home news guestbook contact
Sabtu, 15 Desember 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Minta Pol PP Jadi Garda Terdepan Jaga Wibawa Pemda dan Tegakkan Perda

Pengirim : Andy candra
Tanggal : 10 January 2018, 4:50 pm


KETAPANG – Satuan Polisi Pamong Praja diharapkan Bupati Ketapang, Martin Rantan SH menjadi Praja Wibawa. Karena itu, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ketapang menjadi garda kedepan dalam rangka menjaga kewibawaan pemerintah daerah dan penegakan peraturan daerah. Penegasan tersebut disampaikannya ketika meninjau peralatan Pemadam kebakaran (Damkar) di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ketapang, Rabu (10/1) siang.

Bupati Ketapang yang berkunjung ke Kantor satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ketapang sekitar pukul 11.30 WIB langsung meninjau peralatan pemadam kebakaran. Peralatan yang ditinjau tersebut baik modbil pemadam kebakaran, mesin pemadam dan peralatan lainnya. Begitu juga dengan pos kesiagaan pemadam kebakaran. Peninjauan yang dilakukan Bupati ketapang tersebut langsung dididampingi Kepala Satuan Polisi pamomng Praja Kabupaten Ketapang, Muslimin S.Ip, bersama Kabag Humas dan Protokol Setda Ketapang, Drs Nugroho Widyo Sistanto, M.Si. Selain itu, tampak juga jajaran Kesatuan Polisi Pamong Praja seperti sekretaris satuan Polisi Pamong Praja, dan para kepala bidang yang ada di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Ketapang.
Kelengkapan peralatan pemadam kebakaran dalam mengantisipasi insiden, dinilai sangat penting oleh Bupati ketapang. Terlebih lagi, sebuah musibah sifatnya selalu mendadak dan memerlukan kesiagaan penuh selama 24 jam dari petugas. Tidak menutup kemungkinan, dengan adanya insiden, petugas yang piket terpaksa harus tetap bekerja diluar jam yang telah ditentukan. Selain melihat kondisi peralatan dan personil bidang pemadam kebakaran dan satuan polisi pamong praja, Bupati ketapang juga meninjau kondisi pos kesiagaan pemadam kebakaran. Setelah itu, Bupati kemudian memberikan pengarahan kepada seluruh anggota satuan polisi pamong praja, baik bidang pemadam kebakaran, maupun bidang ketertiban dan perlindungan masyarakat.
“setelah kita lakukan pengecekan tadi, ternyata semua siap, sewaktu kita cek mesin, ternyata mesin bisa menyala,” tegas Bupati Ketapang.
Semua peralatan yang ada, khususnya dalam mengatasi musibah kebakaran ditegaskan Bupati Ketapang harus dalam kondisi siap. Sehingga dengan peralatan yang siap, maka diharapkan tidak ada kendala pada saat insidentil. Mungkin kasat pol pp sudah bicara. Dalam meningkatkan kapasitas Pol PP sebagaimana Tugas Pokok dan fungsinya, Bupati Ketapang menyakini bahwa Kepala satuan Pol PP yang belum lama ini dilantik sudah memberikan pengarahan kepada jajarannya. Oleh karena itu, kedepan Bupati Ketapang meminta seluruh jajaran satpol PP ketapang manjadi Praja Wibawa. Maksudnya Pol PP harus menjadi garda terdepan dalam menjaga kewibawaan pemerintah daerah dan menegakkan peraturan daerah.
Pentingnya penegakan Perda dilakukan Pol PP sebagai Tugas Pokok dan Fungsinya karena akan berdampak pada peningkatan pendapatan Asli daerah. Karena itu, Bupati Ketapang meminta Satuan Pol PP tidak menjadi organisasi papan nama saja. Selain berada di Ibukota ketapang, ditegaskan Bupati bahwa anggota satpol PP menyebar di beberapa kecamatan dan pos pejagaan. Karena itu dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, diharapkan Satpol PP bisa mendapat apresiasi banyak pihak. Karena itu, secara perlahan-lahan anggota Pol PP akan diberikan pelatihan peningkatan kapasitas building. Dengan begitu, anggota satpol PP dalam bertindak memiliki standar operasional prosedur (SOP). “Sehingga Pol PP bertindak sesuai dengan prosedur,” ujar mantan anggota DPRD Provinsi Kalbar.
Lebih lanjut Martin Rantan SH menyebutkan bahwa Satpol PP adalah satu komando alias tidak ada matahari kembar. Dalam melaksaanakan tugas Pol PP harus satu komando yang terletap pada kepala satuan Polisi Pamong Praja.
Selanjutnya dalam menjalankan tugas dari kepala satuan polisi pamong praja didelegasikan kepada para sekretaris kemudian ke kepala bidang dan diteruskan ke kepala seksi dan anggota. Dalam melaksanakan tugas, satuan polisi pamongb praja, papar Bupati Ketapang menerapkan tindakan yang bersifat semi militer. Jadi dalam pelaksanaan tugas, tidak diperlukan yang sifanya banyak diskusi. Tetapi bekerja berdasarkan komado dari atasan. Atasan langsung yang dimaksud bisa penugasan dari Bupati Ketapang yang diteruskan ke Kasat Pol PP, atau juga hasil dari koordinasi Pemerintah Daerah bersama Forkopimda.
“Disini saya melihat uniform atau seragamnya ada yang masih bagus karena upah potong bayar sendiri, tapi ada juga yang sudah tidak layak pakai. Pelan-pelan akan kita fasilitas, i karena jujur, saudara-saudara ini bekerjasama dengan saya selama 24 jam,” tegas Bupati ketapang, Martin Rantan.
Bupati Ketapang menyebutkan ada yang piket tapi tidak pulang ke rumah. Karena itulah, melihat kondisi yang ada di lingkungan satpol PP Ketapang, Bupati Ketapang menyebutkan, ia mengarahkan apakah gedung di berdekatan Pol PP bisa dipindahkan atau tidak. Jika bangunan tersebut bisa dipindahkan berarti pos Damkar bisa ikut dialihkan, dan lokasi yang saat ini focus tempat latihan dan kesiagaan.
“Pelan-pelan lokasi Kantor Bupati Ketapang ini akan kita bangun, yang pertama adalah bangunan Kantor bupati, wakil bupati, sekretaris asisten dan para kabag , kemudian Kantor Badan Pengelola keuangan dan Asset Daerah, Badan Kepegawaian dan Pwengembangan SDM, serta dan Kantor Kesatuan Polisi Pamong Praja,” paparnya.
Ia mengharapkan sebelum mengakhiri masa jabatan, sudah tuntas dilakukan penataan kompleks Kantor Bupati Ketapang. Sehingga, suatu saat jika dirinya sudah tidak lagi menjabat Bupati Ketapang, ia sudah mengukir sejarah memberikan perhatian kepada Kompleks Kantor Bupati Ketapang maupun Kesatuan Polisi Pamong Praja, sehingga eksistensinya bisa menjadi harapan masyarakat Kabupaten Ketapang.@@@@


Foto : Darnain
Video: Darul Hadi, S.Pd

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007