home news guestbook contact
Selasa, 25 September 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Ketapang Tutup MTQ XXVII Tingkat Kabupaten Ketapang 2017

Pengirim : Andy candra
Tanggal : 22 December 2017, 3:04 pm


Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVII Tingkat Kabupaten Ketapang 2017 yang berlangsung dari tanggal 16-21 Desember 2017 berakhir. Pelaksanaan MTQ XXVII ditutup Bupati Ketapangn Martin Rantan SH. Kegiatan keagamaan yang dipersiapkan menjelang MTQ XXVII Tingkat Propinsi Kalimantan Barat di Mempawah akhirnya menempatkan Kecamatan Delta Pawan sebagai juara umum.

Sebelum Bupati Ketapang menutup MTQ XXVII Tingkat Kabupaten Ketapang, Panitia pelaksana melaporkan pelaksanaan kegiatan selama dari tanggal 16-21 Desember 2017 yang disampaikan Munizar S.Pdi Kasubbag Bina kehidupan Beragama Bagian Kesra Setda Ketapang. Panitia mohon maaf, dimana kegiatan tidak lepas dari berbagai kegiatan dan lain sebagainya. Terima kasih juga diucapkan kepada Bupati Ketapang, yang telah memberikan sunbangan yang cukup besar terhadap pelaksanaan MTQ. Tidak hanya memonitor langsung pelaksanaan MTQ, tetapi Bupati Ketapang juga mengimbau SKPD dan pelaku usaha untuk memberikan hadiah tambahan kepada peserta. Selain itu, Bupati Ketapang juga memberikan sumbangan pribadi untuk uang pembinaan sebesar Rp 20 juta, dibagikan kepada juara umum, peserta tertua dan peserta termuda.
Munizar menyebutkan perhatian yang besar dari Bupati Ketapang menunjukkan jiwa besar kepala daerah. Dan, membuktikan sosok Bupati Ketapang bukanlah Bupati untuk satu golongan, tetapi Bupati untuk semua golongan dan semua agama di Kabupaten Ketapang.
Setelah laporan panitia pelaksana, kemudian KH Ahmad Idlan Ketua Dewan hakim MTQ XXVII Tingkat Kab.Ketapang 2017, bersama Sekretaris dewan hakim Drs As'ad Afifi mengumumkan nama-nama pemenang lomba pada semua cabang yang dipertandingkan. Selain itu juga diumumkan, peringkat juara umum yang diraih Kecamatan Delta Pawan dengan jumlah nilai 47, diikuti Kecamatan MHU jumlah nilai 45, Kecamatan Benua Kayong jumlah nilai 37, Kendawangan dengan jumlah nilai 32, Manismata jumlah nilai 24. Kemudian kecamatan Muara Pawan dengan jumlah nilai 22, Sungai Laur Jumlah nilai 10, Kecamatan Matan Hilir Selatan dan Tumbang Titi jumlah nilai 9, Kecamatan SMR jumlah nilai 7, dan kecamatan. Air Upas jumlah nilai 4.
Selanjutnya Bupati Ketapang, Martin Rantan SH memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan MTQ. Ia mengharapkan Al-Qur'an akan berfungsi menjadi pedoman hidup bagi umat Islam di Kabupaten Ketapang. "Musabaqah Tilawatil Qur'an mempunyai makna yang penting, tidak hanya meningkatkan minat baca Al-Qur'an tetapi diharapkan makin meningkatkan upaya menghayati dan mengamalkan kandungan isi Al-Qur'an," tegas Martin Rantan, Bupati Ketapang.
Ia mengharapkan MTQ tidak hanya dijadikan acara seremonial. Tetapi menjadi tolak ukur dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Qur'an. Selain itu juga dijadikan media dakwah untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak lupa Bupati Ketapang mengucapkan selamat kepada pemenang, dan ia juga memotivasi pemenang untuk mempertahankan prestasi. Sedangkan bagi peserta yang belum berhasil, diharapkan terus meningkatkan prestasi di ajang yang akan datang.
Mantan anggota DPRD Ketapang dan DPRD Kalbar ini menuturkan dalam pengumuman pemenang sempat beberapa kali disebutkan Kecamatan Matan Hilir Utara juara dibeberapa cabang. Bupati Ketapang pun menoleh kepada Sartono Camat Matan Hilir Utara. Tetapi, ternyata yang menjadi juara umum adalah Kecamatan Delta Pawan.
"Selamat kepada juara umum, yang belum jadi juara umum kedepan mudah-mudahan bisa jadi juara juga," tuturnya.
Bupati Ketapang mengucapkan terima kasih kepada Dewan Hakim MTQ dan semua pihak yang mensukseskan pelaksanaan MTQ. Begitu juga peserta yang akan kembali ke kecamatan asal, maka Bupati menitipkan salam. Sekiranya, selama kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, pembangunan di Ketapang belum maksimal, maka ia mohon maaf, dan masyarakat dimohon bersabar. Sebab, membangun Kabupaten Ketapang yang terdiri dari 253 desa, 9 kelurahan di 20 kecamatan tidak mudah dengan anggaran yang terbatas. Luas wilayah Kabupaten Ketapang, 31.800 km persegi, dengan jalan Kabupaten Ketapang sepanjang 3.117 KM, dilain pihak APBD terbatas. Tetapi, mudah-mudahan sebelum masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang berakhir, persoalan jalan Kabupaten sudah bisa dituntaskan sehingga kedepan Ketapang bisa lebih maju dan sejahtera. Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati Ketapang sempat berpantun. Diantaranya," Alhamdulilah kami ucapkan, kepada hadirin dan handau taulan, MTQ ke 27 sudah dilaksanakan, semoga dapat diamalkan". "Jalan-jalan ke Manismata, Bawa uang satu juta, Buat Apa Jatuh Cinta, Kalau Ngaji Pun Tak Bisa".
Dilanjutkan Bupati Ketapang, bahwa pada malam final ia menyaksikan langsung bagaimana peserta dalam pertandingan. Bagaimana, peserta mampu mengutip ayat-ayat Al qur'an. Tentulah ia memiliki daya ingat yang cukup baik. Begitu juga bagiaman lapaz dengan tarikan napas yang cukup panjang. Tentunya peserta merupakan orang pilihan. Dengan begitu untuk menang dalam MTQ bukanlah hal yang mudah. Selain itu, dewan hakim juga cukup independen. Harapannya dalam MTQ tingkat propinsi Kalbar, peserta dari Ketapang bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi.
"Sungguh indah pintu dipahat, Burung puyuh diatas dahan, Kalau hidup mau selamat,Harus taat perintah Tuhan," demikian pantun penutup dari Bupati Ketapang.
Kemudian dilanjutkan penyerahan hadiah kepada pemenang. Dimana, hadiah yang diberikan dari donatur langsung diserahkan oleh donatur kepada pemenang. Kemudian, piala untuk juara umum diserahkan Wakil Bupati Ketapang, Drs Suprapto S. Sedangkan Wakil ketua DPRD Ketapang menyerahkan piala bergilir yang menjadi piala tetap karena tiga kali berturut-turut menpertahankan juara umum untuk Kecamatan Delta Pawan. Bupati Ketapang selanjutnya menyerahkan uang pembinaan untuk juara umum, peserta tertua dan termuda. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama kontingen juara umum.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007