home news guestbook contact
Senin, 20 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Lakukan Peletakan Batu Pertama Masjid Al- Annas Dusun Lembawang

Pengirim : andy candra
Tanggal : 15 October 2017, 5:43 pm


LEMBAWANG -- Adzan menggema di Dusun Lembawang, Desa Kampar Sebomban, Kecamatan Simpang Dua, sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu (14/10). Adzan dari sudirman menandakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Annas.

Peletakan batu pertama pembangunan kembali Masjid Al-Annas dilakukan Bupati Ketapang, Martin Rantan SH. Kemudian diikuti anggota DPRD Ketapang, dari daerah pemilihan Ketapang Dua seperti Mateus Yudi, SE, M.Si, Polonius Polo, SH, Heronimus, A.Md dan Tini, SE, Kepala Dinas Kominfor Ketapang Muslimin S.IP, Camat Simpang Dua, Kades Kampar Sebomban, KUA Depag Simpang Dua dan Sudirman Bagong, Ketua panitia pembangunan Masjid Al-Annas, yang kemudian ditutup dengan sholawat kepada Rasullullah SAW.
Pembangunan kembali Masjid Annas ini didukung oleh Bupati Ketapang. Karena masjid adalah sarana pembangunan umat. Dikatakan Bupati Ketapang, tugas pemerintah tidak hanya membangun infrastruktur. Tetapi juga pembangunan mental spiritual. Selanjutnya, dalam urusan keagamaan, pemerintah daerah tidak mengintervensi kepengurusan, tetapi pemerintah sebagai pembina."Dalam urusan keagamaan ini, seluruhnya kita serahkan kepada umat," kata Martin Rantan SH.
Ia berterima kasih kepada umat dan masyarakat Kampar Sebomban yang sudah kompak dan sepakat untuk membangun masjid ini lebih besar dan layak. Jika pembangunan sudah dilakukan, maka masjid tersebut sehingga bisa meningkatkan kerukunan Kampar Sebomban. Menyangkut kekurangan biaya sebagaimana disampaikan Ketua Panitia dan Kades Kampar Sebomban, ia maka Bupati Ketapang bersama anggota DPRD Ketapang kembali akan mengalokasikan bantuan sampai pembangunan bisa diselesaikan."Peletakan batu pertama oleh saya, Mudah-mudahan sebelum. Masa jabatan saya berakhir, masjid ini sudah bisa saya resmikan," ucap Mantan Anggota DPRD Kalbar ini.
Di bidang kerukunan umat beragama dan etnis, Bupati Ketapang mengaku salut dengan Masyarakat Kampar Sebomban. Masyarakat yang terdiri dari etnis dan suku yang berbeda kompak membangun sarana ibadah. Kerukunan beragama dan harmonis dalam etnis harus tetap dijaga."Kalau tidak rukun maka akan repot dalam membangun, . Oleh sebab itu, masyarakat berkewajiban menjaga stabilitas di daerah, rukun beragama, harmonis dalam etnis sehingga masyarakat bisa sejahtera," ujar Bupati Ketapang.
Selain itu, dalam menuntaskan pembangunan masjid Annas, Bupati mengajak peran masyarakat harus ditingkatkan. Termasuk juga peran dan bantuan perusahaan yang ada di Simpang Dua. Bukalah akses bantuan, kepada kerabat yang ada di luar Dusun lembawang. Bila diperlukan sampai ke Pontianak dan lain-lain. Menanggapi, masukan dari Kades Kampar Sebomban agar pembangunan jalan simpang Dua-Perawas yang sudah sampai di Desa Marangin untuk dilanjutkan. Maka, secara tegas Bupati Ketapang akan tetap lanjutkan. Ia berharap jika dilanjutkan, maka masyarakat harus tetap dukung. Jangan sampai gara-gara karet satu batang saja menuntut kontraktor. Sebab, pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, jangan menuntut ganti rugi yang berlebihan.
Sudirman Bagong, Ketua Panitia pembangunan Masjid Annas mengakui dalam pembangunan kembali masjid Annas masih sangat kekurangan pendanaan. Lokasi pembangunan Masjid juga dinilai sangat tepat di lokasi tersebut. Karena itu mereka mengharapkan bantuan dari pemkab Ketapang dan arahan kepala daerah dalam menuntaskan pembangunan masjid. Selain itu, ia juga mewakili masyarakat sangat berterima kasih dengan hadirnya kepala daerah di dusun yang cukup jauh dari ibukota Kabupaten ketapang ini. Suatu kebanggaan bagi mereka hadirnya Bupati dan kepala SKPD beserta rombongan di dusun mereka.
Begitu juga disampaikan Kepala Desa Kampar Sebomban, Kristianus Iskimo A,md pembangunan Masjid Annas merupakan wujud kebersamaan masyarakatnya. Kerukunan antar umat beragama, Kegiatan sosial membangun sarana ibadah ini didukung seluruh elemen masyarakat. Kepala desa juga menyampaikan harapan kepada Bupati agar ruas jalan simpang dua sampai ke perawas terus ditingkat dengan pengaspalan untuk mendorong meningkatnya perekonomian masyarakat Simpang Dua.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007