai Bambu.
“Jadi jangan hanya bisa berbahasa Indonesia, tetapi juga kuasai bahasa asing, seperti bahasa Mandarin,” tegas Bupati Ketapang.
Pentingnya menguasai bahasa asing ini, saat ini ada beberapa Investor dari China seperti PT WHW. Begitu juga PT Ketapang Ecology, walaupun belum operasional tapi tentu saja membutuhkan tenaga kerja dari Kabupaten Ketapang. Begitu juga dengan rencana investasi lainnya di kawasan sekitar 6.000 hektar di Kecamatan Martan Hilir Selatan. Agar para siswa dapat ditampung di dunia kerja, kemampuan bahasa asing harus dimiliki.
Selain ilmu pengetahuan dan ketrampilan, sangat penting adalah Attitude (sikap dan perilaku). Sikap dan perilaku ini menjadi faktor penting dimiliki seorang leadership (kepemimpinan). Ia mencontohkan bagaimana sikap menjadi sebuah penentu kedisiplinan. Ia mencontohlan bagaimana seorang yang sudah masuki dunia kerja satu hari masuk, tetapi satu hari tidak masuk. Begitu juga jika masuk pukul 7 pagi, ternyata masuknya pukul 09.00 WIB. Atau juga, karena sikap dan perilaku seorang staf misalnya lulusan S2, tetapi pimpinan hanya S-1 merasa lebih pintar sehingga susah untuk diperintah. Ilmu pengetahuan, ketrampilan dan sikap ini merupakan satu kesatuan yang menjadi perhatian bersama untuk meningkatkan kinerja dalam suatu organisasi, terlebih lagi dalam bidang pelayanan publik.
Dalam dunia kerja, tegas Bupati Ketapang tentu saja, sangat tidak efektif baru jika seorang pekerja baru mencakul satu dua cangkulan sudah ngopi. Apalagi, jika sikap tersebut dimiliki seorang pemimpin atau leadership. Jangan sampai, seorang pemimpin hanya menguasai teori, tetapi kemampuan untuk mengelola sumber daya yang ada tidak didukung dengan kemampuan. “Jangan hanya faham teori, tetapi begitu diberikan sebuah laptop tidak bisa mengoperasikannya, atau dipercaya mengelola keuangan tetapi dalam pelaksanaannya justru melakukan pemotongan sehingga tidak diterima secara utuh oleh pihak yang seharusnya menerima, seperti ini tidak bisa menjadi seorang leadership,” ucap Bupati Ketapang.
Penegasan serupa juga disampaikan Bupati Ketapang pada hari yang sama ketika membuka expo pendidikan di SMA PL ST Yohanes Ketapang yang diikuti 35 perguruan tinggi. Pentingnya Ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku menjadi perhatian para siswa ini, agar kedepan para siswa siap memasuki dunia kerja. Selain itu, Bupati Ketapang juga meminta agar seluruh siswa jangan bercita-cita menjadi PNS, TNI/Polri. Tetapi belajar bersungguh-sungguh agar dibekali ilmu dan ketrampilan. Dalam membangun Ketapang yang lebih maju menuju masyarakat yang sejahtera, Bupati Ketapang menyebutkan asah terus talenta yang dimiliki. Jika sudah memiliki ilmu pengathuan dan ketrampilan serta dibekali dengan sikap dan perilaku, silakan masuk ke PNS, TNI/Polri maupun lapangan kerja yang difasilitasi pemerintah seperti perusahaan yang ada di Kabupaten Ketapang. Sebab, selain sektor industri seperti smelter, ada beberapa perusahaan lainnya juga sedang giat membuka lapangan kerja di Kabupaten Ketapang. Termasuk ada sebanyak 25 pabrik kelapa sawit sebagai industri hulu, diharapkan kedepan di Ketapang akan ada sebuah industri hilir dibidang perkebunan sawit . Sehingga dengan begitu semua bidang yang ada di Kabupaten Ketapang bisa dikelola dengan baik sehingga bisa mewujudkan Ketapang yang maju dan sejahtera.@


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007