home news guestbook contact
Rabu, 26 September 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Ketapang Hadiri Launching Revitalisasi SMK

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 12 January 2018, 2:34 pm


KETAPANG -- Pameran, Launching Revitalisasi SMK dan Launching Produk Unggulan Local APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) di SMKN 02 Ketapang dibuka oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, Jum'at (12 Januari 2018). Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Barat, Drs Aloysius Akim MM, dilakukan juga penyerahan secara simbolis sertifikat Basic Safety Training kepada taruna yang lulus dalam pelatihan di Pontianak.

Selain itu, Bupati Ketapang juga menyaksikan penandatanganan kerjasama antara SMKN 02 dengan pihak industri, yakni PT. Gemilang Berlian Indomobil.
Menurut Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 02 Ketapang, Erini MM.Pd bahwa Lauching Revitalisasi SMK sekaligus pembagian raport, penyerahan sertifikat BST. Sertifikat BST diberikan kepada 27 taruna yang dikirim ke Pontianak. Dari 27 taruna yang dikirim seluruhnya dinyatakan lulus.
Sesuai dengan aturan yang ada, disebutkan bahwa semua SMK diharuskan kerjasama dengan industri. Selama ini mereka sudah menjalin kerjasama dengan pihak industri termasuk diantaranya PT Gemilang Berlian Indo Mobil, PT WHW, PT Aneka Motor Sejahtera, DKP dan lain-lain. Selama ini tamatan SMK. sudah banyak yang kerja di PT WHW.
Ia juga menjelaskan kerjasama dengan PT Aneka Motor sejahtera, dimana mulai bulan februari SMKN 02 Ketapang akan membuka kelas Yamaha."Kita harap dalam lauching Kelas Yamaha nanti dapat dilakukan juga oleh Bupati Ketapang," tegas Erini, Kepala SMKN 02 Ketapang.
Usai Kepala SMKN 02 Ketapang melaporkan kondisi sekolah, seterusnya Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalbar menegaskan persoalan pendidikan cukup kompleks. Dalam mengembangkan kualitas pendidikan, ada beberapa hal yang menentukan diantaranya, akses, kualitas dan relevansinya, maupun tata kelola keuangan. Karena iru, dalam meningkatkan kualitas pendidikan perlu proses dan kerjasama dengan berbagai pihak. Panjang lebar ia menguraikan berbagai persoalan pendidikan termasuk minimnya sarana dan tenaga pendidik. Salah satunya terkait dengan keuangan. Karena itu, perlku selektif. Cukup kompleksnya persoalan pendidikan, maka meningkatkan kualitas pendidikan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi juga peran orang tua maupun pelaku usaha.
Setelah penjelasan panjanhg lebar dari Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalbar, Bupati Ketapang menyebutkan Instruksi Presiden Nomor 09 tahun 2016 tentang revitalisasi sekolah menengah kejuruan merupakan energy baru mendorong perkembangan pendidikan
vokasi di negeri ini. Pendidikan vokasi sangat penting karena di abad 21, khususnya di era global, digitalisasi, cyber dan era revolusi industry. Selain itu juga membiakkan teknologi destruptif yang luar dahsyat dan membuat tubelensi kehidupan baru serta persaingan global yang makin berat dan ketat. "Dengan revitalisasi SMK diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu bidang keahlian SMK," tegas Martin Rantan, Bupati Ketapang.
Selain itu melalui revitalisasi SMK diharapkan para kepala sekolah,guru-guru terus melakukan inovasi dan pengembangan pembelajaran guna
meningkatkan mutu SMK. Revitalisasi harus berorientasi dan mengantisipasi pada dua hal baru, yakni; mengantisipasi datangnya gelombang revolusi industry keempat dengan segala teknologi destruptif yang menyertainya. Dan, kedua, berorientasi pengembangan keunggulan potensi wilayah sebagai keunggulan nasional untuk menciptakan daya saing bangsa.
"Guna mempercepat revitalisasi SMK, kami mengharapkan SMK Negeri 2 Ketapang khususnya dan seluruh SMK yang ada di Kabupaten Ketapang agar berupaya dengan sunguh-sungguh dan teru menerus melakukan perbaikan terhadap isu strategis yang menjadi program revitalisasi SMK," ucapnya.
Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan, penyelarasan dan pemutahiran kurikulum,Inovasi Pembelajaran, pemenuhan dan Peningkatan Profesionalitas guru dan tenaga pendidikan,Membangun Kemitraan Sekolah dengan dunia usaha dan industry, Standarisasi Sarana dan Prasarana utama dan,Penataan/Pengelolaan Kelembagaan.
Lebih lanjut, Ia memaparkan keberadaan SMK di Kabupaten Ketapang sangatlah penting karena di SMK para siswa-siswi didik dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan agar menjadi tenaga-tenaga terampil dan mandiri yang siap untuk terjun ke dunia usaha dan dunia kerja. Menurut Bupati. Keberadaan SMK jelas mendorong percepatan pencapaian pada misi keempat yaitu meningkatkan kualitas sumber
daya manusia dan misi ketiga yakni meningkatkan perekonomian masyarakat. "Saya mendukung revitalisasi SMK di SMK Negeri 2 Ketapang dan seluruh SMK yang ada di Kabupaten Ketapang," ucap Bupati Ketapang.
Lebih lanjut Bupati Ketapang menyebutkan, lounching produk keunggulan local APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) dan pameran di SMK Negeri 2 Ketapang merupakan wujud pengembangan dan revitalisasi SMK. Kegiatan ini merupakan wujud karya nyata para guru, kepala sekolah dan siswa-siswi dalam menerapkan apa yang telah dipelajari disekolah untuk dipraktikkan dilapangan dengan melakukan pengolahan berbagai produk. Ia berharap SMK Negeri 2 Ketapang dan seluruh SMk yang ada di Kabupaten Ketapang terus melakukan inovasi dan pengembangan terhadap berbagai produk local yang menjadi keunggulan daerah dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah. Agar kedepan dapat menjadi produk andalan secara nasional.
"Saya bangga SMK Negeri 2 Ketapang menjadi salah satu SMK rujukan nasional dibidang kelautan dan perikanan, ini menjadi salah satu bukti bahwa kita bisa bersaing dan menjadi contoh ditingkat nasional," papar Bupati Ketapang.
Bupati Ketapang mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah,Bapak/Ibu guru yang selalu membimbing mendidik putra-putri terbaik
Kabupaten Ketapang sehingga mereka menjadi insan yang cerdas dan terampil.Meskipun sesuai undang-undang no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah kewenangan pembinaan sekolah menengah sudah berada ditangan
provinsi, akan tetapi kami akan selalu berupaya untuk tetap membantu sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Ketapang. "Salah satunya gaji tenaga honor SMK tahun ini masih dianggarkan d APBD Kabupaten Ketapang," kata Bupati Ketapang.
Selaku Bupati Ketapang, ia berpesan kepada kepala Sekolah SMK Negeri Ketapang terus melakukan inovasi dan pengembangan SMK ini. Lakukan berbagai kerjasama dengan berbagai dunia usaha dan dunia industry maupun instansi terkait untuk memberikan keunggulan yang lebih bagi anak-anak kita, dan terus berkontribusi dalam mencetak generasi emas Kabupaten Ketapang. Kepada dewan guru, Bupati Ketapang berharap terus melakukan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga dapat memunculkan kreatifitas dan inovasi peserta didik. "Kepada para siswa, saya berpesan, kalian adalah penentu sejarah masa
depan, kemajuan kabupaten dan bangsa ini ditentukan oleh kalian,sejalan dengan itu tantangan zaman semakin komplek dan kompetitifuntuk itu teruslah belajar dengan baik dan benar gali terus ilmu pengetahuan melaui guru kalian maupun melalui media lain agar kalian mampu menghasilkan karya-karya terbaik bagi daerah dan bangsa ini," tuntasnya.
Usai memberikan arahan kepada para siswa, selanjutnya Bupati Ketapang ikut menikmati inovasi makanan khas lokal. Setelah itu, kemudian melihat peragaan dari Siswa SMKN 02 dalam penyelamatan darurat di laut.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007